Iklan Responsif

Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Manusia


Assalamualaikum, sobat! Berjumpa lagi dengan saya.Kali ini, saya akan membahas tentang manfaat air putih bagi tubuh manusia. Sebelum itu, kalian sudah tau kan bahwa air itu sangat penting bagi semua makhluk hidup.

Saking pentingnya air bagi kehidupan, jika tidak ada air, maka semua makhluk hidup akan mati. Tubuh manusia pun sangat membutuhkan adanya air. Untuk penjelasan yang lebih lanjut, mari simak pembahasan di bawah ini.

Definisi Air

Air adalah salah satu komponen yang memiliki peran penting di bumi sebagai pemenuhan kebutuhan hidup seluruh makhluk hidup. Air merupakan zat pelarut yang terdiri atas oksigen dan hidrogen yang bersatu kemudian membentuk air. Jumlah air di bumi yaitu sebesar 71 persen dari bumi dan berjumlah lebih banyak daripada daratan di bumi.

Fungsi Air Putih Bagi Tubuh Manusia

Fungsi air dalam tubuh manusia sangat berperan, karena Dalam tubuh manusia didominasi kadar air sebanyak 70-85%. Peranan air di dalam darah yaitu sebanyak 83%. Air juga sangat berperan untuk membantu kontraksi otot, membantu pencernaan untuk mencerna makanan didalam lambung serta mengantarkan zat zat yang ada di seluruh tubuh.

Air yang bersih sangat dibutuhkan oleh manusia untuk memasak, minum dan mandi. Mengonsumsi air yang bersih dapat membuat tubuh sehat, karena air yang kotor mengandung banyak bakteri yang dapat menyebabkan manusia sakit perut atau keracunan.

Penyakit Akibat kurangan Mengonsumsi Air Putih

Seseorang yang kekurangan air di dalam tubuhnya dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi adalah suatu gejala akibat kurangnya air didalam tubuh. Pada seorang pria, jika kekurangan air sebesar 1,5% saja dari berat badannya, maka dapat menimbulkan rasa lelah yang berlebih, cemas dan tegang. P

ada seorang wanita, jika kekurangan air sebesar 1,3% saja dari berat badannya, maka dapat menimbulkan sakit kepala, kelelahan dan mengganggu. Gejala dehidrasi memiliki pengaruh pada otak, karena sebanyak 75% pembentuk otak merupakan air.

Jika gejala dehidrasi yang tidak segera diatasi ketika tubuh tetap kekurangan cairan, maka hal yang dilakukan oleh tubuh adalah dengan mengambil air dari organ dalam tubuh itu sendiri yaitu darah. Ketika kandungan air dalam darah diambil, lalu darah akan menjadi kental.

 Dan ketika darah bekerja dan melewati organ ginjal, organ ginjal akan bekerja lebih keras untuk menyaring darah. Sebagai akibatnya, warnaurine akan menjadi kuning pekat. Lebih berbahaya lagi dapat menimbulkan penyakit batu ginjal yang bisa sampai menuju pada meja operasi jika tidak segera ditangani.

Jumlah Air Yang Dibutuhkan Tubuh Dalam Sehari

Ketahuilah, bahwa pada umumnya tubuh manusia membutuhkan air sebanyak 2 sampai 3 liter air atau setara dengan 8 gelas perhari. Kebutuhan air pada manusia beragam, tergantung dengan kondisi lingkungan serta suhu tempat manusia berada.

Jika suhu lingkungannya tinggi, maka manusia perlu minum air dengan jumlah yang lebih banyak, karena penguapan air pada tubuh manusia akan meningkat. kemudian, orang yang melakukan aktivitas fisik yang berat juga perlu minum air yang banyak.

Karena jika seseorang melakukan aktivitas fisik yang berat dapat membuat seseorang kehilangan banyak cairan di tubuhnya, dan harus diganti dengan minum air putih.

Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Manusia

Manfaat air putih bagi manusia sangat banyak, diantaranya:
1. Air putih dapat digunakan manusia untuk minum dan memasak.
Jika tubuh kekurangan air untuk minum, maka dapat menimbulkan dehidrasi. Air yang digunakan sebaiknya adalah air putih yang bersih. Yaitu air yang tidak berwarna dan tidak berbau. karena, jika menggunakan air yang kotor, maka tubuh dapat terjangkit penyakit yang dibawa oleh air tersebut.

2. Digunakan untuk mandi.
Air putih juga dapat digunakan mandi agar tubuh tetap bersih dan segar. Air untuk mandi juga harus bersih. Karena, air yang kotor untuk mandi dapat menyebabkan tubuh menjadi gatal.

3. Pendingin tubuh.
Air dapat digunakan untuk mendinginkan tubuh ketika tubuh terasa panas oleh lingkungan. Cara mendinginkan tubuh dapat dilakkan dengan cara berendam di dalam bak mandi.
Sekian ulasan tentang pentingnya air putih bagi tubuh. Jadi, buat kalian yang masih ogah-ogahan untuk minum air putih dan lebih suka minum air kemasan. Mulai sekarang, yuk mencoba melatih diri untuk minum air putih yang banyak. Karena kekurangan air putih tidak baik untuk kesehatan dan sebaliknya, minum air putih yang banyak sangat baik untuk kesehatan karena dapat memberikan berbagai manfaat untuk tubuh kita.

Penulis : Nurul Chikmia 
Editor : Editor


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel