Iklan Responsif

Galaksi Andromeda atau Bima Sakti yang Tercantik?

Galaksi Andromeda atau Bima Sakti 

Galaksi Andromeda atau Bima Sakti

Definisi Galaksi 

Perlu kalian ketahui ya sobat, galaksi tempat kita tinggal itu adalah sebuah galaksi yang bernama Bimasakti. Galaksi itu sebuah kumpulan bintang dan benda-benda luar angkasa yang menjadi satu dan tersusun secara teratur.

Bagi kalian yang awam dengan kata galaksi ini, bisa ditarik kesimpulan bahwa galaksi itu seperti kompleks perumahan. Galaksi Bimasakti adalah sebuah komples perumahan yang terdiri dari planet Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus.

Biasanyakan kalau komples perumahan tidak mungkin hanya ada satu disetiap kota, begitu pula galaksi. Selain galaksi Bimasakti, ada galaksi lain yang terbentuk dekat dengan galaksi kita. Sebuah galaksi yang terletak paling dekat dengan bumi, dan juga terdapat banyak rasi bintang di dalamnya.

Sudah pahamkan tentang galaksi dan perumpamaannya. Cusss kita langsung membahas tentang galaksi Bimasakti dan Andromeda, di antara keduanya mana yang lebih cantik?

Apa itu Galaksi Bimasakti

Untuk kalian yang belum pernah mendengar istilah Milky Way Galaxy disini saya akan menjelaskannya. Milky Way Galaxy biasanya disebut dengan galaksi Bimasakti. Disebut dengan Milky Way Galaxy karena berwarna seperti susu dan bentuknya spriral. Milky Way Galaxy ini memiliki makna yang di ambil dari bahasa yunani, via lactea.

So, galaksi yang kita tinggali sekarang ini itu bernama galaksi Bimasakti atau Milky Way Galaxy. Galaksi Bimasakti tersusun atas bintang(matahari), planet, asteroid, bulan dan benda langit lainnya. Kemudian galaksi akan membentuk suatu system dan terkait dengan adanya gravitasi yang sama.

Pola galaksi Bimasakti bergerak adalah memutar atau spinning untuk berjalan mengelilingi seluruh jagad raya. Dengan adanya pergerakan ini para ilmuan mememukan sebuah fakta. Galaksi Bimasakti diprediksi akan bertabrakan dengan galaksi Andromeda.

Perkiraan kejadian ini akan terjadi 4 milyar tahun kedepan. Ketika matahari mengalami evolusi dan membesar menjadi bintang merah besar dan bumi sudah tidak dapat ditempati lagi.

Galaksi Bimasakti memiliki dua lengan, yaitu dua lengan utama (major arms) dan dua lengan minor (minor arms). Bentuk galaksi Bimasakti yang spiral menjadikannya memiliki dua lengan tersebut karena letak tata surya terdapat di salah satu lengan minor yang bernama orion yang terletak diantara lengan utama preseus dan lengan sagitarius.

Jika satu detik cahaya sama dengan 300,000 kilometer, maka galaksi bima sakti memiliki 100,000 tahun cahaya yang tebalnya 1.000 tahun cahaya. Waaaaaaaaw…… besar sekali bukan… Dan di pusat galaksi Bimasakti  juga terdapat lubnag hitam (black hole) yang biasanya disebut dengan istilah “supermassive black hole”.

Apa saja keunikan yang dimiliki galaksi Bimasakti

Faktanya setiap benda pasti akan memiliki keunikannya sendiri. Hal itu juga berlaku pada galaksi. Galaksi Bimasakti memiliki beberapa keunikan, yaitu:
1. Terdapatnya sekitar 100 milyar planet yang ada di galaksi Bimasakti, tapi hanya ada 8 planet saja yang memiliki jalur orbit.

2. Terdapat sekitar 200-400 milyar bintang yang memadati pusat galaksi Bimasakti, sehingga bagian pusat tengah galaksi nampak lebih terang dari bagian yang terluar.

3. Membutuhkan waktu 200 juta tahun untuk melakukan sekali rotasi dengan kecepatan 270 per detik.

4. Memiliki supermassive balck hole yang punya energy cukup besar.

5. Banyaknya debu dan gas yang ada pada galaksi Bimasakti.

6. Bintang dan debu yang mengitari galaksi bimasakti memiliki kecepatan 220 kilometer perdetik.

7. Diperkirakan galaksi Bimasakti memiliki usia 13,6 milyar tahun.

8. Munculnya perkiraan tabrakan besar antara galaksi Andromeda dan galaksi Bimasakti yang hanya berjarak 2 juta tahun cahaya.

9. Galaksi Bimasakti termasuk salah satu kelompok galaksi yang sangat besar, yaitu kelompok supercluster laniakea.

10. Jarak matahari yang terletak di lengan minor orion dengan pusat galaksi diperkirakan sama seperti 27.700 tahun cahaya.

11. Milkomeda, sebuah istilah untuk perkiraan terjadinya tabrakan besar antara galaksi Bimasakti dengan galaksi Andromeda yang akan terjadi 4 milyar tahun ke depan.

12. Memiliki 4 lengan, yaitu lengan perseus, lengan sagitarius, lengan norma, lengan scutum-Crux dan memiliki lengan yang kecil yaitu, lengan orion dan Cygnus.

13. Kecepatan yang dimiliki seluruh bagian dalam galaksi bima sakti adalah 600 kilometer perdetik terhadap kerangka acuan extraggalatic.

14. Galaksi Bimasakti memiliki aliran yang dapat memotong dan menyimpan piringan galaksi. Seperti GD 1, polomar 5 dan orphan. Masing-masing memiliki jarak 13,00 sampai 130,000 tahun cahaya dari bumi.

15. Para astronom menyimpulkan bahwa galaksi Bimasakti telah mengkonsumsi beberapa galaksi yang jauh lebih kecil, seperti awan Magellan besar dan kecil. Dan kemungkinan juga telah mengkonsumsi sisa-sisa cluster bintang tua yang terlepas oleh gravitasinya.

Itulah keunikan yang dimiliki oleh galaksi bimasakti. Banyak juga yaaa..bagaimana dengan galaksi Andromeda?

Apa itu Messier 31

Galaksi Andromeda memiliki nama lain yang unik lo guys, salah satu nama lain dari galaksi Andromeda adalah Messier 31. Tidak hanya itu, nama lain galaksi ini ada NGC 224, UGC 454 dan PGC 2557.

Jarak galaksi Andromeda dengan bumi hanya sekitar 780 kilopersec (2,5 juta tahun cahaya) dan merupakan salah satu galaksi yang dapat dilihat dengan mata telanjang pada malam yang cerah, tanpa bulan dan tanpa polusi cahaya.

Jika cuaca dan lokasi sangat memungkinkan maka galaksi spiral ini akan terlihat dari bumi, maka langsung tanpa ada alat pembantu apapun. Struktur galaksi Andromeda hampir sama dengan galaksi Bimasakti, berbentuk spiral.

Terletak dilangit belahan utara, sekitar 41 derajat di sebelah utara khatulistiwa langit. Galaksi Andromeda dapat dilihat langsung pada saat bulan September, Oktober, dan November. Jika dilihat langsung galaksi Andromeda akan terlihat seperti kabut tipis kecil dilangit utara. Berbeda jika kita mengamatinya dengan teropong, maka akan terlihat bintang-bintang redup ditepian galaksi Andromeda.

Dan ternyata ukurannya dapat lebih dari 7 kali diameter sudut bulan, memiliki 1 triliun bintang yang bergerak dengan kecepatan 300 km/detik mendekati bumi. Waaaaaaah, sungguh besar juga yaaa galaksi Andromeda ini.

Gimana sobat sudah punya pilihan, antara galaksi Bimasakti dan Andromeda. Siapa yang paling indah?  Tapi jangan lupa guys, kita belum membahas keunikan yang dimiliki galaksi Andromeda. Mari simak infonya….

Apa aja sih keunikan dari Messier 31

1. Dikenal dengan Messier 31, nama tersebut didapat dari astronom prancis Charles Messier yang mengatalogikan galaksi ini.

2. Dinamai secara resmi setelah Constellation Andromeda, jika kita melihat ke langit utara di antara asterisme “W” Cassiopeia dan rasi Pegasus, maka kita akan menemukan rasi Andromeda. Pola bintang ini diberi nama sesuai dengan tokoh mitologi  yunani yaitu, putri Andromeda, istri pahlawan yunani perseus.

3. Lebih besar dari galaksi Bimasakti

4. Bintang satu triliun

5. Memiliki inti ganda, inti pertama dikenal sebagai P1 dan inti kedua dikenal P2/ namun beberapa astronom beranggapan bahwa nucleus tidak benar-benar ada dua. Hanya bagian satu kelompok bintang miring yang mengorbit lubang hitam supermasif.

6. Akan bertabrakan dengan galaksi Bimasakti.

7. Besaran 3,4, galaksi Andromeda memiliki magnitude yang sangat terang.

8. Dikelilingi dengan lubang hitam, galaksi Andromeda terkenal memiliki banyak lubang hitam. Pertama ditemukan memiliki 9 lubang hitam, pada tahun 2013 menjadi 35.

9. 450 cluster globular, globular sendiri merupakan kumpulan koleksi bintang kuno yang padat dan berisi ratusan bahkan jutaan bintang.

10. Andromeda bukan nebula, karena nebula merupakan awan besar gas, debu, hydrogen, helium, dan plasma, dan tempat dimana bintang-bintang dilahirkan. Hal ini membuktikan bahwa Andromeda merupakan galaksi bukan nebula seperti yang ditemukan sebelumnya.

Nah, guys kalian sudah tahukan apa itu milky way galaxy dan keunikannya serta Messier 31 dan keunikannya. Galaksi Bimasakti memang memiliki banyak keunikan. Tapi galaksi Andromeda lebih banyak warnanya.

Tak penting siapa yang paling cantik. Yang terpenting kita harus menjaga galaksi kita dulu guys, dengan cara kita tetap merawat bumi. Sayangi bumi, jangan merusak ekosistem dibumi. Dan lestarikan alam yang ada dibumi, agar bumi yang semakin tua tidak menjadi gersang diumurnya yang semakin tua.

Penulis: Novia Ayu Rua Indah
Editor: Admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel