Iklan Responsif

Apa Itu Kanker Serviks?

Kanker Serviks

Salam horas! Pernahkah kalian mendengar penyakit kanker serviks? Kalian pasti sudah tau kan, kalau serviks adalah organ yang didalam vagina dan merupakan aset yang dimiliki setiap wanita. 

Jika fungsi vagina terganggu oleh sel kanker atau penyakit yang lain, maka bagian tersebut tidak akan berfungsi secara optimal dan yang lebih parah, bisa menimbulkan kematian. Serem banget kan? Kalau penasaran, mari baca tulisan ini. 

Kanker Serviks

Pengertian Kanker

Kanker adalah sel jaringan pada tubuh yang tumbuh secara tidak terkontrol yang kemudian menjadi sel kanker. penyakit kanker dapat merusak jaringan tubuh, dapat menimpa semua orang dan tanpa memandang usia.Penyakit kanker pada awalnya tidak dirasakan oleh penderitanya, tetapi jika penyakit tersebut sudah mulai dirasakan oleh penderitanya, maka penyakit kanker tersebut sudah memasuki tahap lanjutan, yang dapat dikatakan akut atau sulit disembuhkan. 

Di Indonesia sendiri, penyakit kanker adalah penyakit nomer satu untuk jenis penyakit yang mematikan. Kanker serviks adalah penyakit kanker yang paling banyak dialami oleh orang Indonesia, khususnya wanita.

Apa Yang Dimaksud Dengan Kanker Serviks?

Kanker serviks adalah sel kanker yang tumbuh tidak terkendali didaerah serviks atau leher rahim. Serviks atau yang biasa disebut leher rahim adalah organ yang berada pada vagina yang berfungsi untuk menghubungkan vagina dan rahim. Jenis kanker terbesar yang dialami oleh wanita di duni adalah kanker serviks. Jika sel kanker tersebut dibiarkan, maka Sel kanker yang telah tumbuh pada serviks akan menyebar ke organ lain dan sukar untuk disembuhkan.

Penyebab Munculnya Kanker Serviks

Berikut ini adalah penyebab munculnya kanker serviks yang harus anda ketahui.
1. Virus HPV. HPV merupakan kepanjangan dari human papillomavirus adalah virus yang disebabkan akibat hubungan seks yang tidak sehat.
2. Kebiasaan merokok. Kandungan zat kimia yang terdapat pada putung rokok dapat membahayakan tubuh. Seorang perokok memiliki resiko dua kali lebih besar terkena kanker serviks daripada orang yang tidak merokok.
3. Pola makan yang tidak sehat. Orang yang gemar makan makanan yang tidak sehat seperti junkfood atau makan makanan yang  banyak mengandung bahan pengawet juga dapat terkena kanker serviks.
4. Mengunakan pil KB dalam jangka waktu yang panjang. Seseorang yang menggunakan pil KB lebih dari lima tahun memiliki resiko terkena kanker serviks yang tinggi. Penggunaan pil KB jenis IUD memiliki resiko lebih rendah terkena kanker serviks.
5. Faktor keturunan. Seseorang yang memiliki garis keturunan pernah terkena penyakit kanker memiliki resiko yang sangat rentan untuk terkena penyakit kanker serviks dibandingkan seseorang yang tidak punya keturunan penyakit kanker serviks.


Tanda-Tanda Munculnya Penyakit Kanker Serviks

Pada awal mulanya, tanda kemunculan kanker serviks jarang dirasakan oleh penderitanya, karena kanker serviks tidak menunjukan gejala. kanker mulai terasa ketika sudah terbentuk dengan benjolan yang akan tumbuh dengan cepat. Dibawah ini adalah beberapa pertanda kanker seviks yang harus anda ketahui.

1. Terjadi Pendaharahan di vagina yang tidak normal. seperti menstruasi yang lebih lama, pendarahan ketika berhubungan seksual, pendarahan ketika menopouse, pendarahan bukan karena haid.
2. Terjadi nyeri didaerah sekitar vagina. Misalnya nyeri di bagian panggul atau perut bagian bawah, nyeri saat berhubungan seksual, nyeri di pinggang.
3. Cairan Keputihan yang berwarna pekat, berbau menyengat dan terasa gatal di area vagina.
4. Jumlah berat badan yang semakin menurun.

Jika hal diatas terus menerus terjadi, maka segera periksakan ke dokter. Agar dapat dipastikan apakah itu gejala dari kanker serviks atau bukan. Apabila gejala diatas adalah kanker serviks, maka akan terjadi perkembangan lanjutan yang biasa disebut dengan stadium. Berikut adalah kanker yang sudah mencapai tahap stadium.

1. Stadium 1. Ukuran kanker stadium 1 awal masih berukuran kecil, lebarnya kurang dari 7mm. Lebih lanjutnya, sel kanker tumbuh dengan lebar lebih dari 7mm sampai 4cm.

2. Stadium 2. Pada stadium ini sel kanker mulai tumbuh di bagian atas organ vagina jika sampai ke stadium 2 akhir, maka kanker telah tumbuh hingga menyebar ke samping leher rahim.

3. Stadium 3. Pada stadium 3 awal, se kanker telah menyebar hingga sepertiga bagian bawah vagina. jika lanjut ke stadium 3 akhir, maka se kanker telah menyebar hingga kelenjar getah bening yang berada di panggul.

4. Stadium 4. Pada stadium ke-4 ini adalah paling akut yang sukar untuk disembuhkan. Bahkan usia harapan hidupnya hanya beberapa persen saja. Pada stadium ini sel kanker sudah banyak menyebar ke bagian organ lain. seperti paru-paru dan hati, pada stadium ini juga, si penderita mengalami gejala seperti kebocoran urine dan feses dari organ vagina, kaki yang membengkak.

Metode Pengobatan Penyakit Kanker Serviks

1. Operasi
a. Radical Trachelectomy. Jaringan pada vagina yang mulai diangkat. Dalam operasi ini, si penderita masih memiliki kemungkinan untuk memiliki anak dan melahirkan.
b. Histerektomi. Jenis operasi yang mengangkat serviks dan rahim. Dalam operasi ini, si penderita tiak dapat mempunyai anak.
c. Pelvic Exenteration. Jenis operasi besar yang mengangkat rahim, serviks, tuba falopi, kemih dan indung telur. Dalam operasi ini, si penderita tidak dapat mempunyai anak.

2. Radioterapi. Cara pengobatan model radioterapi adalah dengan memancarkan paparan radiasi oleh suatu mesin.

3. Kemoterapi. Cara kerja pengobatan kemoterapi adalah dengan memasukkan dosis pada infus.
Demikian adalah uraian saya tentang bahaya kanker serviks yang harus anda ketahui. Setiap penyakit pasti memiliki bahaya tersendiri bagi tubuh manusia. Sebisa mungkin kita sebagai manusia dapat menjaga dan mencegah tubuh kita agar terhindar dari penyakit yang mematikan.

Penulis: Nurul Chikmia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel