Iklan Responsif

Hasil Semester Genap 2018/2019

Semester ini telah tiba saatnya mengunggah nilai mahasiswa untuk empat kelas yang telah diamanahkan kepada saya. Hasilnya secara pribadi saya sangat puas.

Untuk semester ini mata kuliah yang saya ampu adalah Energi dalam Kehidupan, Psikologi Perkembangan, dan IPA MI. Kemarin sudah saya sahkan di siakad.

Hasil Kuliah Semester Genap 2018/2019

Evaluasi yang saya pakai adalah pendekatan mastery learning. Saya memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperbaiki nilai yang dirasa masih belum bisa mencapai target. Ya sedikit kerja ekstras ternyata bagi dosennya dan mahasiswanya.

Berikut ini sajikan nilai untuk hasil MK Energi dalam Kehidupan. Untuk mahasiswa ybs silahkan dicek di siakad masing-masing ya.



Berikut ini sajikan nilai untuk hasil MK Psikologi Perkembangan. Untuk mahasiswa ybs silahkan dicek di siakad masing-masing ya.


Berikut ini sajikan nilai untuk hasil MK IPA MI Kelas B. Untuk mahasiswa ybs silahkan dicek di siakad masing-masing ya.

Berikut ini sajikan nilai untuk hasil MK IPA MI Kelas C. Untuk mahasiswa ybs silahkan dicek di siakad masing-masing ya.
Temuan dari pendekatan mastery learning yang saya terapkan adalah tidak semua mahasiswa mau melakukan remidial. Saya coba telusuri karena berbagai alasan antara lain: tidak ada banyak waktu karena banyak tugas, remidialnya berat, sudah merasa cukup dengan nilai yang didapat, dll.

Inovasi semester ini adalah mahasiswa mendapat tugas membuat artikel 500-1000 kata yang original dan relevan dengan MK yang sedang diambil. Banyak artikel mahasiswa telah dimuat di ilmiahku.com.

Tidak semua mahasiswa merespon positif. Tapi sebagai pendidik, saya tidak pernah putus asa untuk membudayakan menulis dan membaca. Karena disadari atau tidak, mahasiswa zaman sekarang (meski tidak semua) memiliki minat tinggi tapi daya rendah dalam literasi.

Mahasiswa lebih suka melihat drama korea atau video-video yang tidak berfaedah di chanel youtube daripada mengikuti kajian atau membaca referensi buku-buku standar. Kecuali memang ada tugas dari dosen, pasti akan rajin membaca (tidak semua). Ada juga yang sering saya temui di perpustakaan mahasiswa yang masih aktif meminjam buku untuk referensi tugas kuliah mereka atau sekedar untuk bacaan di rumah.

Semoga para calon sarjana guru ini bisa memiliki budaya membaca dan menulis yang tinggi agar bisa menghasilkan karya-karya kreatif dan mencetak generasi bangsa Indonesia yang  inovatif, berbudi luhur dan memiliki akhlak mulia.

Semoga bermanfaat ilmu yang kita miliki ini. Salam literasi dan jangan lupa bahagia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel