Iklan Responsif

Peran Orang Tua untuk Anak

Parents

Parents as a teacher (Orangtua sebagai guru)

Nah teman-teman, yang dimaksud orangtua sebagai guru  adalah orangtua adalah guru pertama bagi anak-anaknya, Yang mengajari berbicara, membaca, menulis itu semua adalah peran awal orang tua. Guru bukan hanya yang mengajarkan dan memberi ilmu di sekolah, tetapi orang tua adalah guru pertama bagi anak-anaknya. 


Peran Orang Tua untuk Anak

Orang tua punya cara sendiri untuk mendidik anaknya, misal anak usia 3-4 tahun, orang tua mengajari bagaimana menulis dan bagaimana menggambar dan mulai membiasakan perilaku yang baik supaya dicontoh oleh anaknya. Walaupun ilmu orangtua tidak selayaknya guru di sekolah, akan tetapi orang tua mengerti hal yang diajarkan kepada anaknya.


Parents demand children (Orang tua menuntut anak)

Ehh jangan salah paham dulu ya teman, orang tua menuntut anak pasti mempunyai tujuan yang baik. Menuntut disini berarti mengajarkan anak untuk disiplin dalam hal apapun terutama dalam hal belajar. Di jaman modern sekarang, banyak orang tua yang kalah sama anaknya. Kalah kenapa? 

Kalah dalam mengingatkan waktu untuk belajar dan menunaikan ibadah seperti sholat dikarenakan alat komunikasi yang semakin canggih digunakan hingga anak kecil pun bisa menggunakannya. Maka dari itu, sebagai orang tua harus menuntut anak dengan diberi hadiah nantinya. 

Nah, dalam hal apa saja orang tua bisa menuntut anak, simak berikut ini
1. Dalam hal belajar. Mengapa? Anak harus dituntut untuk belajar. Orang tua mempunyai target untuk anaknya kelak harus lebih baik dari orang tuanya. Orang tua harus menuntu dalam hal ini supaya tidak tertinggal dengan perkembangan  jaman yang semakin maju. Misalnya, menuntut untuk mendapatkan nilai 100 di sekolah, maka orang tua harus bisa membagi waktu anaknya kapan untuk belajar, kapan untuk istirahat, kapan untuk bermain. Jika tidak ada tuntutan orang tua maka anak akan menjadi males dan tidak menghargai orang tuanya.

2. Dalam hal ibadah. Disini orang tua sangatlah penting memberi contoh untuk anak-anaknya dan juga harus menuntut anak untuk menunaikan disaat umurnya sudah mencukupi, dan juga dilatih sejak dari kecil. Orang tua harus bisa mengajak anaknya untuk  menunaikan ibadah, dengan terus mengajak maka anak akan terbiasa untuk melakukan tersebut.

Nah teman-teman, orang tua menuntut anak bukan dari materi yaa, misalnya menuntut uang, bukan itu yang dimaksud. Menuntut supaya anak menjadi terarah dan mengajarkan rasa tanggungjawab.


A guide parents about movie/video (Panduan orang tua untuk film)

Pernah kita ketahui bahwa film yang ditonton oleh anak perlu dipilihkan sesuai dengan umurnya. Mengapa demikian, anak akan meniru apa dia tonton, apa yang dia lihat, dan apa yang dia dengar akan teringat untuk mencoba dilakukan. Nah, film tersebut harus mengandung unsur yang mendidik dan tidak mengajarkan hal yang buruk. 

Sekarang banyak film animasi atau kartun yang menggambarkan hal yang kurang baik ditonton untuk anak. Akan tetapi bukan hanya film saja, tetapi video-video yang semakin beredar yang harus diwaspadai oleh orang tua untuk anaknya. Video yang dapat dilihat oleh anak tentang cara bermain, permainan yang mengasah otak, dan juga video menari atau melafalkan bahasa.

Untuk anak usia 4-5 tahun bisa ditonton kan video menari atau melafalkan bahasa, karena diusia ini mereka masih aktif dan mudah mengingat untuk pelafalan kata atau bahasa. Untuk anak masuk Sekolah Dasar (SD) film yang mereka lihat ataupun video juga harus dibatasi supaya tidak terbiasa melihat hal yang kurang baik. Anak juga tidak selayaknya dibelikan alat komunikasi hanya untuk melihat video atau yang lain, belum sepantasnya menggunakan dan banyak dampak negative yang akan didapatkan.


The hope of parents (Harapan orang tua)

Selanjutnya yakni harapan orang tua. Kaitan antara harapan dan peran adalah dimana orang tua mempunyai harapan kepada anaknya kelak akan menjadi labih baik dari orang tuanya. Hal ini erat kaitannya dengan doa dari orang tua. Peran orang tua yaitu mendoakan yang terbaik untuk anaknya. 

Hal ini yang dianggap biasa oleh orang tua namun peran ini sangatlah penting dan menjadi doa paling ampuh bagi anak-anaknya. Itu dia tentang peran orang tua untuk anaknya yang wajib diketahui dan dibaca yaa kawan. Semoga bermanfaat untuk orang tua dan calon orang tua nanti.


Dukungan orang tua terhadap anak

Disini dukungan orang tua sangat dibutuhkan untuk memberi semangat kepada anaknya. Orang tua harus mengetahui dikala anaknya sedih atau pun senang, karena anak juga membutuhkan perhatian dari orang tuanya. T

ugas orang tua memberi semangat dan memotivasi agar anak tidak cenderung melakukan hal yang kurang baik atau salah dalam mengambil keputusan. Dari orang tua yang memberi dukungan sehingga anak merasa termotivasi dan semangat dalam belajarnya dan lain-lain.


Penulis : Lisdiyanti Nurul Hidayah


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel