Iklan Responsif

Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak

Pengertian gadget

Semua orang pasti mengenal gadget. Gadget adalah suatu perangkat atau alat yang bersifat praktis dengan fitur-fitur canggih. Gadget salah satu perkembangan teknologi yang semakin maju dan canggih seiring berkembangnya zaman. Contohnya handphone, tablet, walkman dll.
Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak


Macam-macam gadget (tentang gadget)

Gadget sangat bermacam-macam bentuk dan namanya. Berikut macam-macam gadget antara lain:
1. Handphone
Hadphone adalah perangkat yang paling praktis dan bermacam-macam yang bisa dibawa kemana-mana. Gadget ini memiliki beberapa fungsi yaitu, sebagai alat komunikasi, mencari informasi, game, bisa untuk selfie, mencari alamat dan masih banyak lagi. Handphone sangant beragam macamnya seiring berkembangnya zaman. Hampir semua orang sudah menggunakan gadget ini.

2. Laptop 
Laptop adalah perangkat seperti computer, namun lebih praktis dan simple serta bisa dibawa kemana-mana. Laptop memiliki fungsi yang sama seperti computer yaitu, untuk mengerjakan tugas, alat komunikasi, mencari infolmasi dll. Seiring berkembangannya zaman laptop juga memiliki fitur Bluetooth yang digunakan untuk mentransfer file tanpa harus menggunakan kabel data. Perkembangan laptop sama dengan handphone tiap tahun muncul produk / merk-merk baru dengan teknologi yang makin meningkat.

3. Camera Digital 
Perangkat yang digunakan untuk memotret suatu objek yang diinginkan. Di beberapa camera juga terdapat lensa yang canggih sehingga mendapat hasil potretan yang memuaskan. 

4. Tablet 
Tablet adalah perangkat yang memiliki fungsi sama seperti handphone. Namun, hanya bentuknya yang cukup besar dari pada handphone. 


Penjelasan Perkembangan Anak

Perkembangan anak adalah sesuatu yang ada pada anak namun tidak bisa diukur, seperti pola pikir, kemampuan berbahasa, kemapuan bersosialisasi dll. Seiring bertambahnya usia maka organ atau indera yang lain juga ikut berkembang tapi tidak semua. Karena ada sifat yang tidak bisa ditebak oleh manusia yaitu kedewasaan. Tidak semua orang menjadi makin dewasa m=seiring bertambahnya usia mereka, karena kedewasaan tidk diukur dari usia.


Pengaruh Terhadap Perkembangan anak

Gadget merupakan perangkat zaman milenial yang digunakan semua orang terutama anak-anak. Gadget memiliki pengaruh baik yang negatif ataupun positif bagi anak-anak yang sering menggunakannya. 

Berikut pengaruh gadget terhadap perkembangan anak:
1. Daya Pikir Anak Menurun
Apabila anak sering menggunakan gadget, maka daya pikir anak tersebut akan melemah secara perlahan dan hanya terpaku pada gadget. Karena pada masa-masa perkembangan anak seharusnya diberi rangsangan sensorik secara langsung. Misal, berinteraksi dengan orang lain, melakukan hobi dll. 

2. Menyebabkan Penyakit
Gadget juga bisa menyebabkan penyakit kanker, daya penglihatan menurun, serta  menyebabkan rasa nyeri pada tubuh. Karena pada saat kita menggunakannya terdapat radiasi yang bisa membahayakan tubuh.

3. Menurunnya Konsentrasi Belajar
Pada saat anak belajar dia menjadi tidak focus karena selalu ingat dengan gadgetnya, alhasil nilainya menjadi menurun. Gadget juga meningkatkan kemalan anak karena dengan gadget anak bisa mencari jawaban dari soal-soal yang diberikan gurunya tanpa harus melihat bagaimana prosesnya. Dengan begitu anak menjadi malas untuk membaca.

4. Kualitas dan Jadwal Tidur Terganggu
Gadget juga membawa pengaruh negatif terhadap waktu istirahat anak. Karena kebanyakan anak, suka membawa gadgetnya ke dalam kamar tidur. Sehingga waktu untuk tidur terbuang hanya untuk bermain gadget.

5. Menghambat Kemampuan Berbahasa Anak
Anak yang sudah terbiasa dengan penggunan gadget akan cenderung diam, menutup diri dan enggan untuk berkomunikasi dengan teman atau orang lain.

6. Kecanduan 
Anak yang sering menggunakan gadget akan menjadi ketergantungan terhadap gadgetnya. Karena itu akan menjadi suatu kebutuhan bagi dia.

7. Dapat Mempengaruhi Perilaku Anak
Anak lebih sering melihat sesuatu dari gadget entah itu dai laptop, hp atau tablet entah itu hal positif atau negatif. Jika sering melihat hal yang positif maka akan memnberikan dampak yang positif. Apabila sering melihat hal-hal yang negatif seperti perkelahian, maka tidak menutup kemungkinan akan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.   


Peran orang tua terhadap anak

Cara mengatasi agar anak tidak kecanduan gadget :
1. Orang tua harus membatasi penggunaan gadget anak.
2. Orang tua harus mendampingi dan mengawasi anaknya saat bermain gadget.
3. Jika sedang berkumpul bersama keluarga usahakan anak tidak bermain dengan gadgetnya.
4. Mengajak anak untuk berlibur atau refreshing.
5. Biarkan anak bermain dengan teman sebayanya, karena hal itu bisa menjadikan anak tidak terlalu memikirkan gadgetnya.
6. Orang tua harus memberikan contoh pada anaknya ketika dirumah gunakan gadget seperlunya.
7. Jangan memberikan akses penuh terhadap anak.

Peran orang tua sangat penting karena anak pasti akan lebih dekat dengan orang rumah daripada orang lain. Maka dari itu, orang tua harus selalu mengawasi apa yang dilakukan anak pada gadget atau yang lain.

PENULIS: LAILATUL HIDAYATI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel