Iklan Responsif

Mengapa Jari Tangan dan Kaki Berkeriput Setelah Lama Dalam Air?

Jari Keriput

Jari Keriput

Assalamualaikum kakak-kakakku Semua? Bagaimana kabarnya? Pastinya kakak semua baik dan bahagiakan? karena kali ini kita akan mengulas hal yang menarik tentang jari tangan dan kaki yang berkeriput karena terlalu lama di dalam air.

Di sini pasti kakak-kakak semua pernah berenangkan? Kalau nggak gitu mandi deh? Pasti pernahlah, masak iya nggak pernah mandi hehe. Jika kalian terlalu lama berenang atau mandi pasti jari tangan dan kaki kalian menjadi berkeriput, kira-kira kenapa ya?

Padahal saat berenang semua tubuh kita juga berada di dalam air, tapi kenapa yang berkeriput cuma jari tangan dan kakinya saja? Walaupun jari keriput tidak bertahan lama dan sering kali diabaikan karena sudah biasa terjadi, tapi pasti kalian juga penasarankan mengapa itu bisa terjadi? Yuk simak penjelasannya!

Apa Sebab Jari Tangan dan Kaki Berkeriput Setelah Lama di Dalam Air?

Jari tangan dan kaki yang berkeriput akibat lama di dalam air merupakan kejadian yang normal. Banyak yang mengira hal tersebut terjadi karena kulit tangan dan kaki kita membengkak dan menyerap air, menurut mereka hal itulah yang menyebaban kulit menjadi mengeriput.

Ada juga yang menjelaskan bahwa jari tangan dan kaki berkeriput karena proses osmosis (proses dimana air yang berpindah akan menarik beberapa senyawa dari dalam kulit, dan akan meninggalkan lapisan kulit sehingga menjadi kering dan berkeriput).

Namun, penjelasan itu kurang benar. Sebab apabila terjadi proses osmosis seluruh badan juga akan berkeriput bukan hanya jari saja, karena seluruh badan kita juga terkena dan berada di dalam air.

Penyebab jari tangan dan kaki berkeriput akibat terkena air adalah karena Adanya Respon Dari Syaraf Simpatik. System syaraflah yang menjadikan jari tangan dan kaki kita berkeriput. Lebih tepatnya adalah system syaraf simpatik.

System syaraf simpatik adalah bagain dari system syaraf pusat yang bertugas untuk merespon dalam tubuh dan mengontrol denyut jantung dan tekanan darah. Yang membuat jari-jari berkeriput ini karena pembuluh darah tepi yang berada pada tubuh kita menegang saat system syaraf simpatik mengalihkan darah ke pusat tubuh, organ dan otot.

Saat syaraf simpatik aktif, jari-jari akan mengeriput, karena pembuluh darah pada jari kita akan menyempit dan akan membatasi aliran darah yang akan menuju ke jari tangan dan kaki.

Selain terlalu lama terkena air banyak juga penyebab jari-jari kita menjadi berkeriput, kira-kira apa saja ya? Yuk kita bahas.

Apa Penyebab Lain dari jari-jari yang berkeriput ?

Ada beberapa faktor yang membuat jari tangan maupun kaki kita berkeriput. selain karena terlalu lama terkena air, ada 5 faktor yang membuat jari kita berkeriput, antara lain :
1. Dehidrasi
Ketika seseorang mengalami dehidrasi (kurang mengkonsumsi air minum), maka kulit akan hilang elastisitasnya dan akan menjadi layu. Dehidrasi akan membuat kulit menjadi kering. Selain itu, dehidrasi juga menjadikan mulut kering, sakit kepala, bingung atau mudah marah dan urun kunung gelap.

2. Diabetes
Diabetes berpengaruh pada fungsi tubuh yang mengontrol kadar gula darah. Kadar gula yang tinggi akan menyebabkan jari tangan dan kaki menjadi berkeriput. Kadar gula yang tinggi akan merusak kelenjar keringat dan keringat yang kurang akan menyebabkan kekeringan. Selain itu, diabetes juga menjadikan kulit mengalami infeksi bakteri, infeksi jamur, dan lain sebagainya.

3. Eksim
Eksim bisa menjadikan kulit menjadi kering dan menyebabkan berkerut, hat itu disebabkan karena adanya peradangan kulit, gatal, ruam dan kemerahan. Eksim yang berkepanjangan akan menyebabkan kulit merah dan kering yang bisa membengkak dan gatal.

4. Penyakit Raynaud
Penyakit Raynaud terjadi pada seseorang yang terkena dingin ekstrem, dan akan menyebabkan jari-jati menjadi putih, atau biru dalam dingin, kesemutan dan mati rasa.

5. Gangguan Tiroid
Seseorang yang mempunyai gangguan tiroid akan memiliki jari yang berkerut serta ruam kulit. Hal ini terjadi karena lambatnya metabolisme dan menurunkan suhu tubuh. Saat suhu tubuh turun, pembuluh darah yang ada pada jari-jari akan menyempit karena mencegah panas. Hal itulah yang menyebabkan kulit berkerut.

Bagaimana Solusi Mengatasi Hal-Hal Diatas Agar Jari Tidak Berkerut?

Jari-jari yang berkerut jika terlalu lama terkena air merupakan hal yang wajar saja terjadi, jari yang berkerut akibayt halite tidak akan bertahan lama dan akan mudah pulih.

Namun, jika jari-jari berkeriput akibat hal lain seperti dehidrasi, diabetes, eksim, penyakit Raynaud, ataupun gangguan tiroid, kita perlu mencari solusinya agar tidak semakin parah.

Siapapun yang mengalami dehidrasi sangat perlu mengganti elektrolit yang hilang dengan beberapa produk yang disarankan oleh apoteker. Selanjutnya untuk penyakit diabetes bisa diatasi dengan mengatur pola makan, olahraga teratur, hal itu akan membantu mengontrol gula darah.

Selain itu ada eksim, cara mengatasi eksim adalah dengan menghindari hal-hal yang memicu terjadinya eksim (jamur, bulu hewan, udara dingin dan kering, kain yang kasar dan pewangi), Jangan cuci tangan atau mandi air panas, gunakan sabun yang lembut, jangan mengeringkan tangan dengan menggosok-gosok.

Penyebab lainnya adalah penyakit Raynaud, tidak ada obat untuk penyakit ini. Cara mengatasi penyakit ini dengan mengurangi tingkat stress dan memastikan tubuh agar tetap dingin.

Yang terakhir adalah gangguan tiroid, gangguan tersebut bisa diatasi dengan memberi obat-obatan, terapi, dan operasi. Obat-obatan yang diberikan biasanya berbeda-beda sesuai dengan penyakit tiroid yang dialami.

Apakah Jari Tangan dan Kaki Yang Berkeriput Akibat Terkena Air itu Berbahaya?

Jari tangan dan kaki yang berkeriput akibat terlalu lama dalam air merupakan hal yang sangat normal dialami oleh setiap manusia. Kondisi jari tangan dan kaki yang berkeriput bukanlah suatu penyakit. Hal tersebut tidak ada masalahnya dengan kesehatan. Bahkan keadaan jari yang mengeriput akan memberikan manfaat untuk kita.

Dengan keadaan jari tangan yang berkeriput akan membantu kita untuk melakukan beberapa tugas. Seperti menggenggam barang yang berada di dalam air. Keriput yang ada dalam tangan berfungsi sebagai perekat saat membawa barang. Sehingga barang tersebut tidak mudah lepas.

Dengan keadaan jari kaki yang berkeriput juga bermanfaat untuk kita saat berjalan pada kolam renang. Jari pada kaki yang berkeriput akan membantu kita agar tidak mudah terpeleset atau tetap dalam kondisi seimbang apabila berada di dalam air. Bahkan saat memanjat didalam air akan sangat berguna.

Tips Menghilangkan Keriput Pada Jari

1. Bisa menggunakan minyak zaitun yang dioleskan pada tangan ataupun kali.
2. Dengan menggunakan daging pada buah tomat yang dihancurkan.
3. Dengan campuran kentang dan bengkuang yang dihaluskan.
4. Menggunakan potongan mentimun yang akan diletakkan pada tangan.
5. Menggunakan minyak kelapa yang dioleskan.
6. Dengan beras yang dihaluskan.
7. Menggunakan buah pisang yang dihancukan.

Sekian apa yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang saya paparkan ini bisa bermanfaat dan bisa membantu kita semua. Amin Ya Robbal Alamin. Sampai ketemu di artikel selanjutnya ya kakak-kakak. Wassalamualaikum.

Penulis: Milatut Thoyibah
Editor: Admin



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel