Iklan Responsif

Karbohidrat Kebutuhan Sehari Hari

Manfaat Karbohidrat

Karbohidrat Kebutuhan Sehari Hari

Hallo Sahabat Ilmiah.ku. setiap hari kalian pastinya mengkonsumsi karbohidrat sebagai sumber tenaga. 

Namun, tak bisa dipungkiri bahwa karbohidrat memang memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh karena sebagai penyeimbang proses oksidasi lemak yang tidak sempurna. 

Tidak hanya nasi, jenis karbohidrat ini bermacam-macam, misalnya buah-buahan dan sayuran dan susu. kali ini kita akan belajar tentang karbohidrat kebutuhan sehari-hari. Yuk simak!

Karbohidrat 

Karbohidrat merupakan jenis makronutrien yang banyak ditemukan pada makanan dan minuman. 

Karbohidrat ini merupakan salah satu nutrisi yang dibutukan untuk pola makan atau diet seimbang sehari hari. Karbohidrat ini bedakan menjadi karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. 

Jenis Karbohidrat 

Sebagian besar karbohidrat  ini terkandung nabati alami seperti biji-bijian. 

Karbohidrat ini dibagi menjadi 3 kategori yaitu :

1. Gula

Gula merupakan karbohidrat sederhana. Gula ini biasanya terdapat pada beberapa makanan seperti sayuran, buah dan susu. Dalam gula ini terbagi menjadi 3 jenis yaitu laktosa, sukrosa dan fruktosa.

2. Pati

Pati merupakan korbohidrat kompleks. Pati ini biasanya terdapat pada sayuran, biji-bijian, dan kacang yang sudah diolah menjadi kering.

Serat

Serat merupakan karbohidrat komplek. Serat ini biasanya terdapat pada sayuran, buah, biji-bijian, dan kacang yang sudah diolah menjadi kering dan kacang plong yg sudah dimasak. 

Menghitung Kalori

Menghitung kalori ini diguanakan untuk memantau asupan makanan agar tubuh kita tidak kekurangan atau kelebihan setiap harinya. 

Pada 1 gram karbohidrat masing masing  mengandung 4 kalori. Kalori yang dibutukan tubuh digunakan sebagai sumber aktivitas. 

Namun, jika kalori ini dikonsumsi berlebihan dan tidak mengalami proses pembakaran maka kalori akan disimpan dalam tubuh dan akan menjadi lemak.

Fungsi Karbohidrat

Karbohidrat ini memiliki peranan yang paling penting dalam tubuh. Karbohidrat ini memiliki fungsi sebagai berikut:

1. Sebagai sumber energi

Karbohidrat merupakn sumber utama dalam tubuh. dalam proses pencernaan pati dan gula dioleh menjadi lebih sederhana yang kemudian diserap oelh aliran daran yang disebut dengan glukosa darah. 

Glukosa ini akan digunakan sebagai sumber energi.

2. Untuk menurunkan resiko penyakit

Tidak hanya sebagai sumber energi, namun karbohidrat juga bisa menurunkan penyakit tertentu. 

Misalnya pada serat pada biji-bijian ini bisa menurunkan resiko penyakit jantung, obesitas dan menjaga kondisi organ pencernaan.

3. Untuk meningkatkan penyerapan nutrisi

Karbohidrat ini memiliki fungsi untuk mengoptimalkan fungsi protein. Oleh kareana itu disarankan untuk menjaga asupan karbohidrat agar fungsi protein dapat bekerja denga maksimal dan dapat mencukupu kebutuhan organ tubuh manusia. 

Karbohidrat yang tergolong dalam jenis laktosa yang sehat untuk tubuh yaitu susu dan yoghurt. Laktosa ini bisa menyerap nutrisi sehingga sistem percernaan lancar.

3. Untuk mengontrol berat badan

Dengan mengkonsumsi suyuran dan buah dapat membantu mengendalikan berat badan kita. Serat ini dapat memperpanjang rasa kenyang dengan jumlah kalori yang lebih sedikit.

Kesimpulan

Jadi, karbohidrat ini sangat penting dalam tubuh kita. Setiap orang juga memiliki kebutuhan karbohidrat, jenis karbohidrat dan porsi karbohidrat yang berbeda-beda. 

Kondisi tubuh juga mempengaruhi jenis dan porsi karbohidrat yang harus dikonsumsi. Tergantung dari diri sendiri yang mengatur bagaimana karbohidrat dikonsumsi. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

Penulis : Imroatus Sholikah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel