Iklan Responsif

Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Assalamualaikum sahabat millenial, di sini saya akan membahas tentang manfaat madu bagi kesehatan. Apa manfaat yang terkandung di dalam madu itu? Hmmm... pasti kalian pensaran kan manfaat apa saja yang terkandung di dalam madu kok sampai bisa menyembuhkan banyak penyakit.

Madu

Seputar pembahasan tentang madu

Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Jika Tawon madu sudah berada dalam sarang nektar dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada abdomen dan dikunyah dikerjakan bersama tawon lain, jika nektar sudah halus ditempatkan pada sel, jika sel sudah penuh akan ditutup dan terjadi fermentasi.

Rasa manis madu disebabkan oleh unsur monosakaridafruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula. Madu memiliki ciri-ciri kimia yang menarik, dioleskan jika dipakai untuk pemanggangan. Madu memiliki rasa yang berbeda daripada gula dan pemanis lainnya.Kebanyakan mikroorganisme tidak bisa berkembang di dalam madu karena rendahnya aktivitas air yang hanya 0.6.

Sejarah penggunaan madu oleh manusia sudah cukup panjang. Dari dulu manusia menggunakan madu untuk makanan dan minuman sebagai pemanis atau perasa. Aroma madu bergantung pada sumber nektar yang diambil lebah.

Madu untuk kesehatan.

Di dalam madu terdapat nutrisi yang sangat berguna sekali untuk metabolisme tubuh. Di dalam saluran pencernaan di tubuh kita terdapat bakteri-bakteri yang baik menguntungkan ataupun merugikan.

Di dalam sistem pencernaan kita terdapat Bifidokbateria dan Lactobacill yang terdapat di dalam tubuh kita. Dan apabila kita mengkonsumsi madu akan meningkatkan populasi kekebalan tubuh. Madu juga digunakan juga sebagai alat terapi yang sangat bermanfaat untuk pengobatan asam lambung.

Madu juga sering kali dibuat untuk pemanis alami sebagai sumber energi. Mengkonsusmsi madu saat berolahraga juga sangat baik untuk menambah dan meningkatkan stamina tubuh kita.

Kandungan yang terdapat di dalam madu.

Di dalam madu terdapat kandungan yang sangat sekali bermanfaat bagi kesehatan kita. Diantara lain yaitu di dalam madu terdapat kandungan Energi 1272 kJ (304 kcal), Karbohidratnya 82.4 g, Gula 82.12 g, serat pangan 0.2 g, Lemak 0 g, Protein 0.3 g, Air 17.10 g.

Madu sangat berkhasiat untuk kesehatan wajah.

Di bawah ini beberapa manfaat madu yang sangat berguna untuk perawatan kulit:
1. Pelembab alami kulit wajah agar tidak kering.
2. Mengangkat sel-sel kulit mati.
3. Menghilangkan komedo yang terdapat di bagian hidung kita.
4. Menyamarkan noda-noda bekas jerawat.
5. Menyamarkan flek hitam.
6. Mengecilkan pori-pori.
7. Penghilang bekas luka yang terdapat pada kulit.
8. Mengatasi jerawat pada kulit.
9. Dapat digunakan sebagai masker pelembab.
10. Dapat digunakan juga untuk pencampuran air saat mandi.

Itulah beberapa manfaat madu murni yang sangat bermanfaat bagi perawatan kulit, khususnya bagi kalangan kaum hawa yang sangat ingin merawat serta menjaga kulitnya agar tidak terdapat hal-hal yang tidak diinginkan.

Madu baik bagi kesehatan kulit

1. Membantu proses penyembuhan
2. Meminimalisir kadar gula dalam darah
3. Meminimalisir gejala asam urat
4. Menurunkan kolestrol
5. Menghilangkan insomnia
6. Mengobati radang tenggorokan
7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Penulis: Siti Maesaroh


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel