Iklan Responsif

Apa Itu Amoeba?



Apakah Amoeba Itu?

Pantai, merupakan salah satu dari kesekian banyak tempat yang dipilih untuk menghabiskan waktu liburan. Tapi tahukan anda, bahwa di antara biota laut ada parasit yang dapat mengganggu waktu berlibur kita. Salah satu dari kesekian banyak parasit itu adalah Amoeba. Amoeba dapat digolongkan parasite, karena ia memiliki sifat yang merusak juga merugikan. Amoeba tak dapat dilihat dengan mata telanjang loh guys, jadi kita harus waspada terhadap lingkungan disekitar kita jika ingin melakukan suatu hal. Karena amoeba ini dapat hidup didarat maupun dilaut.
Apa Itu Amoeba? Klasifikasi

Apa saja klasifikasi Amoeba?
Nama Amoeba berasal dari kata Yunani Amoibe yang artinya perubahan.
Berikut klasifikasi ilmiah dari Amoeba:
Domain : Eukaryote
(tidak termasuk) : Unikonta
Kingdom : Amoebozoa
Subfilum : Lobosa
Kelas : Tubulinea
Subkelas : Sarcodina
Ordo : Tubulinida
Family : Amoebidae
Genus : Amoeba
Di atas telah dijelaskan bahawa amoeba memiliki banyak spesies yang ekstensif, yang sering dipelajarai adalah Amoeba Proteus. Ukuran genom amoeba berkali lipat lebih besar dari manusia. Contohnya dari spesies A. Dubia yang terdiri dari sekitar 370 miliar pasangan basa, sedangkan manusia hanya memiliki sekitar 3 miliar pasangan basa.

Bagaimana struktur tubuh dari sebuah Amoeba?
Sebuah membaran sel membungkus sitoplasma sel dan organel dari Amoeba. Struktur seluler yang tidak pasti membuat Amoeba tidak memiliki dinding sel. Ia memiliki pseudopodia untuk bergerak dan makan. Pseudopodia berasal dari perpanjangan sitoplasma, memiliki lebih dari dua inti dalam satu sel. Amoeba tidak akan memiliki jaringan lain pada struktur tubuhnya. Wujud Amoeba ini transparan, karena ia hanya memiliki membrane sel yang melindungi sitoplasma dan organelnya. Karena hal itu amoeba menjadi protozoa yang tidak nampak jika dilihat dengan mata telanjang. Jaringan tubuhnya yang simple dan juga kuat membuat Amoeba dapat bertahan hidup sangat lama meskipun tidak ada makanan.

Seperti apa cara Amoeba makan?
Amoeba makan dengan cara fagositosis. Amoeba akan mengelilingi bakteri atau Protista kecil lainnya dan mengeluarkan enzim pencernaan ke dalam bakuola. Kemudian pencernaan partikel makanan terjadi dalam vakuola dengan bantuan tindakan enzimatik. Amoeba akan langsung menelan makannya. Dengan cara makan yang unik ini amoeba dapat bertahan hidup lebih lama dari mikroba lain. Amoeba tidak dapat memakan yang lain selain bakteri. Menemukan bakteri bagi Amoeba sangatlah mudah. Karena jaringan bakteri yang lebih simple dari Amoeba akan memudahkan amoeba memakannya sebagai bekal untuk bertahan hidup. Amoeba tidak akan memakan yang lain karena jaringan tubuhnya tidak akan bisa mencerna makanan yang ia makan selain bakteri.

Bagaimana cara Amoeba berkembangbiak?
Hampir mirip dengan protozoa lain yang bereproduksi secara vegetative, baik secara mitosis atau sitokinesis. Ketika organisme terkena lingkungan mematikan, ternyata menjadi bentuk aktif yang dikenal sebagai kista amoeba. Kista ini dapat bertahan sangat lama sampai bertemu kondisi lingkungan normal. Karena di bawah divisi kuat dari amoeba, porsi yang berisi inti selamat dan bagian tanpa inti mati.

Nah, sekarang kalian semua sudah tahukan alasan mengapa Amoeba tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, dan juga mengapa amoeba sangat cepat bereproduksi. Bahkan cara Amoeba bertahan hidup dapat membantunya tetap hidup meskipun lingkungannya buruk. Tidak semua Amoeba adalah parasite ya guys, Amoeba yang parasit itu biasanya bersifat merusak alam dan mengganggu kesehatan manusia maupun hewan. Ingat, Amoeba bukan bakteria. Ia adalah sebuah protozoa yang memakan bakteri sebagai sumber makanan untuk bertahan hidup. Okeh, sekian dulu ya guys, see you next article.

Penulis: Novia Ayu Rua Indah 



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel