Iklan Responsif

Mata Uang Energi: ATP (Adenosine Tripospat)

Assalamualaikum teman-teman ilmiahku, selamat datang di artikel saya. kali ini saya membahas tentang mata uang energi. Eh iya pasti pada bingung dan bertanya–tanya kan tentang judul nya, nah gak hanya negara aja loh yang mempunyai mata uang tetapi energi juga mempunyai mata uang yang fungsinya sangat berperan penting dalam tubuh kita. 
Mata Uang Energi: ATP (Adenosine Tripospat) Farda Zahroh Dinafil Ardilla
Oke sebelum kita membahasnya kalian tau gak apa energi itu? Lalu apa itu mata uang energi dan kenapa bisa disebut mata uang energi? Dan apa saja sih fungsi mata uang energi? Nah pada penasarankan tentang mata uang energi. Yuk mari kita simak pembahasan mata uang energi di sini! Mari kita budayakan literasi.

Apa itu Energi?

Energi adalah suatu kemampuan yang dibutuhkan pada suatu benda dan pada manusia, energi juga dapat digunakan untuk melakukan suatu usaha atau kerja. Energi sendiri bisa disebut dengan besaran yang kekal, yang berarti energi tidak dapat dimusnahkan, tetapi dapat diciptakan kembali atau diubah dari bentuk satu ke bentuk lainnya. Pada manusia, energi sangat dibutuhkan untuk melakukan aktivitas yang digunakannya setiap hari untuk kekuatan dan tenaga pada tubuh manusia.

Apa itu Mata Uang Energi?

Mata uang energi adalah ATP (Adenosine Tripospat). ATP sendiri sangat berperan dalam sumber utama dari energi dalam tubuh manusia. ATP adalah susunan yang sangat sederhana dari beberapa senyawa organik yang terdiri dari adenosine (susunan dari dua molekul yang terpisah, yaitu gula yang disebut ribosa dan basa yang disebut dengan adenin) dan tiga gugus fosfat yang berenergi tinggi.

ATP dapat dipecah atau mengeluarkan energi melalui reaksi hidrolisis menjadi ADP (Adenosine Difosfat). Energi tersebut paling banyak digunakan dalam proses di tubuh kita, jadi ATP dianggap sebagai “mata uang energi“ karena dapat menahan dengan baik dan melepaskan suatu energi ketika sel membutuhkannya. 

Fungsi Mata Uang Energi?

Fungsi mata uang energi atau yang disebut dengan ATP sebagi berikut.

Fungsi ATP Sebagai Metabolisme. Dalam sebuah proses metabolisme, ATP memiliki fungsi untuk transportasi energi intraseluler termasuk dalam reaksi motilitas, biosintesis, dan pembelahan sel. ATP digunakan juga sebagai substrat oleh kinase yang memfosforilasi protein, lipid, serta adenilat siklase untuk memproduksi AMP (Adenosina Monofosfat) siklik.

Fungsi ATP Sebagai Pendorong Kekuatan Tubuh. Triliunan molekul pada ATP diproduksi di dalam tubuh setiap hari, sehingga tubuh menghasilkan ATP lebih berat dalam waktu kurang lebih dari 24 jam. Namun, kondisi ini tidak menyebabkan kenaikan berat badan pada manusia dan ATP ini tidak membahayakan tubuh kita karena molekul ATP tersebut dibuat dan digunakan dalam sepersekian detik.

Fungsi ATP Sebagai Sumber Energi Untuk Gerakan Otot. ATP adalah aktivitas seluler yang digunakan sebagai pembawa energi utama untuk gerakan otot atau yang biasa disebut dengan kontraksi. ATP dihasilkan dari sebuah proses oksidasi atau proses pembakaran suatu lemak dan karbohidrat. Kontraksi otot terjadi akibat adanya aktin dan miosin. Dengan protein yang ada pada otot, otot membutuhkan bantuan suatu enzim untuk berkontraksi yang dikenal dengan sebutan enzim ATP-ase.

Fungsi ATP Sebagai Tranduksi Sinyal atau Pensinyalan Oleh ATP. Peran penting terakhir yang terdapat pada ATP di dalam tubuh kita adalah, ATP sebagai molekul suatu sinyal yang digunakan untuk komunikasi antara sel contohnya sel – sel pada tubuh kita dapat menyimpan nutrisi dan membakar nutrisi dengan baik. ATP digunakan pada sel–sel untuk membantu menentukan apa yang harus dilakukan oleh sel tersebut. Jika suatu sel tersebut memiliki banyak ATP, maka ATP itu akan memberikan sinyal sel tidak untuk membakarnya tetapi untuk menyimpan nutrisi. Namun saat sel memiliki sedikit ATP, maka ATP itu akan memberikan sinyal bahwa nutrisi harus dibakar oleh sel. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa mata uang energi bisa disebut dengan ATP. ATP sendiri tersusun dari adenosine (susunan dari dua molekul yang terpisah, yaitu gula yang disebut ribosa dan basa yang disebut dengan adenin) dan tiga gugus fosfat yang berenergi tinggi. Mata uang energi berfungsi sebagai metabolisme, pendorong kekuatan tubuh, sumber energi untuk gerakan otot, dan sebagai tranduksi sinyal atau pensinyalan oleh ATP.

Sekian dulu ya artikel dari saya kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat membantu tugas-tugas kalian. Terima kasih.

Penulis: Farda Zahroh Dinafil Ardilla (S1 Pendidikan IPA UIN Sunan Ampel Surabaya)
Editor: Binar Kurnia Prahani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel