Iklan Responsif

Kandungan Glukosa pada Cokelat dan Nasi Untuk Energi Tubuh

Kandungan Glukosa pada Cokelat dan Nasi 

Kandungan Glukosa pada Cokelat dan Nasi


Selamat datang sobaatt, pada artikel kali ini kita akan membahas kandungan gula yang terdapat pada cokelat dan nasi yang mempengaruhi semangat!! Mari kita baca bersama apa saja sejarah, manfaatnya, dampaknya dan cara yang benar untuk mengkonsumsinya? Mari kita baca bersama.

Definisi Cokelat Dan Nasi

Cokelat atau yang dikenal sebagai kakao ini adalah sebuah biji yang dikelola dan dibentuk menjadi batang cokelat.

Nasi ialah makanan pokok di Indonesia yang berasal dari padi karena pada nasi terdapat sumber karbohidrat untuk menjadi energi tubuh yang akan melakukan segala macam aktivitas.

Sejarah Cokelat dan Nasi

Cokelat masuk di Indonesia sekitar tahun 1560 oleh spanyol di daerah sulawesi berada di Minahasa. Para petani di Indonesia mulai menanam tumbuhan cokelat/kakao ini pada tahun  1880 di tanah jawa.

Pada awalnya petani hanya menanam tanaman kopi saja namun saat tanaman yang mereka tanam  rusak dan terserang karat pada daun dan dapat merugikan petani, maka petani mulai memikirkan untuk berganti menanam kakao pada kebun mereka.

Budidaya tanaman kakao di Indonesia ini mulai sejak setelah kemerdekaan dan mengalami perkembangan yang  pesat. Indonesia meraih peringkat ketiga didunia setelah Afrika Barat dalam memproduksi tanaman kakao, komposisi biji pada kakao ini meliputi biji-biji tanpa berfermentasi, biji dengan kadar kotoran tinggi serta terkontaminasi oleh serangga.


Nasi adalah sebuah makanan pokok yang berasa dari tanaman padi. Sebelum menjadi makanan  pokok di Indonesia terdahulu tidak mengenal bercocok tanam namun dengan berburu mereka mempertahankan hidup mereka.

Indonesia mengenal cara menanam dikenalkan oleh bangsa Austronesia yang waktu itu berada di wilayah nusantara. Mereka mulai menanam biji bijian dan lain-lain dan saat itu tanaman mereka sangat tumbuh subur dan menghasilkan keuntungan lalu mereka mengembangkan cara becocok tanam hingga menjadi beras dan mulai menjadi makanan pokok karena hal ini tanaman padi sangat cocok terhadap cuaca panas dan dingin.

Nasi dibawa oleh ras Indica ke sebelah selatan Sri lanka (sebelum 543 SM) lalu oleh kepulauan melayu, pulau pulau yang terdapat di Indonesia pada tahun 2000 dan 1400 SM dan oleh pesisir cina selatan.

Manfaat Mengkonsumsi Cokelat dan Nasi

Cokelat memiliki manfaat yang beragam yakni ada:
1. Cokelat mempunyai antioksidan kuat yang berfungsi untuk mengatasi penuaan ataupun mellindungi kulit dari dalam karena pancaran radiasi/ isnar UV.

2. Terdapat kandungan theobromine yang berfungsi untuk menenangkan perasaan tenang dan meringankan gejala sakit tenggorokan.

3. Kafein yang terdapat berguna untuk menjaga tubuh segar dan bugar.

4. Phenethyylamine yang berguna untuk memunculkan perasaan yang senang. Lalu ada asam lemak tak jenuh / asam oleat yg terdapat di minyak zaitun fungsi asam lemak ini memberikan efek positif bagi kesehatan jantung.

5. Antioksidan didalamnya yg baik untuk tubuh, cokelat juga berfungsi sebagai pencegahan kanker, dapat mencegah maupun melawan kanker.

6. Cokelat juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, menghilangkan stress.
Nasi juga memiliki manfaat diantaranya mengurangi kolesterol, dapat memengurangi tekanan stroke, serangan jantung dan diabetes tingkat dua.

Dampak Mengonsumsi Secara Tepat

1. Mengkonsumsi atau menggunakan cokelat dan nasi secara berlebihan sangat tidak tepat karena akan menimbulkan diabetes yang tidak menyehatkan.

2. Dalam cokelat dan nasi dapat menjadikan obat depresi, karena jika kita lelah dan tidak semangat cokelat sangat ampuh untuk kita komsumsi.

3. Cokelat dan nasi sangat tepat untuk menjaga tulang dan memperkuat tulang karena mengandung asam amino dan antioksidan yang baik untuk tulang .

4. Cokelat dan nasi dapat meningkatkan produksi asi pada ibu yang menyusui.

5. Cokelat dan nasi dapat mencegah kanker karena zat antioksidan didalam cokelat dan nasi ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dapat tubuh. 

Tips Untuk Bisa Mengonsumsi Coklat dan Nasi

Berikut tips untuk mengkonsumsi keduanya :
1. Jika mengkonsumsi keduanya atau salah satu nya lebih tepat untuk tidak mengkonsumsinya pada waktu malam haru. Karena cokelat dan nasi jika dimakan pada saat waku malam hari dapat menimbulkan kerusakan pada gigi maupun dapat menyebabkan obesitas.

2. Mengurangi glukosa pada cokelat dan nasi sangat perlu maka dari itu mengkonsumsi nya ini sangatlah dianjurkan untuk mengkonsumsinya minimal sehari sekali atau dua kali. Kalau cokelat baik dikonsumsi dengan minimal sebulan 4 kali.

Penulis: Putri Nur Aini
Editor: Admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel