Laporan Praktikum Kepekaan Indera Pendengar Manusia (Praktikum IPA di SD)

Laporan Praktikum
Kepekaan Indera Pendengar Manusia

Laporan Praktikum Kepekaan Indera Pendengar Manusia (Praktikum IPA di SD)

A. Tujuan

Untuk mengetahui kepekaan indera pendengaran seseorang

B. Alat dan Bahan

  1. Dua sendok makan
  2. Dua Mangkok
  3. Sapu Tangan dan Kapas

Laporan Praktikum Kepekaan Indera Pendengar Manusia

C. Cara Kerja

a. Tutuplah matamu dengan sapu tangan.
b. Kedua teman yang lain masing-masing memegang sendok dan mangkok. Tentukan jarak antar temanmu yang ditutup matanya dengan anda yang memegang sendok dan mangkok, misalnya pertama 1m, kemudian 2m dan seterusnya.
c. Setelah siap, anda akan ditutup matanya memberi aba-aba agar teman yang memegang sendok mengetukkan sendok pada mangkok secara bergantian. Dapatkah anda mendengar bunyi yang dihasilkan? Dapatkah anda mendengar dengan lebih naik?
d. Kemudian, sumbatlah telinga kanan dan kiri secara bergantian dengan kapas. Dapatkah anda mendengar dengan jelas? Telinga mana yang dapat mendengar dengan baik?
e. Selanjutnya bergantian dengan teman anda. Ulangi kegiatan sepserti yang anda lakukan sebanyak empat kali lagi, ujilah kemampuan telinga teman anda.
f. Hasil observasi anda kemudian masukkan ke dalam table 6.1.

D. Hasil Percobaan


Tabel 6.1 Kepekaan Indera Pendengar Manusia

Laporan Praktikum Kepekaan Indera Pendengar Manusia (Praktikum IPA di SD)

E. Pembahasan

Dari percobaan di atas menunjukkan bahwa kemampuan untuk mendengar antara telingakanan dengan telinga kiri terdapat perbedaan atau ketidaksamaan. Dengan mata tertutup, pada jarak 1m antara telinga kanan dengan telinga kiri masih terdapat kesamaan dapatmendengar jelas. Akan tetapi pada jarak 3m sampai dengan 9m, terdapat perbedaan yangmana telinga kanan masih mampu mendengar suara/bunyi dengan jelas. 

Berbeda dengantelinga kiri pada jarak tersebut, suara/bunyi terdengar kurang jelas/samar. Begitu pula jika salah satu telinga kita ditutup dengan kapas maka bunyi/suara masih bisa terdengar meskipun tidak sejelas apabila kedua mata ditutup dengan sapu tangan. 

Untuk telinga kanan jika telinga kapas yang ditutup dengan kapas, suara/bunyi masih dapat terdengar dengan jelas/lebih baik dari kejauhan dibandingkan jika telinga kiri yang dibuka dan telinga kanan ditutup dengan kapas, bunyi yang dihasilkan dari kejauhan terdengar samar-samar. Dengan demikian menunjukkan bahwa telinga kanan memiliki kepekaan terhadap rangsang atau kemampuan mendengar lebih baik, jika dibandingkan dengan telinga kiri.

F. Kesimpulan

Berdasarkan hasil percobaan dapat disimpulkan bahwa kita masih dapat mendengar bunyi pada jarak 1 meter, 3 meter, bahkan sampai 9 meter karena bunyi merambat melalui udara.Kemampuan mendengar pada setiap orang tidak sama/berbeda. Begitu juga, kepekaan antara telinga kanan dengan telinga kiri terhadap rangsang berupa bunyi/suara terdapat perbedaanatau ketidaksamaan. Kuat lemahnya bunyi juga tergantung pada banyaknya sel penerima yang mengirim impuls ke otak

Referensi:

Rumanta, M. (2019). Praktikum IPA di SD. Jakarta: PT. Prata Sejati Mandiri.

Semoga postingan Laporan Praktikum Kepekaan Indera Pendengar Manusia (Praktikum IPA di SD) ini bisa memberi manfaat. Amiin YRA.

Penulis: Masluchah (S1 PGSD UT-POKJAR Jombang)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel