Iklan Responsif

Unta, Hewan Gurun Pasir yang Istimewa

Unta, Hewan Gurun Pasir

Habitat Unta, Hewan Gurun Pasir

Halo sahabat! Bagaimana kabarnya hari ini? Besar harapan semoga sababat semuanya selalu dalam keadaan sehat. Artikel kali ini akan membahas tentang keistimewaan dari hewan unta.

Tentunya sahabat sudah pada tau ya seperti apa hewan unta itu, karena hewan tersebut sering kita jumpai baik di Kebun Binatang maupun di Taman Safari. Ternyata hewan unta memiliki banyak keistimewaan loh sahabat, mau tau apa aja keistimewaan dari hewan unta? Baiklah yuk kita bahas.

Definisi Unta

Unta adalah hewan yang mempunyai nama latin Camelus. Unta rata-rata umurnya bisa mencapai 25-50 tahun. Hewan ini dapat ditemukan di kawasan Asia dan juga Afrika bagian utara.

Habitat Unta

Habitat hewan unta adalah di gurun pasir. Gurun pasir merupakan hamparan luas tiada bertepi dengan suhu begitu panas dan terdapat badai pasir yang mampu menggulung apa saja disekelilingnya, serta dapat mengakibatkan gangguan pernafasan. Unta dapat bertahan hidup di gurun pasir dengan suhu yang begitu panas mencapai lima puluh derajat celcius. Tetapi unta juga bisa hidup di daerah dimana hewan mamalia biasanya berada.

Keistimewaan Unta

Unta adalah hewan ciptaan Allah SWT yang begitu istimewa. Unta memang bukan hewan yang tergolong indah. Unta juga bukan hewan yang dapat berlari kencang layaknya harimau ataupun kuda. Bukan hewan sebesar gajah.

Dan bukan pula hewan berkulit tebal layaknya badak. Namun, unta adalah hewan yang memiliki kekuatan fisik luar biasa.  Banyak ayat Al-qur’an yang membahas mengenai hewan unta.

Seperti pada ayat berikut ini.

اَفَلَا يَنۡظُرُوۡنَ اِلَى الۡاِ بِلِ كَيۡفَ خُلِقَتۡ

Artinya : “Makatidakkahmerekamemperhatikanunta, bagaimanadiciptakan?” (Q.S. Al-Ghasyiyah/88:17)

Pada ayat tersebut kita sebagai manusia dituntut untuk berfikir kritis dan mengalisa bagaimana hewan unta diciptakan oleh Allah SWT sehingga mampu bertahan hidup didaerah yang gurun yang begitu ekstrim? Pasti penasaran kan? Yuk kita cari tahu jawabannya!

Ciri Khusus Unta

Unta adalah salah satu hewan yang mempunyai ciri khusus untuk beradaptasi dengan habitatnya. Ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh unta inilah yang membuatnya mampu bertahan hidup di daerah yang panas dan gersang atau yang biasa disebut dengan gurun pasir.

Apa saja sih ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh unta?
1. Unta mempunyai gundukan di punggungnya yang disebut punuk. Punuk berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan berupa lemak dan air. Unta mampu mengonsumsi air hinga 100 liter dalam sekali minum. Dan mampu menampung makanan hingga 50 kilogram. Itulah sebabnya unta dapat bertahan hidup selama 8 hari tanpa makan dan minum.

2. Unta memiliki bulu mata yang anti badai, karena bulu mata unta tebal dan berfungsi untuk melindungi mata unta dari debu dan pasir yang ada di gurun.

3. Mempunyai rambut yang tebal pada tubuhnya yang berfungsi untuk menjaga suhu tubuh.

4. Telapak kaki unta mempunyai bantalan yang tebal dan kasar, yang membuatnya mampu berjalan dengan jarak yang jauh di daerah gurun pasir.

5. Unta sedikit mengeluarkan keringat, untuk mengurangi pengeluaran cairan pada tubuhnya.

6. Mempunyai telinga yang kecil dan tertutup oleh bulu, namun pendengarannya begitu tajam, tujuannya adalah mencegah masuknya debu atau pasir ke telinga.

7. Mempunyai bibir yang tebal yang berfungsi untuk mencari air di daerah gurun pasir.

8. Mempunyai selaput lendir yang banyak pada hidung yang berfungsi untuk menyerap kelembapan udara.

Manfaat Unta

Selain ciri-ciri khusus yang dimiliki unta, ternyata unta juga merupakan hewan dengan berjuta manfaat bagi manusia karena kelebihan yang dimilikinya. Unta dapat menjadi kendaraan utama bagi penduduk Arab.

Seperti pada zaman Rosulullah SAW, para sahabat, dan khalifah-khalifah pengganti Rosulullah. Unta dijadikan kendaraan perang maupun kendaraan dalam berhijrah. Selain sebagai kendaraan, unta juga dapat dimanfaatkan dagingnya sebagai makanan.

Itulah pembahasan mengenai keistimewaan yang dimiliki oleh hewan unta. Semoga artikel kali ini bermanfaat ya sahabat. Sampai jumpa kembali!

Penulis: Nabila Retno Pratiwi
Editor: Admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel