Iklan Responsif

Bagaimana Cara Mengatasi Benalu?

Hallo sobat ilmiahku!  kembali lagi nih dengan pembahasan baru yang tentunya tidak kalah menarik dengan pembahasan sebelumnya, Kali ini saya akan membahas tentang penyebab tumbuhnya benalu. 
Apa itu Benalu?

Sobat ilmiah pasti pernah lihat tumbuhan benalu kan? Iya, tumbuhan yang biasanya tumbuh di batang pohon lain, nah apa sih penyebab tumbuhnya benalu? Yuk kita jelajahi bersama dengan melihat penjelasan dibawah ini.

Benalu adalah

Benalu (loranthus, suku loranthacee) adalah tumbuhan parasit yang menempel pada tumbuhan lain. Tumbuhan ini banyak ditemukan di pohon-pohon besar di daerah tropis seperti pohon mangga, pohon rambutan, pohon jambu, dll. Tumbuhnya benalu  dapat merugikan tumbuhan yang ditempelinya  karena benalu merampas makanan dari inangnya, sehingga unsur hara yang diperoleh akar dan akan dibawah keseluruh bagian tumbuhan dan dikirim melalui batang tidak bisa tersampaikan karena hanya berhenti pada batang lalu kemudian dihisap oleh benalu. Hal ini memnyebabkan tumbuhan yang ditumpanginya akan sulit berbuah bahkan lama kelamaan pohon tersebut akan mati. 

Apa penyebab tumbuhnya benalu?

Tumbuhnya benalu disebabkan oleh bantuan dari burung yang memakan buah dan membuang bijinya sehingga biji tersebut berekresi pada batang pohon lalu Biji peda buah yang dibuang oleh burung menghasilkan getah yang menyerupai lem dan berbentuk jeli yang lengket sehingga dapat menempel pada batang pohon tersebut dan akan membentuk kecambah, kemudian dari sinilah benalu muda akan tumbuh lalu berkembang jika kita tidak segera membasminya.

Selain dikarenakan pengaruh burung hal yang memicu tumbuhnya benalu adalah angin kenapa demikian? Angin akan menjatuhkan buah yang membusuk di atas pohon pada dahan pohon serta buah beserta biji didalamnya akan berekresi di dahan pohon dan kemudian tumbuhlah benalu muda.

Bagaimana cara mengatasi benalu?

Benalu tentunya berdampak negatif bagi tumbuhan yang ditumpanginya apalagi jika dibiarkan tumbuh lama kelamaaan benalu akan semakin banyak, sehingga dapat menutupi daun tumbuhan yang ditumpanginya dan mengakibatkan sulitnya berfotosintesis karena tidak terkena sinar matahari.  Selain itu, benalu mengambil makanan dari inangnya, sehingga mengakibatkan lambatnya pertumbuhan pada pohon dan pohon akan sulit berbuah. Benalu dapat dikatakan hama diperkebunan oleh karena itu kita perlu memberantas benalu dengan berbagai cara seperti memotong atau menghilangkan benalu yang tumbuh di batang maupun ranting pohon. Adapun cara yang lebih efektif kita dapat memotong ranting atau dahan yang ditumbuhi oleh benalu, dengan begitu kita sudah membasmi benalu hingga pada akarnya.

Apa manfaat benalu bagi manusia?

Sobat ilmiah apa kalian tahu jika benalu dapat dijadikan obat loh! Benalu tidak hanya berdampak negatif bagi tumbuhan inangnya tapi benalu juga berdampak positif loh bagi kesehatan manusia. Daun dari tumbuhan benalu ini banyak digunakan  sebagai pengobatan herbal seperti mengobati kanker, mengobati epilepsi, mengobati radang sendi, mengatasi tidur mendengkur, menurunkan tekanan darah, mengatasi detak jantung tidak normal, melancarkan peredaran darah, membunuh sel tumor, mengobati pusing pada kepala, mengobati penyakit hepatitis, mencegah keguguran dan pendarahan pada saat melahirkan, menguatkan tulang dan gigi, serta mengembalikan fungsi hati dan ginjal.

Daun benalu memang banyak digunakan dalam pengobatan tradisional terutama sebagai bahan ramuan tradisional Cina. Namun, perlu diingat lagi kita harus lebih berhati-hati karena dari penggunaan benalu sebagai obat juga memiliki efek samping seperti pada tahap wajar akan menyebabkan diare, sedangkan pada pemakaian dengan dosis rendah akan menjadikan mulut kering dan perut menjadi kembung. Selain itu, penggunaan dosis yang berlebihan akan menyebabkan keracunan serta kehilangan nafsu makan.   

Penulis: Nur Lailatun Nadifah (S1 PGMI UIN Sunan Ampel Surabaya)
Editor: Binar Kurnia Prahani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel