Iklan Responsif

Tipe-Tipe Seseorang Dalam Belajar

Tipe Belajar

Hallo sahabat ilmiah.ku. Dikesempatan kali ini kita akan belajar mengenai tips tips dalam belajar. Sebagai seorang pelajar kita kadang bingung bagaimana caranya kita belajar yang benar dan agar bisa konsisten. Nah, pada topik kali ini kita akan belajar mengenai tipe tipe belajar seseorang.


Tipe-Tipe Seseorang Dalam Belajar


Bagaimana kesulitan belajar?

Kesulitan belajar pada sesorang in berbeda beda. Secara umum kesulitan belajar ini terdiri dari dua hal yaitu kesulitan dalam perkembangan dan kesulitan dalam akademik. Kesulitan belajar dalam perkembangan ini meliputi kesulitan bahasa, kesulitan kognitif dan kesulitan motorik. 

Sedangkan kesulitan dalam akademik ini meliputi belajar menulis, belajar membaca dan kesulitan dalam berhitung. Namun, dalam kasus kesulitan belajar ini tidak akan selalu mempengaruhi dari prestasi seseorang. Kesulitan dalam belajar ini bisa ditangani sesuai denga kesulitan belajar seseorang.


Tipe cara belajar

Ada beberapa cara seseorang dalam belajar. Berikut contohnya :
1. Dengan cara menggambar peta konsep. Menggambar peta konsep ini dengan cara mengambil poin poin penting semua aspek dalam satu bab mata pelajaran. Atau biasanya disebut dengan mind mapping. 
2. Merekam pada saat guru menjelaskan materi yang disampaikan
3. Menulis langsung dari penjelasan materi yang dijelaskan oleh guru
4. Membuat rangkuman atau resume
5. Belajar kelompok. Belajar kelompok ini dilakukan dengan berdiskusi mengenai topik mata pelajaran secara bersama
6. Membuat catatan warna warni yang bisa dibaca dan mudah dihafalkan


Tipe-tipe belajar siswa

Dalam proses belajar ini setiap orang ini berbeda. Ada beberapa tipe seseorang :
a. Visual
Orang tipe visual akan lebih mudah memahami melalui apa yang mereka lihat. Misalnya pada warna, foto dan gambar menonjol dalam modalitas ini. orang dengan tipe belajar visual memiliki ciri ciri : Berbicara dengan cepat, Merencanakan dengan baik dalam jangka yang panjang,  Lebih mudah mengingat apa yang dilihat daripada yang didengar, Lebih suka membaca daripada dibacakan. dll

b. Audiotori 
Orang tipe auditori ini akan lebih memahami sesuatu melalui apa yang mereka dengar. Tipe ini mengakses segala jenis bunyi dan kata. Musik, dialog internal dan suara menonjol pada tipe auditori. 

Orang dengan tipe ini memiliki ciri ciri : Lebih suka dengan musik daripada seni gambar, Belajar dengan mendengarkan dan mengingat apa yang didiskusikan daripada apa yang dilihat, Senang membaca dengan keras dan mendengarkan, dll

c. Kinestetik 
Orang dengan tipe kinestetik ini belajar dengan gerak, emosi dan sentuhan. Cara belajar tipe ini dengan gerakan, koordinasi, tanggapan emosional, dan kenyamanan fisik. Ciri-ciri orang dengan tipe belajar kinestetik yaitu : Menghafal dengan cara berjalan dan melihat, banyak bergerak, lebih suka dengan banyak melakukan banyak aktivitas, Tidak bisa diam untuk waktu yang lama, belajar dengan praktik, dll

Jadi itulah tipe tipe kesulitan belajar, cara belajar dan belajar siswa. Dari tipe belajar yang sudah dijelaskan, tipe ini juga bisa tipe campuran misalnya Auditori-visual atau Visual-kinestetik atau bisa ketiga-tiganya tapi biasanya satu tipe belajar lebih mendominasi. 

Jadi bagaimana tipe belajar kalian? Jadi pertahankan dan maksimalkan tipe belajar kalian. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat

Penulis : Imroatus Sholikah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel