Iklan Responsif

ADA APA DENGAN MENTAL MANUSIA?


MENTAL

Assalamualaikum Wr. Wb
Kembali lagi dengan artikel psikologi yang kali ini akan membahas tentang gangguan mental. Apa saja gangguan mental itu? Yuk cek!

ADA APA DENGAN MENTAL MANUSIA?

KESEHATAN MENTAL

Kesehatan mental yang baik adalah saat batin kita berada dalam keadaan tenang, sehingga memungkinkan kita menikmati kehidupan sehari-hari. Seseorang dengan mental yang sehat mampu menggunakan kesehatan mentalnya untuk menghadapi kehidupan dan dapat menjalin hubungan yang positif dengan orang lain yang ada di sekitarnya.


PENYAKIT MENTAL

Penyakit mental dapat menyebabkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya dapat merusak hubungan dengan orang lain saja tetapi dapat menurunkan prestasi di sekolah ataupun produktivitas kerja.

Beberapa penyakit mental yang biasanya terjadi di sekitar kita adalah:
1.    Stres
Stress terjadi ketika seseorang mengalami tekanan secara emosional ataupun mental yang sangat berat dalam hidupnya. Seseorang yang stress biasanya mudah cemas, gelisah, serta mudah tersinggung. Stress dapat mempengaruhi konsentrasi, dan pada kasus tertentu dapat memicu depresi. Stress bukan hanya berdampak pada cara bersikap tetapi juga kesehatan fisik mereka.

2.      Gangguan kecemasan
Gangguan kecemasan adalah gangguan psikologis ketika seseorang merasa cemas yang berlebihan dan sulit untuk dikendalikan, sehingga mempunyai dampak buruk terhadap kehidupan sehari-harinya.

Pada orang normal perasaan cemas hanya akan muncul pada keadaan tertentu saja, missal ketika akan menghadapi ujian. Namun pada orang yang mengalami gangguan psikologi kecemasan, rasa cemas ini muncul pada tiap situasi dan keadaan. Oleh karena itu, orang yang mengidap penyakit gangguan kecemasan ini tidak bisa merasakan  rileks.
Selain tidak bisa merasa rileks, biasanya mereka akan merasa kurang percaya diri, mudah marah, stress, dan menjadi penyendiri.

3.      Depresi
Depresi adalah gangguan mental yang menyebabkan penderitanya merasakan kesedihan yang sangat dan berlangsung bukan dalam waktu yang singkat, tapi dalam waktu yang lama bisa berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Depresi juga mempengaruhi permasalahan fisik, mengubah caera berpikir dan berperilaku penderitanya. Penderita depresi ini sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari secara normal. Mereka bisa saj menyakiti diri sendiri atau bahkan mempunyai keinginan untuk bunuh diri.

Seseorang yang mengalami depresi bisa juga mengalami kanker dan gagal jantung. Dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter apabila merasakan gejala-gejala depresi di atas. Bentuk penanganan ini bisa berupa dengan dilakukannya konsultasi dan pemberian obat antidepresan.

CACAT MENTAL

Banyak orang yang mengatakan jika cacat mental sama dengan sakit jiwa. Sebenarnya mereka sama karena sama-sama menyerang psikis manusia. Penyakitnya hanya bisa dilihat dari tingkah laku orang yang mengalami penyakit tersebut. Penyakit ini bisa disebabkan oleh keturunan atau bisa dikarenakan faktor lingkungan.

  1. Penyebab sakit jiwa            Penyebab sakit jiwa adalah segala sesuatu yang berlebihan yang menyebabkan terkekangnya jiwa seseorang. Salit jiwa adalah penyakit yang bisa disebabkan oleh keturunan ataupun gejala fisik yang menyebabkan seseorang mentalnya terganggu. Berikut ini adalah beberapa factor yang menyebabkan seseorang mengalami sakit jiwa:
·         Memanjakan anak terlalu berlebihan.
·         Diasingkan oleh lingkungan.
·         Mengalami pengalaman yang mengecewakan.

  1. Penyebab cacat mental
Orang yang mengalami cacat mental akan merasakan cemas, rasa dengki, dan ketakutan. Cacat mental merupakan penyakit yang merasa psikis dan efeknya dapat dilihat secara fisik. Hal yang dapat menyebabkan cacat mental adalah sebagai berikut:
·         Stress yang berlebihan.
·         Lemahnya mental.
·         Adanya konflik sosial maupun batin yang dialami oleh penderita.
·        Adanya pengalaman yang tidak sesuai yang menyebabkan tersiksanya batin penderita.

BULAN KESADARAN KESEHATAN MENTAL

Bulan kesadaran kesehatan mental disebut juga dengan “Bulan Kesehatan Mental” adalah salah satu bentuk usaha terhadap pentingnya kesadaran mental. Hari kesadaran mental ini jatuh pada tanggal 10 Oktober.

10% dari orang yang bekerja mengalami depresi . 94% mengalami gejala depresi seperti kehilangan konsentrasi dan sulit membuat keputusan. Dari 14 juta orang yang mengalami gangguan kecemasan, trauma, dan depresi, sangat sedikit yang menyadari bahwa mereka sedang mengalami gangguan mental. Gangguan mental adalah sesuatu yang tabu. Kebanyakan mereka menyambuhkan dirinya dengan pergi ke dukun bukan ke psikolog.

Tren bunuh diri yang sedang meningkat dalam dunia remaja ini disebabkan oleh ketidaksiapan mental seseorang menghadapi masalah. Para pemuda belum memiliki akar yang kuat sehingga mereka mudah terseret oleh masalah-masalah yang ada yang sedang dihadapinya. Kurangnya dukungan juga menyebabkan salahnya dalam pengambilan keputusan.

Mencari bantuan kesehatan mental bukan perkara yang mudah. Kemampuan untuk bangkit adalah adalah faktor yang penting untuk dimiliki oleh semua orang. Sekecil apapun masalah apabila tidak diberi penanganan maka seseorang tersebut tidak akan bisa pulih. Keyakinan bahwa “setiap ada masalah pasti ada jalan keluar” perlu ditanamkan sejak dini.

GANGGUAN JIWA
Gangguan jiwa adalah bagaimana seseorang berperilaku tidak lazim seperti biasanya. Faktor genetik dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya gangguan jiwa ini. Macam-macam gangguan jiwa akan parah jika tidak ditangani secara serius. 

Mereka bisa saja melakukan bunuh diri. Apabila orang terdekat anda mengalami gejala-gejala gangguan jiwa segeralah bawa ke psikolog atau psikiatri.
Sekian uraian tentang gangguan mental, semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Author: \Firda Nurul Izzah\

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel