Iklan Responsif

Apa yang Terjadi Saat Energi Tak Terbarukan Habis?

Energi Tak Terbarukan


Apa saja sumber energi yang ada di Bumi?  Dari mana sumber energi berasal? Bagaimana jika energi di Bumi habis?  Apa yang akan dilakukan?  Bagaimana dampak saat sumber energi habis?  Apakah manusia bisa bertahan hidup?  Apakah ada energi lain yang digunakan?

Apa yang Terjadi Saat Energi Tak Terbarukan Habis?

Pernahkah kalian berpikir tentang pertanyaan-pertanyaan yang ada di atas? Pasti semuanya pernah memikirkan semua pertanyaan tersebut karena semua aktivitas yang kita lakukan semuanya menggunakan energi. 


Pekerjaan kita menjadi lebih mudah karena alat yang mendapat daya dari sumber energi.  Di dunia pendidikan selalu dibahas bahwa energi bumi (non-renewable) akan segera habis karena terlalu banyak terpakai dan jumlahnya sudah semakin menipis. 

Oleh sebab itu pentingnya berhemat dan beralih pada energi yang ramah lingkungan. Di artikel ini kita akan membahas lebih jelas semua pertanyaan-pertanyaan yang ada di atas. Yuk simak agar semakin paham!

Apa Saja Sumber Energi yang Ada di Bumi?

Di Bumi banyak sekali sumber energi alam yang dibutuhkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan dan kelangsungan hidup. Sumber energi di Bumi dibedakan menjadi dua, yaitu: Sumber energi terbarukan dan sumber energi tak terbarukan. 

Sumber energi terbarukan atau sumber energi yang dapat diperbarui adalah sumber energi yang berasal dari permukaan Bumi yang mudah untuk didapat dan digunakan secara terus menerus, serta energinya tidak akan habis, karena jumlah sumber energinya sangat banyak dan selalu bersiklus di Bumi. 

Sumber energi yang dapat diperbarui ini memiliki kelebihan ramah lingkungan. Contoh energi sinar matahari, energi air, energi angin, dan energi panas Bumi.

Sumber energi tak terbarukan atau sumber energi yang tak dapat diperbarui adalah sumber energi yang berada di dalam permukaan Bumi. 

Sumber ini berasal dari fosil binatang, tumbuhan dan makhluk lain yang telah mati dan terpendam selama jutaan tahun di dalam Bumi. 

Untuk menggunakan energi ini harus diperhatikan jumlahnya di Bumi serta dampak penggunaannya bagi lingkungan. Pengunaan energi ini dapat mencemari lingkungan.
Contoh : gas alam, batu bara, dan minyak Bumi.

Bagaimana penggunaan sumber energi di Bumi?

Berbagai sumber energi di Bumi dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, sumber energi digunakan dalam keperluan rumah tangga, industri, transportasi, dan komersial.

1. Penggunaan energi untuk keperluan rumah tangga

Dalam kegiatan rumah tangga juga membutuhkan sumber energi. Energi yang dibutuhkan adalah energi listrik dan gas elpiji untuk memasak.
Energi listrik berasal dari batu bara dan gas elpiji berasal dari gas bumi.

2. Penggunaan energi untuk keperluan transportasi

Dalam sektor transportasi banyak memanfaatkan energi tak terbarukan. Karena bahan bakar kendaraan di Indonesia masih didominasi oleh bahan bakar minyak. 

3. Penggunaan energi untuk keperluan industri

dalam bidang industri kecil ataupun besar semuanya menggunakan minyak bumi, batu bara, atau gas alam untuk proses produksinya.

4. Penggunaan energi untuk keperluan komersial

Penggunaan energi dalam bidang komersial seperti perhotelan, restoran, bank, rumah sakit semua sektor tersebut memanfaatkan sumber energi listrik, elpiji, bahan bakar minyak, dan gas bumi.

Apa yang terjadi jika sumber energi tak terbarukan habis?

Kita tahu bahwa penggunaan energi bahan bakar fosil (minyak bumi, batu bara, gas alam) sangat tinggi, penggunaan sumber energi ini sangat mendominasi di berbagai bidang. 

Jika pengunaannya tidak dibatasi, maka lama kelamaan ketersediaannya akan habis dari bumi. 

Dampak yang akan ditimbulkan jika energi tak terbarukan habis adalah terjadi kelumpuhan di bidang transportasi, dimana semua alat transportasi darat, air, udara tidak dapat dijalankan karena tidak mendapat bahan bakar. 

Semua pabrik industri tidak akan lagi bisa produksi, dan listrik yang merupakan hal yang paling penting sebagai penunjang kehidupan akan padam, perkotaan akan gelap, perekonomian pun lumpuh dan semuanya akan kembali seperti jaman dulu yaitu dengan menggunakan penerangan dengan kayu bakar ataupun lilin. 

Masyarakat perkotaan akan kebingungan dengan bahan pangan pokok dimana tidak ada akses pengantar bahan makanan yang cepat seperti kendaraan bermotor.

Tanpa adanya sumber energi fosil, kehidupan yang terbiasa akan penggunaan bahan sumber energi fosil akan mengalami banyak permasalahan yang susah untuk ditangani. 

Semua kehidupan akan kemabali pada zaman lampau, dimana manusia belum mengenl minyak bumi dan batu bara untuk sumber energi.

Upaya  untuk mengatasi kelangkaan sumber energi tak terbarukan

Beberapa upaya untuk mengatasi kelangkaan sumber energi tak terbarukan :

1. Menggunakan sumber energi tak terbarukam dengan bijak
  • menghemat pemakaian bahan bakar, beralih menggunakan transportasi umum dan mengurangi pemakaian kendaraan pribadi. 
  • beralih menggunakan bioenergi sebagai pengganti dari BBM 
  • menghemat pemakaian listrik, mematikan lampu daat siang hari, mengganti alat eletronik dengan watt rendah. 
2. Melakukan daur ulang 
Daur ulang adalah proses untuk memanfaatkan kembali bsramg atau limbah dari sisa komsumsi atau produksi yang diolah menjadi barang yang bernilai dan dapat digunakam kembali. 

3. Meggunakan energi terbarukan seperti tenaga air, tenaga angin, tenaga surya dengan memanfaatkan kincir penggerak yang dihubungkan dengan generator listrik.

Material yang dapat didaur ulang terdiri dari kertas, plastic, logam, tekstil, kaca, dan barang elektronik. 

Dengan cara ini (reduce, reuse, recycle, and replace) dapat mengurangi tingkat eksploitasi terhadap sumber daya alam sehingga kelangkaan bisa dicegah.

Sekian artikel dari saya, semoga dapat menambah pengetahuan sobat literasi semua. Terimakasih.

Penulis: Nuril Fitri Amaliyah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel