Iklan Responsif

Contoh Laporan Keuangan Bulanan Dalam Keluarga Yang Wajib Diketahui

Cara Menyusun Laporan Keuangan Bulanan Keluarga

Untuk dapat menyusun laporan keuangan keluarga yang baik, yang harus anda ketahui adalah apa saja isi dari Laporan Keuangan. Apakah fungsi dari masing-masing laporan, dan bagaimana hasil dari laporan bulanan anda. Sebenarnya Laporan Keuangan Keluarga hampir sama seperti Laporan Keuangan Perusahaan Jasa.

Contoh Laporan Keuangan Bulanan Dalam Keluarga Yang Wajib Diketahui


Neraca
Menurut PP no. 71 tahun 2010 neraca adalah salah satu komponen laporan keuangan yang menggambarkan posisi keuangan suatu entitas pelaporan pada tanggal tertentu. Yang dimaksud dengan posisi keuangan adalah posisi aset, kewajiban, dan ekuitas dana (Aliyah, 2012)

Fungsi Neraca dalam Laporan Keuangan adalah sebagai berikut :
Sebagai alat untuk menganalisa fleksibilitas keuangan, maksudnya adalah laporan neraca keuangan dapat digunakan kepala keluarga untuk pengambilan sebuah keputusan keuangan.

Digunakan untuk menganalisa likuiditas, akan menunjukkan kemampuan yang dimiliki keluarga dalam melunasi segala kewajiban (utang) jangka pendek dengan kondisi harta likuid yang dimilikinya. (Shabrina, 2018)

Merujuk dari Wikipedia, laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut.

Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi:

  • Neraca.
  • Laporan laba rugi
  • Laporan perubahan ekuitas.
  • Laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan berupa laporan arus kas atau laporan arus dana.
  • Catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan.


Menurut Standar Akuntansi Keuangan yang dikeluarkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia, tujuan laporan keuangan adalah menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan.

Nah, laporan keuangan bukan hanya untuk perusahaan saja. Anda sebagai pribadi juga bisa memanfaatkan laporan keuangan ini untuk mengetahui kondisi keuangan Anda setiap bulannya lho.

Laporan neraca keuangan keluarga terdiri pada dasarnya mirip seperti laporan neraca (balance sheet) perusahaan, tetapi disederhanakan. Bagian-bagiannya juga dibuat agar lebih mudah dan aplikatif. Secara umum neraca keuangan keluarga terdiri dari asset dan kewajiban.

Salah satu Aplikasi yang sudah ada dan dikembangkan (blog: finansialku.com) yaotu Aplikasi Finansialku

Jadi, Anda bisa langsung membuka Aplikasi Finansialku dan mengecek laporan keuangan bulanan Anda. Jika masih belum jelas, simak panduan step by step berikut ini:
1. Buka menu Aplikasi Finansialku.
2. Pilih menu Laporan Keuangan.
3. Kemudian Anda akan melihat laporan keuangan dengan anatomi sebagai berikut:

  • Grafik Pendapatan vs Pengeluaran: Berfungsi untuk menunjukan Pendapatan vs Pengeluaran Anda berupa grafik pada periode tertentu. Anda dapat merubah tampilan periode grafik dengan cara merubah tanggal pada filter.
  • Grafik Pendapatan: Berfungsi menampilkan pendapatan Anda bulan ini yang sudah dikelompokkan pada kategori tertentu berdasarkan data yang sudah Anda masukan dalam bentuk grafik.
  • Grafik Pengeluaran: Berfungsi menampilkan pengeluaran Anda bulan ini yang sudah dikelompokkan pada kategori tertentu berdasarkan data yang sudah Anda masukan dalam bentuk grafik.
  • Aset Investasi: Berfungsi menampilkan Aset Investasi yang Anda punyai sesuai dengan data yang Anda masukan.
  • Kewajiban: Berfungsi untuk menampilkan kewajiban yang masih harus Anda penuhi pada bulan berjalan.
  • Aset Tetap: Berfungsi menampilkan Aset Tetap yang Anda punyai sesuai dengan data yang Anda masukan.
  • Kartu Kredit: Berfungsi untuk menampilkan kewajiban pembayaran kartu kredit Anda yang masih harus Anda penuhi pada bulan berjalan.
  • Financial Health Check Up: Terdapat 6 rasio yang digunakan Finansialku untuk menentukan apakah keadaan finansial Anda sehat atau tidak. Anda dapat melihat keadaan finansial Anda secara real time sesuai dengan data yang sudah Anda masukan.

Di atas adalah uraian dari pakar keuangan (finansialku.com). Anda bisa menerapkan dalam kehidupan rumah tangga. Kenapa? Karena keuangan yang baik adalah pendapatan dan pengeluaran yang terlaporkan secara sistematis dan terstruktur.

Dalam rumah tangga akan ditemui beberapa rasio yang akan berpengaruh pada kestabilan keuangan.

Sumber:
finansialku.com
satisejahtera.com
Aliyah, S. (2012). Pengaruh Penyajian Laporan Keuangan Daerah Dan Aksesibilitas Laporan Keuangan Daerah Terhadap Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Jepara. 23-30.
Shabrina, R. (2018). Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuat Neraca Keuangan Sederhana. p. 01.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel