Iklan Responsif

Apa Pentingnya Sarapan Pagi? Yuk Simak!

Assalamulaikum teman-teman, Semangat pagi untuk kita semua. Apakah kalian termasuk orang yang bangun di pagi hari ataukah bangun kesiangan kawan? Apakah kalian sudah sarapan sebelum memulai beraktivitas? Oke, artikel ini akan membahas tentang pentingnya sarapan pagi. Semua pasti mengetahui bahwa sarapan itu penting. Ya, itu betul kawan. Sarapan itu luar biasa pentingnya, kita tidak boleh skip atau meninggalkan sarapan karena sarapan dibutuhkan untuk menambah lagi energi atau bahan bakar yang digunakan beraktivitas sehari-hari. Di saat kita tidur, tubuh kita diibaratkan seperti puasa karena tidak ada asupan makanan yang masuk dan sarapan pagi sebagai buka puasanya. Jika setiap hari tidak tubuh kita kembali bekerja setelah bangun tidur tetapi tidak ada asupan yang masuk sebagai energi untuk tubuh kita, maka dampak yang terjadi akan banyak. Sarapan lebih diperlukan daripada makan di siang dan malam hari. Kenapa guys? Karena pagi adalah awal kita memulai aktivitas sehari-hari walaupun sesibuk-sibuknya kita, usahakan untuk sarapan teman-teman. 

Apa Pentingnya Sarapan Pagi? Yuk Simak!  Lisdiyanti Nurul Hidayah

Apa manfaat dari sarapan?

Nah guys, selanjutnya yaitu manfaat dari sarapan. Manfaat sarapan sebagai berikut.

  1. Mengedalikan berat badan. Sarapan dimulai di pagi hari untuk menjaga agar perut kenyang dan tidak menjadikan balas dendam di singa hari untuk makan yang berlebihan.
  2. Nutrisi untuk tubuh.
  3. Sebagai sumber energi untuk beraktivitas.
  4. Sarapan baik untuk tumbuh kembang, terutama pada balita.
  5. Fungsi otak, biasanya nih kalian yang mengabaikan sarapan pasti fungsi otak akan menurun yang akan menjadikan tidak konsentrasi untuk memulai pekerjaan. Terutama untuk pelajar nih guys, pasti untuk mengikuti pembelajaran di kelas akan lesu dan tidak konsentrasi dalam belajar. Tuh guys, sarapan punya banyak manfaat loh baik untuk pelajar maupun kita semua.

Sarapan yang baik di jam berapa?

Nah, waktu yang tepat untuk sarapan yaitu jamnya teratur, bisa jam tujuh atau antara jam delapan dan sembilan. Yang penting kita konsinten untuk jam teratur sarapan ya teman. 

Menu apa saja yang baik untuk sarapan?

Sarapan harus  terdiri dari berbagai jenis makanan dengan panduan yang dapat disebut piramida makanan. Pada piramida makanan yang baik sebagai berikut.

  1. Mengandung karbohidrat, sebagai sumber energi utama, terutama karbihidrat yang kompleks.
  2. Sayur dan buah, kalau pagi biasanya tidak sempat untuk menyiapkan sayur-sayuran, tidak masalah yang utama yang harus ada yaitu buah-buahan.
  3. Lauk pauk seperti tahu yang mudah untuk diolah di pagi hari.
  4. Yang paling penting setelah makan konsumsi air mineral yang cukup. 

Sudah tahu ya teman-teman manfaat dan menu yang baik untuk sarapan. Jangan selesai membaca dulu ya. Selanjutnya, mengenai bahaya saat tidak sarapan. Wah simak penjelasannya yuk.

Apa bahaya meninggalkan sarapan?

Ada bahaya saat kita meninggalkan sarapan sebagai berikut.

  1. Overweight, kenapa kok bisa? Ya, karena pagi tidak sempat sarapan lalu siangnya balas dendam dengan makan berlebihan jadinya akan berdampak obesitas untuk jangka panjang jika terus dilakukan begitu.
  2. Suasana hati dan mood tidak senang dikarenakan rasa lapar, dipegang sedikit langsung marah-marah.
  3. Kurangnya konsentrasi, dikarenakan tidak ada bahan bakar atau energi jadi tidak fokus untuk pelajar nih.
  4. Selanjutnya yang disebutkan pertama tadi, dari makan berlebih akan menumpuk lemak atau kegemukan. Nah awal dari kegemukan akan timbul penyakit-penyakit lainnya yang tidak menular seperti jantung, diabetes militus dan lain-lain.
Teman-teman sudah tahu kan bahwa sarapan itu luar biasa penting. Jangan terlewatkan untuk sarapan ya guys. Nahh mungkin itu mengenai pentingnya sarapan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua. Wassalamulaikum teman-teman.

Penulis: Lisdiyanti Nurul Hidayah (S1 Pendidikan IPA UIN Sunan Ampel Surabaya)
Editor: Binar Kurnia Prahani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel