Iklan Responsif

Tumbuhan Hidup di Tempat Gelap: Bagaimana Caranya?

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Hai sahabat onlineku, bagaimana kabarnya? Kalian tau gak sih tumbuhan itu hidup karena apa? Apakah tumbuhan itu bisa hidup kalau di tempat gelap? Atau tumbuhan itu bisa hidup kalau tidak ada matahari?

Kalian pasti berpikir kalau tumbuhan itu tidak bisa hidup jika di tempat gelap atau hidup tanpa matahari. Nah, sekarang kita akan bahas bagaimana cara tumbuhan itu hidup di tempat gelap. 

Fotosintesis

Fotosintesis itu apa?

Fotosintesis itu proses biokimia untuk membuat makanan yang dilakukan oleh tumbuhan yang mempunyai klorofil dengan karbondioksida (CO2), air (H2O), dan bantuan sinar matahari sehingga tumbuhan menghasilkan makanannya dan oksigen yang dihirup manusia. 

Kenapa fotosisntesis harus terjadi pada siang hari? Karena pada proses fotosintesis tumbuhan memerlukan bantuan sinar matahari. Tumbuhan yang bisa menyerap sinar matahari hanya tumbuhan yang memiliki pigmen yang biasa disebut klorofil. 

Klorofil inilah yang memberikan warna hijau pada tumbuhan. Tumbuhan ytang memiliki klorofil itu bersifat autotrof atau membuat makanan sendiri secara langsung dari senyawa organik. 

Faktor apa saja sih yang mempengaruhi proses fotosintesis?

Ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis antara lain: 

1. Air 

Ketersidiaan air pada proses fotosintesis berpengaruh besar karena jika tumbuhan pada saat proses fotosintesis ini kekurangan air maka tumbuhannya akan layu dan stomata yang ada pada daun tumbuhan akan menutup sehingga saat tumbuhan itu akan menyerap karbondioksida tumbuhannya akan memperoleh sedikit karbondioksida. 

2. Kadar karbondioksida

Kenapa kadar karbondioksida berpengaruh pada proses fotosintesis? Karena jika kadar karbondioksida itu banyak atau meninkat maka laju proses fotosintesis pada tumbuhan pun menjadi meningkat begitupun sebaliknya, jika kadar karbondioksida itu sedikit maka laju pada proses fotosintesis pun akan menurun. 

3. Sinar matahari 

Sinar matahari mempunyai pengaruh pada proses fotosintesis tumbuhan karena sinar matahari sangat dibutuhkan pada saat proses fotosintesis. Karena semakin tinggi intensitas sinar matahari yang di serap oleh tumbuhan maka akan semakin banyak energi yang diperoleh oleh tumbuhan pada saat proses fotosintesis begitupun sebaliknya, semakin rendah intensitah sinar matahari yang diserap oleh tumbuhan maka semakin sedikit energi yang diperoleh oleh tumbuhan itu.

Lalu apakah bisa tumbuhan itu hidup di tempat gelap? Jawabannya adalah bisa. Karena pada saat fotosintesis itu ada dua reaksi, yang pertama reaksi terang dan yang kedua reaksi gelap. 

Apasih reaksi terang dan reaksi gelap itu?

1. Reaksi terang 

Reaksi fotosintesis yang membutuhkan sinar matahari. Reaksi terang terjadi pada grana atau tumpukan tilakoid. Pada proses reaksi terang klorofil dari sinar matahari akan di uraikan oleh air. 

Sinar matahari menjadi sumber energi pada proses reaksi terang yang mana nanti akan di uraikan oleh klorofil menjadi sumber energi kimia yang akan disimpan di dalam ATP (Adenosin Trifosfat). Pada saat melakukan reaksi terang tumbuhan akan menghasilkan ATP (Adenosin Trifosfat) dengan reduksi NADPH2. 

2. Reaksi gelap

Pada saat reaksi gelap daun akan mengikat karbondioksida (CO2) yang nantinya karbondioksida itu akan diubah menjadi glukosa. Pada saat pembentukan glukosa inilah dibutuhkan ATP (Adenosin Trifosfat) yang dihasilkan oleh proses reaksi terang. 

Saat reaksi gelap tidak memerlukan sinar matahari untuk sumber energinya dan proses reaksi gelap ini terjadi dibagian stromata kloroplas. ATP (Adenosin Trifosfat) dan NADPH yang dihasilkan pada saat proses reaksi terang ini akan memicu proses biokimia. 

Pada proses biokimia yang akan terpicu adalah pada saat siklus calvin yang mengikat CO2 (karbondioksida) yang membentuk ribulosa yang nantinya akan menjadi glukosa atau gula. 

Proses reaksi ini disebut reaksi gelap karena tidak bergantung dengan adanya sinar matahari sehingga tumbuhan tetap bisa berfotosintesis atau tumbuh mesikup di tempat gelap. 

Jadi tumbuhan akan tetap hidup meskipun di tempat gelap karena di dalam fotosintesis ada dua proses yang pertama proses reaksi terang (reaksi yang membutuhkan sinar matahari) dan yang kedua reaksi gelap (reaksi yang tidak membutuhkan sinar matahari). 

Penulis: Halisah (S1 Pendidikan IPA UIN Sunan Ampel Surabaya)
Editor: Admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel