Iklan Responsif

Mengapa Kita Mudah Lapar Saat Dingin?

Dingin, Membuat Kita Lapar

Hai sobat ilmiah.ku, bagaimana kabarnya sehat kan? Aku harap kalian sehat selalu. Jangan lupa yah jaga kesehatan, jangan sampai kalian sakit di saat kalian tidak menginginkannya. Apalagi sekarang kan lagi musim hujan jadi harus ekstra dalam menjaga kesehatan. 
Apa itu dingin dan lapar?

Kalau berbicara soal hujan, udaranya dingin dan pasti bawaannya selalu merasa lapar. Kenapa sih kok kalian sering lapar ketika udara dingin? Terus kalian bertanya kok bisa? 

Nah, kali ini aku akan membuat artikel yang akan membahas tentang mengapa sih kita sering merasa lapar ketika udara dingin. Pingin tau kan, makanya dengan membaca artikel ini rasa pensaran kalian pasti akan hilang.

Apa itu dingin dan lapar?

Akhir akhir ini hampir setiap hari sering kali hujan pagi, siang bahkan malam hari pun masih turun hujan. Secara tidak langsung itu membuat suhu udara menjadi dingin. Ngomong-ngomong tentang dingin, apa kalian tau apa itu dingin? 

Jadi, dingin itu adalah bersuhu rendah jika dibandingkan dengan suhu manusia. Lha itulah yang membuat tubuh kita merasa kedinginan karena suhu udarah sekitar kita lebih rendah dari suhu badan kita. 

Terus kalo lapar itu apa? Kalau lapar itu ketika tubuh kita membutuhkan asupan makanan yang berfungsi sebagai sumber tenaga. Biasanya kalau sedang mengalami kelaparan tubuh kita akan terasah lemas  atau bisa juga berut kita berbunyi. Hehe


Bagaimana sistem metabolisme manusia?

Metabolisme??Apa sih Metabolisme itu sebenarnya? Di dalam pelajaran IPA telah diberitahukan  bahwa sebenarnya metabolisme adalah seluruh reaksi kimia yang ada pada organisme hingga sesuler di mana metabolisme merupakan aktivitas untuk membuat energi yang dibutuhkan oleh tubuh pada setiap makhluk hidup. 

Metabolisme dapat diartikan dengan suatu proses yang terjadi pada tubuh makhluk hidup dimana proses ini merupakan perubahan zat gizi atau makanan menjadi suatu energi.

Mengapa kita lapar di saat dingin?

Kalian merasa tidak kalau saat udara dingin selalu lapar? Kok bisa? Mungkin sebagian dari kalian menyadari di daerah yang memiliki suhu udara dingin yang suhu udaranya di bawah suhu tubuh pada umumnya kita kerap sekali merasa lapar. Itu terjadi karena metabolisme yang ada di dalam tubuh kita sedang berkerja untuk menormalkan suhu tubuh kita yang sedang merasa kedinginan. 

Saat metabolisme melalukan pekerjaannya maka akan terjadi proses pembakaran yang membutuhkan banyak energi. Sedangkan energi itu sendiri ada karena adanya proses pencernaan dimana proses tersebut merubah makanan menjadi suatu energi.

Jadi itulah sebabnya mengapa kita saat berada di tempat yang bersuhu dingin akan terus merasa lapar. Jadi, kalian kalau ingin makan terus saat dingin jangan disesali. Karena pada dasarnya tubuh kita juga membutuhkan asupan energi untuk bisa bertahan hidup.


Alternatif apa saja agar tidak mudah lapar saat cuaca dingin?

Terus apakah ada alternative agar tidak mudah lapar saat cuaca dingin?? Ya tentu ada  lah!! Alternative pertama yaitu mengenakan pakaian tebal saat cuaca dingin karena saat menggunakan pakaian tebal saat cuaca dingin suhu tubuh kita tidak akan mudah keluar dari tubuh kita dan akan tetap tertampung di dalam baju yang kita gunakan. 

Hal itu juga berlaku pada energi, di mana energi yang ada di dalam tubuh kita akan tertampung bersama dengan suhu di pakaian dan akan keluar dengan kecepatan yang lebih lambat pula sesuai ketebalan pakaian yang kita gunakan tersebut.

Alternative kedua yaitu dengan memakai pakaian yang ketat atau rapat.lah kenapa kok pakai pakaian yang ketat atau rapat? Itu karena dengan memakai pakaian ketat dan rapat suhu dan energi di dalam tubuh akan susah keluar seperti dengan pakaian tebal, dan saat memakai pakaian tebal tubuh kita juga akan lebih berpengaruh dan bereaksi dengan pakaian tebal hingga merasakan rasa risih dan menghiraukan rasa lapar yang di tubuh.

Jadi kesimpumpulan dari artikel ini, bahwa jika kalian terus merasa lapar saat cuaca dingin janganlah kalian panik atau bingung. Karena tubuh kita memerlukan energi yang bersumber dari makan untuk bisa menormalkan suhu tubuh.

Penulis: Hisnu (S1 Pendidikan IPA UIN Sunan Ampel Surabaya)
Editor: Admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel