Iklan Responsif

Apakah Lubang Hitam Berbentuk Donat?

LUBANG HITAM


Assalamu’alaikum kawan-kawanku yang baik hatinya, pasti masih semangat buat menambah ilmu dong. Oh yaa kalian pasti pernah dengar tentang lubang hitam atau black hole. 

Akhir-akhir ini ilmuan NASA telah berhasil menemukan dan memotret lubang hitam tersebut. Namun dalam gambar yang telah disebar di berbagi media menunjukkan bahwa lubang hitam tersebut berbetuk seperti donat dengan lubang ditengahnya, apakah hal tersebut benar? Mari simak artikel berikut.

Definisi Lubang Hitam

Lubang hitam adalah sebuah ruang di angkasa yang memiliki gravitasi yang sangat kuat, sehingga semua objek di alam semesta ini tak ada yang dapat terhindar dari hisapannya, termasuk cahaya, yang merupakan objek paling tercepat di alam semesta kita. Karena tidak ada cahaya di sekitarnya, akibatnya lubang hitam tidak dapat terlihat.


Lubang hitam terdiri atas bagian yang disebut dengan Singularity, dan bagian yang disebut Event Horizon. Bagian Singularitybagian yang ada pada lubang hitam yang masih belum diketahui. 

Sedangkan Event Horizon merupakan wilayah disekitar lubang hitam yang memiliki gravitasi yaang sangat kuat.

Dampak

Karena gaya gravitasi lubang hitam sangatlah bear, tentunya semua benda akan dapat terhisap olehnya, termasuk kita. Ketika kita terhisap lubang hitam kita akan mengalami sebuah fenomena, yang disebut sebagai “Spaghettification”. 

Oleh para peneliti, Yang mengakibatkan molekul tubuh kita akan hancur lebur dan bersatu dengan singularity.

Bentuk Lubang Hitam

Seperti yang kita ketahui dalam berbagai situs di internet tentang wujud lubang hitam, yang bentunya seperti donat. Untuk mengetahui bentuk sebenarnya kita dapat melihat matahari sebagai sebuah petunjuk. 

Matahari pada dasarnya hanyalah awan gas yang berbentuk bola sempurna yang tertekan oleh gaya gravitasi. Dan apapun yang berada di sekitar matahari, akan tertarik oleh gravitasinya. 

Lubang hitam juga memiliki bentuk yang mirip dengan matahari, dan kemungkinan menjadi objek paling bulat sempurna di alam semesta. Di tempat kedua untuk kategori benda terbulat di alam semesta yaitu neutron, yang memiliki kepadatan sedikit kurang dari lubang hitam. 

Sekarang kita sudah tahu bahwa sebenarnya lubang hitam memiliki bentuk seperti bola, jadi sebenarnya bentuk lubang hitam tidak seperti donat yang memilik lubang di tengah, dan karena lubang hitam berbentuk bola, pada prinsipnya tidak ada atas, bawah, atau samping. 

Ditambah lagi, karena lubang hitam benar-benar hitam atau gelap karena seluruh cahaya di sekitarnya terhisap olehnya, di arah mana pun kalian melihatnya, lubang hitam akan tetap terlihat seperti lingkaran yang sangat gelap, dan dikelilingi oleh cincin bercahaya, cincin tersebut berasal dari materi-materi yang tertarik oleh lubang hitam, dan menghasilkan cahaya. 

Rotasi 

Oh ya perlu kalian ketahui bahwa sebenarnya lubang hitam juga berotasi. Rotasi tersebut berasal dari momentum bintang pembentuk lubang hitam yang sebelum berevolusi menjadi lubang hitam mengalami rotasi. 

Dan setiap lubang hitam juga terbungkus oleh gas dan debu yang membentuk suatu cakram akresi yang mengelilinginya.

Cakram Akresi

Berkat kehadiran cakram akresi tersebut, kita setidaknya dapat mengetahui sudut kemiringan lubang hitam. Misalnya, jika kita melihat ke lubang hitam dari atas atau bawah, cakram akresi akan tampak seperti hurut O. 

Tapi jika kita melihat lubang hitam dari samping, cakram akresi akan terlihat pipih. 

Secara umum, jika kamu kebetulan menemukan lubang hitam mengambang di kegelapan ruang angkasa, mereka akan terlihat bulat sempurna, serta dikelilingi oleh cakram akresi bercahaya.

Nah setelah menyimak artikel di atas tentunya ilmu kalian bertambah dong, jangan pernah lelah untuk membaca ya kawan-kawan karena dengan membaca kita akan semakin tahu, semoga artikel ini bermanfaat. Salam literasi !!!

Penulis : Moh. Rizky Perdana Ardiansyah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel