Late Talking to Children

Because children talk late 

Untuk para orang tua khususnya ibu, jangan khawatir yaa jika kita punya anak namun dia mengalami keterlambatan untuk bicara. Jangan terlalu dipermasalahkan ya bu, karena bisa saja memang anak anda belum waktunya untuk berbicara. Lingkungan juga dapat mempengaruhi keterlambatan bicara ank loh, mengapa? 

Karena anak yang dibesarkan di lingkungan yang bahasanya lebih dari satu atau bilingual anak akan cenderung lebih lambat untuk memulai bicara. Jadi, untuk para orang tua sebaiknya membiasakan kepada anak anda untuk berbicara satu.


 Late Talking to Children


How to know the child speaking ability according to age

1. Usia 3 bulan
Pada saat usia ini, bayi anda pasti akan mengeluarkan suara-suara yang tidak memiliki arti yang biasa dibilang ‘bahasa bayi’. Di usia ini bayi akan mulai mengenali dan mendengarkan suara anda dan memperhatikan wajah ibunya ketika berbicara dengannya. Sebagai oang tua, anda harus bisa memahami tiap tangisan yang dikeluarkan oleh bayi anda, karena setiap tangisan yang keluar pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

2. Usia 6 bulan
Pada saat usia 6 bulan, bayi akan mengeluarkan suara-suara yang berbeda dan terdebgar lebih jelas suku katanya, meskipun terkadang kata tersebut tidak memiliki arti, seperti ketika bayi mengucapkan “la-la” atau “da-da”. 

Pada awaal usia 7 bulan, bayi anda pasti sudah bisa bersuara untuk mengekspresikan kondisinya saat dia sedang senang maupun sedih, dia akan mulai mengenal suara-suara yang ada disekelilingnya dengan cara dia melihat ke arah yang menimbulkan suara dan sebagai orang tua sebaiknya anda mulai membiasakan anak anda untuk mendengar suara aluan musik sebelum dia tidur. Di usia ini bayi juga akan mulai mengenali namanya sendiri ketika anda menyebutnya da ketika anda memanggil dia sudah bisa menoleh ke arah anda. 

3. Usia 9 bulan
Setelah usia Sembilan bulan, bayi akan mulai memhami bebrapa kata dasar seperti kata “iya” atau “tidak”. Dia juga akan mulai menggunakan nada bicaranya lebih luas. Usahakan ketika anak anda sudah mulai berbicara, ajarkan dia terlebih dahulu untuk mengenali anggota keluarga disekitarnya,  contohnya untuk panggilan”ma-ma” atau “a-yah”.  

Ketika anak memanggil “ibu” dengan sebutan “ma-ma” ini akan memudahkan baik anda atupun bayi anda untuk menggerakkan mulutnya karena dia pasti akan menirukan anda ketika anda menyebut panggilan dengan sebutan “ma-ma”, anak anda juga akan mulai menirukan apa yang anda ucapkan.

4. Usia 12-18 bulan
Pada saat usia satu tahun anak anda sudah bisa memahami beberapa kata perintah yang anda ucapkan, contohnya “ayo bermain” atau “ambil bolanya”. Bayi anda juga pasti sudah mengenal beberapa benda yang ada disekitarnya seperti botol susu, mainan, sepatu, dan lain sebagainya. Anak anda juga sudah bisa mengulang kata-kata yang anda ucapkan namu belum tenu semuanya jelas.  

Pada usia 3 tahun keatas kosakata yang diucapkan oleh anak anda akan berkembang dengan cepat. Dia sudah mulai bercerita tentang apa yang di lakukan atau apa yang mereka lihat dan berbicara menggunakan kalimat yang lebih panjang dan mulai mempelajari ‘bahasa ibu’ atau bahasa keseharian disekitar lingkungan maupun disekolah.


Stimulate the development of children’s speech

Sebagai orang tua anda harus memiliki peran khusus pada anak terhadap pengaruh perkembangan bicara anak. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk melakukan rangsangan terhadap perkembangan bahasa anak. 

1. Berbicara sambil bergerak
Saat anda berbicara dengan bayi, anda harus aktif bergerak dan menggunakan ekspresi yang dapat menghibur bayi anda agar dia merasa senang. Contohnya ketika anda memakaikan baju ke anak anda dengan memperlihatkan bajunya yang bermotif bunga(anak perempuan) ucapkan “adek pakai baju motif bunga ya agar terlihat cantik” dengan kata itu bayi akan merasa senang dan mungkin akan mengerti dengan yang dimaksud ibunya.

2. Konsultasi kepada dokter atau ahlinya
Jika anak anda terlambat bicara atau tidak sesuai dengan patokan  yang sesuai dengan usia pada umumnya, maka segeralah konsutasi ke dokter sedini mungkin agar anda tetap mengetahui perkembangan bicara anak anda dengan baik. 

Ketika anda berkonsultasi ke dokter, anak anda akan menjalani beberapa tes yang dilakukan oleh dokter seperti tes pendengaran dan evaluasi tumbih kembangnya anak. Pemeriksaan ini penting untuk memantau pendengaran anak anda. 

Jika anda sudah melakukan konsultasi ke dokter namun anda belum puas dengan hasilnya, anda bisa membawa anak anda ke terapis bicara. Disana anda akan dibekali untuk mengajari bayi berbicara dengan baik dan pastinya memiliki tips yang harus anda hadapi.

PENULIS: LAILI RIZKI DWI AINURROKHIM

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel