Iklan Responsif

Apa Pengaruh AC Terhadap Psikologi Pelajar?

Hai sobat ilmiah,selamat datang kembali di artikel saya.Pada artikel ini saya akan membahas bagaimana sih hubungan AC atau pendingin ruangan yang biasa kita gunakan dengan psikologi para pelajar. Apakah AC memiliki Efek baik kepada mereka? Atau malah merugikan bagi mereka??Apakah suhu AC juga berpengaruh? Apakah tiap pelajar sama? Pasti kalian penasaran bukan? Oke langsung cek saja penjelasan saya di bawah ini!!

Definisi AC

AC atau Air Conditioner siapa orang yang hidup di jaman milineal seperti sekarang yang tidak mengerti apa itu AC? Mungkin hanya orang desa yang terperangkap di pedalaman saja yang tidak tahu apa yang namanya AC. AC atau Air Conditioner adalah alat elektronik yang berguna untuk mengolah udara sekitar ruangan sesuai dari perintah melalui remot oleh pemilik AC tersebut. AC atau Air Conditoner dapat mengolah udara suatu ruangan menjadi panas atau dingin melalui zat kimia yang ada di dalamnya. Biasanya AC digunakan oleh orang-orang untuk dapat bertahan dari suhu yang dingin atau suhu yang panas.


Apakah pengaruh AC terhadap Psikologi pelajar?

Sebenarnya apakah ada hubungan AC dengan psikologi pelajar? Yap!! AC memiliki pengaruh terhadap psikologi seorang pelajar. Saat pelajar melaksanakan pembelajaran di kelas mereka membutuhkan keadaan yang nyaman agar pelajaran tersebut dapat mereka pahami dengan matang. Nah! Untuk membuat suhu ruangan pembelajaran lebih nyaman bagi para pelajar di butuhkan sebuah alat. Salah satu alat tersebut adalah AC. AC bagi seorang pelajar sangat berguna karena jika tidak ada AC mereka akan merasa terganggu oleh suhu ruangan sekitar mereka dan konsentrasi belajar mereka akan berkurang dan menyebabkan pelajaran yang mereka pelajari tidak mudah di pahami atau bahkan tidak dapat di pahami oleh pelajar tesebut.

Apakah AC tersebut juga memiliki efek buruk kepada pelajar tersebut?

Nah dari paparan sebelumnya saya mengatakan bahwa AC memiliki efek baik kepada pelajar tetapi apakah mereka juga memiliki efek buruk kepada pelajar? Jawabannya adalah iya, AC juga memiliki efek buruk kepada pelajar. Lah Bukannya dia membantu para pelajar untuk lebih nyaman dalam memahami pelajaran? Iya memang AC memiliki efek baik kepada pelajar tetapi tidak semua pelajar nyaman dengan adanya AC di mana pelajar tersebut memiliki kepekaan yang tajam terhadap suhu dingin atau suhu panas lebih dari pelajar yang lain. Biasanya untuk mengatasi masalah seperti ini pelajar di berikan alat seperti jaket untuk jika menurutnya terlalu dingin sedangkan kipas jika menurutnya terlalu panas. Selain itu  AC juga mengandung berberapa zat yang apabila di hirup terlalu sering dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Contohnya adalah zat seperti p-dichlorobenzene dan formaldehida yang dapat menyebabkan sesak nafas dan juga senyawa phthalates yang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan organ reproduksi.

Apakah dampak buruk AC dirasakan oleh semua pelajar?

Dari yang saya sampaikan pada dampak buruk AC sebelumnya saya bahas bahwa ada pelajar yang lebih peka terhadap suhu dingin atau suhu panas berlebih dari pelajar yang lain. Nah!dampak tersebut juga berlaku pada dampak buruk lain dari AC. Seperti halnya penyakit senyawa kimia yang digunakan dalam AC juga memiliki efek yang berbeda-beda setiap pelajarnya tergantung dari ketahananan tubuh pelajar itu masing-masing ada pelajar yang tahan atau tidak terpengaruh oleh senyawa kimia dalam AC ada juga yang tidak tahan dengan senyawa kimia tersebut dan sakit karena senyawa kimia tersebut.

Kalau memang ada salah satu pelajar yang memang tidak tahan dengan efek senyawa kimia AC tersebut sama seperti dengan efek suhu dingin guru yang mengajar harus sadar harus mematikan AC  jika anak itu sudah mulai merasakan kurang nyaman dalam pembelajaran atau mengantarkan ke UKS jika sakitnya sudah timbul.

Itu dia paparan yang bisa saya sampaikan dalam artikel hubungan AC sebagai pendingin ruangan terhadap psikologi pelajar.Nah dari artikel ini kita jadi tahu ternyata AC memiliki berbagai pengaruh terhadap psikologi pelajar mulai dari pengaruh yang baik sampai ke pengaruh yang buruk.

Cukup sekian artikel yang saya buat ini semoga pembaca mendapat ilmu tentang psikologi pelajar yang ternyata di pengaruhi oleh adanya AC sebagai pendingin ruangan dan semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan saya sebagai pembuatnya.Apabila terdapat kesalahan mohon dimaafkan.Terima Kasih

Penulis: Muhammad Nuh Fathsyah Siregar
Editor: Binar Kurnia Prahani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel