Iklan Responsif

APAKAH TIDUR TENGKURAP BERBAHAYA BAGI KESEHATAN BAYI?

Assalamualaikum kawan-kawan, bagaimana kabarnya ? Semoga selalu baik ya. Walaupun puasa, tapi tetap harus semangat belajar ya. Kali ini kita akan membahas tentang apa yang menyebabkan tidur tengkurap berbahaya bagi kesehatan bayi? Karena tidur pada bayi merupakan hal yang penting yang mempengaruhi perkembangan bayi.

Bahaya Tidur Tengkurap Bagi Bayi

Bayi yang Tidur Tengkurap

Tidak hanya pada bayi, tidur tengkurap juga berbahaya bagi orang dewasa,karena tidur tengkurap merupakan posisi tidur terburuk yang dapat memicu berbagai penyakit serius, seperti nyeri pada tulang belakang, sakit leher dan sakit kepala.

Sakit pada tulang belakang adalah salah satu masalah serius yang akan timbul saat kita tidur dalam posisi tengkurap karena tulang belakang adalah pelindung saraf dan pelindung organ utama.

Jika kita tidak memperhatikan kondisi tulang belakang, maka akan membahayakan kesehatan pada saraf kita. Jadi, pada bayi tidur tengkurap diperbolehkan namun dengan posisi yang baik dan benar.

Bahaya Tidur Tengkurap

Bayi pada usia 0-4 bulan belum bisa membalikkan badan, jika bayi awalnya di tengkurapkan maka sulit untuk berpindah menjadi posisi terlentang. Maka dari itu, pada usia di bawah 4 bulan sebaiknya orang tua memosisikan tidur bayi secara terlentang.

Karena tidur terlentang telah terbukti mengurangi angka kematian yang mendadak pada bayi. hingga usia 12 bulan sebaiknya bayi tidur dalam posisi terlentang, karena usia di bawah 12 bulan rentang terkena kematian mendadak yang biasa disebut dengan SIDS (Sudden Infant Death Syndrom)

Bayi Tidur Tengkurap di Dada Ibu

Sama halnya dengan tidur tengkurap di bantal atau di kasur, tidur tengkurap di dada ibu juga menyebabkan berbagai efek negatif, seperti: menyebabkan infeksi saluran pernafasan, gangguan pada otot dan denyut jantung yang meningkat.

Perlu diketahui bahwa tidur di dada ibu juga sama bahayanya dengan tidur di bantal atau di kasur, banyak orang tua yang kurang mengetahui dan memperhatikan hal tersebut. Sebagian besar orang tua menganggap bahwa bayi yang tidur di dada ibu baik untuk si bayi, padahal hal tersebut tidak baik.

Manfaat Tidur Tengkurap Bagi Bayi

Segala sesuatu yang dilakukan selalu ada manfaat dan mudhorotnya, begitu juga dengan tidur tengkurap. Meskipun tidur tengkurap merupakan tidur terburuk dan dapat menyebabkan kematian pada bayi.

Namun tidur tengkurap juga memiliki manfaat, yaitu dengan tidur tengkurap bayi akan lebih lelap tidurnya dan dalam posisi tengkurap bayi juga akan terhindar dari bentuk kepala puyeng yaitu bentuk kepala lebih datar yang dapat mempengaruhi perkembangan otak pada bayi, jika tidak segera ditangani maka dapat berpengaruh pada penampilan wajah pada anak di kemudian hari.

Posisi Tidur Yang Baik Pada Bayi

Pada bayi, hormon yang berkualitas akan dibentuk saat tidur. Dan pembentukan hormon tersebut diperoleh ketika mendapatkan posisi tidur yang baik dan benar.

Oleh karena itu, untuk tidur nyenyak sebaiknya orang tua memosisikan posisi tidur yang benar, yakni tidur yang tidak hanya dalam satu posisi saja, melainkan dalam beberapa posisi seerta memilihkah bantal yang tepat agar dapat tidur dengan nyenyak dan dapat memproduksi hormon yang berkualitas bagi tumbuh kembang bayi tersebut.

Nah, seperti itulah sobat penjelasan tentang tidur tengkurap bagi kesehatan bayi. semoga bermanfaat. Wassalamualaikum.

Penulis: Umi Hanifatus Sholihah


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel