Iklan Responsif

Definisi Gizi, Triguna Makanan, Gizi Seimbang Pada Balita dan Dewasa

Definisi Gizi

Gizi adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh makhluk hidup  yang digunakan untuk mempertahankan kehidupan. Gizi merupakan sebuah hal yang mempengaruhi proses perubahan makanan yang masuk ke tubuh.

Sedangkan, gizi seimbang adalah makanan sehari-hari yang sudah disusun,  mengandung zat-zat gizi  sesuai dengan jenis dan takaran kebutuhan yang dibutuhkan oleh tubuh, dengan memperhatikan keanekaragaman dari variasi makanan. Selain itu, gizi seimbang berisi panduan untuk hidup sehat secara keseluruhan, termasuk aktivitas fisik serta kebersihan diri.

Definisi Gizi Seimbang

Sepuluh Gizi Seimbang

Ada sepuluh pesan yang mewakili pedoman gizi seimbang.
Berikut ini sepuluh pesan gizi seimbang:
1. Membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun serta air yang mengalir.
Sebagaian besar orang, akan menganggap kegiatan mencuci tangan merupakan suatu kegiatan yang sepele. Padahal yang kita tau, banyak sekali  manfaat yang kita dapat dari kegiatan tersebut. Manfaat yang paling menonjol adalah meminimalisir terjangkitnya penyakit diare. Adapun waktu yang tepat untuk mencuci tangan. Waktu tersebut seperti: saat sebelum dan sesudah memasak, sebelum dan sesudah makan, dan sesudah buang air besar dan air kecil.

2. Membiasakan diri untuk sarapan pagi.
Makan pagi atau sarapan sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Banyak sekali, resiko yang kita dapati apabila sering melupakan sarapan pagi. Resiko tersebut seperti menurunnya kadar gula darah yang ditandai dengan badan lemas, keluar keringat dingin, kesadaran menurun, hingga kondisi pingsan.

3. Memperbanyak minum air putih.
Tidak hanya makanan yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehat dan kuat, tetapi juga minuman. Tubuh harus mengkonsumsi minum air putih setidaknya 2 liter per hari, untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain untuk memenuhi kebutuhan cairan, air putih sangat bermanfaat bagi tubuh sepeti: menurunkan berat tubuh, meningkatkan kinerja otak, menjaga kesehatan kulit, dan lain sebagainya.

4. Memperbanyak makan sayur dan buah.
Sayur dan buah merupakan sumber serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, sayur dan buah digunakan untuk antioksidan. Manfaat dari mengkonsumsi sayur dan buah yaitu: menyehatkan pencernaan, menurunkan resiko tekanan darah tinggi, menurunkan resiko penyakit serangan jantung, menurukan resiko diabetes dini,dan menjaga kesehatan mata.
5. Membiasakan diri untuk membaca label yang tertera pada makanan.
Kemampuan dalam membaca kandungan zat gizi dalam makan, akan membantu tercapainya gizi seimbang.
6. Mensyukuri dan menikmati aneka ragam makanan yang sudah tersedia.
Bersyukur menurut Islam, yakni wujud untuk mengungkapkan rasa terima kasih seorang hamba, tehadap sesuatu nikmat yang ada disekitar  kita. Dengan bersyukur, kita tidak akan merasa kufur nikmat. Kita akan menikmati makanan yang sudah diberikan tanpa ada perasaan kurang dihati kita.

7. Perbanyak mengkonsumsi aneka ragam makanan pokok.
Makan pokok merupakan pengahasil sumber energi utama yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, makanan pokok digunakan untuk mengontrol tekanan darah dan meningkakan kinerja otak saat beraktifitas.

Kebutuhan yang ideal pada gizi seimbang yaitu:
Karbohidrat: 40% - 60%
Lemak: 25% - 55%
Protein: 5% - 15%

8. Membatasi konsumsi dari makanan manis, asin, serta berlemak.
Mengkonsumsi makan manis, asin, dan berlemak merupakan salah satu masalah yang sangat sulit di hindari. Padahal makanan tersebut, merupakan sarang penyakit  yang sulit disembuhkan. Penyakit yang akan ditimbulkan  seperti: diabetes dan penyakit jantung.

9. Melakukan aktivitas fisik yang cukup.
Aktivitas fisik bermanfaat unuk kebugaran, mencegah kelebihan berat badan, meningkatkan fungsi jantung, paru otot serta memperlambat proses penuaan.

10. Memkonsumsi makanan yang mengandung protein yang tinggi.
Protein dibagi menjadi dua, Protein nabati dan protein hewani. Protein merupakan sesuatu zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah cukup tinggi. Manfaat dari protein sendiri yaitu: sebagai sistem imun, meningkatkan modod, dan regulasi hormon.

Triguna Makanan

Triguna makanan merupakan pengelompokan makanan berdasarkan zat gizi, berikut ini tiga kelompok makanan yang sering disebut dalam triguna makanan,
1. Sumber zat tenaga yang digunakan untuk mengerjakan suatu aktivitas.
Contoh: Nasi, Gandum, Roti.

2. Sumber zat pembangun yang digunakan untuk pembentukan, pertumbuhan, serta pemeliharaan.
Contoh: bahan makanan yang mengandung protein baik nabati maupun hewani.

3. Sumber zat pengatur digunakan untuk megatur penggunaan zat-zat gizi dalam tubuh.
Contoh: Vitamin dan mineral.

Gizi Seimbang Pada Balita 

Berikut ini kebutuhan-kebutuhan gizi seimbang pada balita:
1. Protein: Kebutuhan protein anak pada tahun pertama sekitar 100-120kkal/kg berat badan. Untuk  setiap tiga bulan bertambahnya umur maka kebutuhan energi turun menjadi 10 kkal/kg.
2. Energi: Energi yang berasal dari dalam tubuh diperoleh dari karbohidrat, lemak, dan protein. Protein dalam tubuh disebut dengan asam amino esensia digunakan untuk bahan pertumbuhan.
3. Lemak: Lemak berfungsi sebagai sumber lemak esensial, sebagai zat pelarut vitamin A,D,E, dan K, serta memberi rasa sedap dalam makanan.
4. Karbohidrat: Karbohidrat yang dianjurkan adalah 60% sampai 70%.
5. Vitamin dan mineral: Kebutuhan ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan kebutuhan protein, lemak, dan karbohidrat.

Gizi Seimbang Pada Dewasa

Berikut ini kebutuhan-kebutuhan gizi seimbang pada dewasa:
1. Karbohidrat: Kebutuhan karbohidrat untuk perempuan sekitar 2000-2250 kalori, sedangkan laki-laki sekitar 2400-2800 kalori. Kebutuhan karbohidrat menyumbang sebesar 46% dari keseluruhan energi yang diperlukan oleh tubuh.
2. Protein: Kebutuhan protein untuk perempuan sekitar 48-63 gr perhari. Sedangkan laki-laki, sekitar 55-66 gr perhari.
3. Lemak: Lemak tidak boleh melebihi 630 kkal atau sekitar 30% dari kalori
4. Vitamin: Vitamin digunakan untuk bahan metabolisme bagi tubuh.
5. Mineral: Kebutuhan mineral sekitar 2-2,5 liter air bagi perempuan sedang laki-laki 2,8-3,5 liter per hari
6. Kalsium: Kalsium yang cukup sebanyak 0,45 gram. Sumber kalsium paling baik adalah susu.
7. Zat besi:  Jumlah seluruh zat besi yang ada didalam tubuh seseorang sekitar 3,5 gram. Dan rata-rat jumlah seluruh besi simpanan 1000 mg.

Penulis: Hanyfa Maulidiyah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel