Iklan Responsif

Bagaimana Bakteri Heterotrof Memeroleh Energi?

Assalamualaikum sahabat ilmiahku, apa kabar niih? Pastinya sahabat semua baik-baik saja bukan? Sebelum kita semua tau bagaimana bakteri heterotrof memperoleh energi sebaiknya kita terlebih dahulu mengerti energi yang dimaksud. 

Bagaimana Bakteri Heterotrof Memeroleh Energi? Lilis Nur Azizah

Apa itu energi?

Energi yang dimaksud adalah energi berupa makanan atau nutrisi. Oke mari kita terlebih dahulu memahami tentang apa itu heterotrof dan apa itu mikroorganisme heterotrof. 

Apa itu mikroorganisme? 

Ya, tentu masih ingat bukan. Mikroorganisme merupakan makhluk hidup yang sangat kecil yang tidak dapat dilihat secara langsung oleh mata, tetapi kita harus menggunakan alat bantu mikroskop. Contohnya saja pada pembahasan kali ini mikroorganisme yang dimaksud adalah bakteri. Naah pastinya sahabat masih ingat nih apa itu bakteri. Yups benar sekali, bakteri merupakan organisme yang relatif sederhana karena hanya memiliki satu sel atau biasa disebut dengan organisme uniseluler dan bakteri tidak memiliki membran inti (prokariotik). 

Berdasarkan cara memperoleh makananya bakteri diklasifikasikan menjadi dua yaitu bakteri autotrof dan bakteri heterotrof. Tentunya sesuai dengan judul artikel kali ini, maka yang akan dibahas adalah bakteri heterotrof. Sebelum sahabat semua tau apa yang dimaksud dengan bateri heterotrof, sahabat harus mengenal terlebih dahulu pengertian dari heterotrof itu sendiri. 

Apa itu heterotrof? 

Heterotrof adalah organisme konsumer atau jenis organisme yang tidak dapat mengubah senyawa organik menjadi senyawa anorganik, sehingga organisme ini umumnya tidak dapat membuat makannnya sendiri atau mereka hanya bergantung pada organisme lain untuk bertahan hidup dan mereka juga  menyerap nutrisi pada organisme lain untuk kebutuhan yang diperlukan dirinya sendiri. Biasanya organisme heterotrof ini mempunyai sifat sebagai parasit. Jadi yang disebut sebagai mikroorganisme heterotrof adalah organisme yang memiliki ukuran sangat kecil yang tidak dapat membuat makanannya sendiri. Dapat dikatakan bahwa bakteri umumnya merupakan mikroorganisme heterotrof. Nah, sahabat semua pasti sudah mengertikan apa itu heterotrof dan mikroorganisme heterotrof. Selanjutnya akan dibahas tentang, apa itu bakteri heterotrof? Untuk lebih jelasnya yuuk baca terus artikel ini hehehe.

Apa itu bakteri heterotrof?

Pada penjelasan sebelumnya dapat dikatakan bahwa umumnya bakteri merupakan mikroorganisme heterotrof. Naah, kali ini kita akan membahas tentang bakteri heterotrof. Apa itu bakteri heterotrof? Bakteri heterotrof merupakan jenis bakteri yang mendapatkan nutrisi atau makanan berupa bahan oganik dari organisme lain. Berdasarkan cara mendapatkan makanan atau nutrisinya bakteri heterotrof dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu bakteri saprofit dan bakteri parasit. Sahabat semua pasti penasaran nih bagaimana cara bakteri heterotrof memperoleh makanan atau nutrisi, yuk baca lagi artikel ini. 

Bagaimana cara bakteri heterotrof memperoleh makanan atau nutrisi?

Sudah disinggung nih pada penjelasan di atas bahwa berdasarkan cara mendapatkan makanan atau nutrisinya bakteri heterotrof dapat dibedakan menjadi dua, yaitu bakteri saprofit dan bakteri parasit. 
  1. Bakteri saprofit, bakteri ini biasanya dapat menguraikan sampah berupa sisa-sisa bahan organik menjadi bahan anorganik (seperti CO2 dan H2O) melalui dua proses yaitu proses fermentasi dan respirasi, sehingga bakteri ini mendapatkan energi berupa ATP. Bakteri ini sering disebut sebagai pengurai atau decomposer. Bakteri saprofit sangat berperan pada rantai makanan karena bakteri ini dapat menguraikan sisa-sisa makluk hidup yang telah mati. Salah satu contoh bakteri saprofit yang sering kita kenal adalah Escherichia coli
  2. Bakteri parasit, bakteri ini mendapatkan  makanan  dari sel atau tubuh inang yang di tempatinya Inang yang sering ditempati bakteri ini adalah tumbuhan, hewan, dan manusia. Bakteri ini umumnya bersifat parasit karena merugikan organisme lain. Contohnya saja Familia treponemalaceae, bakteri yang merugikan pada tubuh vertebrata dan manusia. Nah jadi, dari kedua jenis bakteri tersebut yang termasuk ke dalam bakteri heterotrof adalah bakteri parasit. 
Alhamdulillah, pembahasan tentang bagaimana bakteri heterotrof memperoleh energi telah selesai. Semoga artikel ini menjadi bermanfaat dan menjadi inspirasi  untuk sahabat semua. Terima kasih, wassalamua’alaikum.

Penulis: Lilis Nur Azizah (S1 Pendidikan IPA UIN Sunan Ampel Surabaya)
Editor: Binar Kurnia Prahani 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel