Iklan Responsif

Apa Manfaat Gerakan Sholat Terhadap Kesehatan Tubuh?

Manfaat Gerakan Sholat Terhadap Kesehatan Tubuh

Manfaat Gerakan Sholat Terhadap Kesehatan Tubuh

Assalamualaikum teman teman. Halo semuanya apa kabar? Apakah masih semangat nih? Kali ini kita sama - sama akan membahas artikel tentang apa dan bagaimana manfaat gerakan pada ibadah yang setiap kali kita lakukan yaitu sholat terhadap kesehatan tubuh kita.

Karena ternyata kegiatan sholat yang setiap hari kita lakukan itu mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Ini dia ulasan artikelnya.

Pengertian Sholat

Apakah kalian sudah mengerti apa sebenarnya pengertian sholat itu? Sholat merupakan salah satu rangkaian ibadah yang dilakukan oleh seluruh umat  islam. Sholat juga termasuk dari rukun islam yang kedua setelah pengucapan syahadat.

Macam - Macam Sholat

Pada ibadah sholat ini terdapat sholat yang harus atau wajib dilaksanakan dan dilakukan oleh seluruh umat muslim tidak bisa ditawar lagi yang biasa disebut sholat fardhu. Contohnya seperti sholat dhuhur, ashar, dan lain - lain.

Dan ada juga sholat yang tidak harus atau tidak wajib dilaksanakan atau dilakukan oleh umat muslim atau orang biasa mengatakannya dengan sholat sunnah. Apabila umat muslim menjalankan sholat tersebut akan mendatangkan pahala. Contoh dari sholat tersebut yakni sholat tahajud.

Sejarah Diwajibkannya Sholat

Awal sejarah diperintahkannya sholat ketika Rasulullah menjalankan suatu peristiwa yang sebelumnya tidak pernah dialami olah manusia dan nabi sebelumnya yaitu peristiwa isra' mi'raj.

Peristiwa tersebut rasulullah melakukan perjalanan dari masjidil haram ke masjidil aqsa yang disebut isra' dan dari masjidil aqsa ke sidratul muntaha atau disebut mi'raj. Pada saat itu Rasulullah juga mengalami peristiwa yang sangat menakjubkan yakni Rasulullah dapat melihat dan berkomunikasi dengan Allah.

Dan pada saat itu Rasulullah mendapat perintah sholat sebanyak 50 kali. Namun saat turun malaikat jibril berkata agar diringankan sehingga Rasulullah terus menerus naik turun sidratul muntaha sehingga perintah sholat diperintahkan mencapai 5 kali dalam satu hari.

Gerakan - Gerakan Sholat

Didalam sholat terdapat banyak gerakan yang mana gerakan tersebut sama persis diulang terus menerus sesuai dengan jumlah rakaat dari sholat itu. Apa sajakah gerakan fi'liyah yang kita lakukan setiap hari setiap kali melaksanakan sholat?

a. Takbiratul Ihram yaitu pengucapan takbir yang pertama dalam sholat diiringi dengan gerakan mengangkat tangan sejajar antara bahu dan telinga.

b. Ruku' adalah merupakan gerakan dalam sholat yang mana kedua tangan di letakkan pada kedua lutut dan posisi badan membungkuk kedepan lurus sehingga tubuh kita dapat membentuk sudut 90°.

c. I'tidal yaitu gerakan dimana posisi badan tegap lurus yang mana dilakukan setelah ruku.

d. Sujud yaitu merupakan gerakan dalam sholat yakni dengan menadahkan wajah terutama pada dahi pada lantai  sejajar dengan kaki, selain itu posisi pantat harus lebih tinggi daripada kepala.

e. Duduk iftirasy yang biasa kita panggil dengan nama duduk diantara dua sujud, yaitu merupakan gerakan dalam sholat yang mana posisi duduk diantara kedua sujud pada sholat dengan cara kaki kiri untuk tumpuan.

f. Duduk tawarruk atau tasyahud awal dan akhir sama seperti duduk iftirasy namun perbedaannya kaki kiri sebagai tumpuan lalu lebih di sapingkan ke kanan.

Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh

Banyak penelitian menyatakan bahwa ternyata gerakan salat itu memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Ini dia manfaatnya.

1. Takbiratul Ihram
Gerakan ini sangat baik bagi sistem pernafasan. Saat takbiratul Ihram otomatis tangan akan melebar dan rongga dada pun ikut melebar. Hal tersebut menjadikan tekanan udara yang masuk dalam tubuh mengecil dengan mengecilnya tekanan udara yang masuk mengakibatkan lancarnya pernafasan. Selain itu Takbiratul Ihram juga dapat melatih otot lengan hingga belikat.

2. Ruku'
Gerakan ini sangat baik untuk merenggangkan otot punggung serta guna merelaksasikan otot pada  punggung.

3. I'tidal
Gerakan ini sama manfaatnya seperti takbiratul ihram karena mengangkat kedua tangan dan melebarkan bahu, namun selain itu posisi i'tidal setelah rukuk mampu membantu melancarkan pencernaan tubuh.

4. Sujud
Gerakan ini mempunyai manfaat di mana posisi kepala sama dengan kaki sehingga aliran darah yang mengandung Oksigen yang ada pada jantung mengalir ke otak dan hal tersebut membantu dalam kecerdasan otak.


Demikian penjabaran ulasan tentang manfaat gerakan sholat terhadap kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum

Penulis: Gisca Kurnia Putri
Editor: Admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel