Iklan Responsif

Bahaya Kutu Rambut (Pediculus Humanus Capitis) Tidak Boleh Diremehkan!

Assalamu’alaikum sobat, apa kabar? Semoga baik-baik saja ya. Oh iya, saya di sini akan membahas tentang bahaya kutu rambut yang tidak boleh diremehkan lo. Sebelumnya saya mau tanya nih, siapa yang kutuan? Bagaimana rasanya? Sudah saya pastikan orang yang mempunyai kutu dirambutnya akan merasakan tidak nyaman dalam setiap aktivitasnya.

Bahaya Kutu Rambut (Pediculus Humanus Capitis) Tidak Boleh Diremehkan! Layyinatul Fadlilah

Apa itu Kutu Rambut?

Pediculus humanus capitis atau yang akrab disebut banyak orang dengan kutu rambut adalah species hewan kecil yang dibenci banyak orang. Sebab, hewan tersebut sering dianggap parasit yang akibatnya hanya menguntungkan dari satu belah pihak saja (simbiosis parasitisme). Pediculus humanus capitis ini meskipun sering dianggap sepele setiap orang tapi sebenarnya kita tidak boleh menyepelekannya lo teman-teman. Sebab apa, akibatnya bisa sangat fatal dan bisa menyebabkan kematian juga lo.  Nah, di sini saya akan menjelaskan  proses perkembangbiakan kutu rambut itu. Yuk simak berikut ini. 

Proses Perkembangbiakan Kutu Rambut?

Kutu rambut adalah hewan yang sangat kecil hidup dirambut manusia, setiap 8 sampai 12 harinya kutu rambut akan mengeluarkan hingga 10 butir telur yang berbentuk oval. Sang induk meletakkan telur tersebut di setiap helai rambut sehingga sangat sulit dibasmi kalau hanya dengan menyisir rambut dan membersihkan rambut dengan sampo saja.

Bahkan yang perlu kalian ketahui, kalau kutu rambut itu sangat amat cepat penyebarannya apalagi yang mengalami kutuan biasanya kebanyakan dari kaum hawa terkhusus yang berada di asrama atau pondok pesantren. Lantas, apa saja gejala yang dialami oleh orang yang mempunyai kutu rambut?

Apa Saja Gejala yang Dialami oleh Orang yang Mempunyai Kutu Rambut?

  1. Susah tidur (Insomnia)
    Memang sudah jelas bahwasannya orang yang mempunyai kutu rambut akan merasakan gejala insomnia atau susah tidur. Sebab orang tersebut akan merasakan gatal-gatal dan  otomatis dia akan menggaruk kepalanya dan orang yang kurang tidur akan berpengaruh pada kesehatannya serta mengalami gangguan depresi, darah tinggi, kekebalan tubuh berkurang, sering berhalusinasi, merusak kesuburan wanita, suka marah-marah, stroke, jantung, kanker, bahkan bisa menyebabkan mati secara mendadak.
  2. Infeksi Kulit (Impetigo)Infeksi pada kulit juga termasuk gejala orang kutuan. Orang yang merasa gatal kemudian akan menggaruk kepalanya dengan jari-jarinya apalagi kuku orang tersebut panjang, maka hal tersebut akan menyebabkan terjadinya kulit terinfeksi.
  3. Infeksi Kemaluan
    Hal tersebut bisa terjadi melalui media handuk atau baju. Ketika selesai melakukan keramas biasanya orang-orang cenderung mengeringkan rambutnya dengan  menggunakan handuk dan mengusap rambutnya. Tanpa kalian sadari salah satu dari kutu akan menempel di handuk, kemudian handuk tersebut dipakai untuk mengeringkan anggota badan lainnya termasuk kemaluan. Nah, dari situlah kutu akan menempel di daerah kemaluan dan dapat menyebabkan infeksi kemaluan bahkan bisa sampai menyebabkan kanker kemaluan.
  4. Iritasi (Pediculosis Capitis)Hal yang menyebabkan terjadinya kulit mengalami iritasi yaitu ketika kutu yang sedang menggigit kulit kepala kemudian tetesan dari air liur kutu tersebut akan jatuh dikulit rambut dan akhirnya terjadilah iritasi.
  5. Tidak Percaya DiriOrang yang mempunyai kutu rambut akan merasakan sikap tidak percaya diri atau minder. Karena dia akan merasa bahwa dirinya dijauhi oleh teman-temannya, merasa diasingkan dan merasa dilecehkan oleh teman-temannya. Lihat saja teman sekitar kalian yang hidup di pondok pesantren, pasti kalian akan merasa sedikit canggung untuk berdekatan kepala dengannya apalagi tidur bareng. Hal tersebut dapat menyebabkan orang yang kutuan menjadi tidak ada semangat untuk melakukan kontak sosial, berpengaruh pada prestasi belajar dan juga merasa malu untuk beraktivitas.
  6. Sakit Kepala (Cephalagia)
    Sakit kepala atau yang biasa disebut orang-orang dengan pusing termasuk gejala orang yang mempunyai kutu rambut. Hal tersebut terjadi akibat gigitan kutu akan menyebabkan setiap orang merasakan nyeri di kepala. Hari gini masih kutuan? Nggak lah yaaa. 

Bagaimana Cara Menghilangkan Kutu Rambut?

Kita harus rajin membersihkan rambut dengan sampo, kemudian kita menggosok-gosok rambut kita dengan kain putih agar kutu bisa terlihat di kain tersebut. Kita bisa juga menyisir rambut setelah keramas, karena hal tersebut bisa mengurangi kutu yang ada di rambut.

Menggunakan kapur ajaib. Kapur ajaib tersebut ditumbuk sampai halus, kemudian di oleskan di seluruh rambut agar kutu mati.

Pakailah obat pembasmi kutu. Misalnya peditok, digunakan saat malam hari sebelum tidur hingga pagi hari, kemudian keramas.

Mungkin artikel ini dapat membantu kalian semua yang masih mempunyai kutu rambut. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua ya teman teman.

Penulis: Layyinatul Fadlilah (S1 PGMI UIN Sunan Ampel Surabaya)
Editor: Binar Kurnia Prahani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel