Iklan Responsif

Bagaimana Nasib Bumi Bila Tidak Ada Bulan?

BUMI DAN BULAN

Hai sahabat, apa kabar kalian hari ini? pasti baik-baik saja tentunya. Kali ini kita berjumpa lagi untuk membahas bagaimana nasib bumi bila tidak ada bulan. 

Bagaimana Nasib Bumi Bila Tidak Ada Bulan?

Tentunya kalian tahu bukan bulan merupakan satelit alami bumi yang sejak jutaan tahun lalu mengelilingi bumi. Lalu bagaimana bila suatu saat bulan menghilang? Kira-kira apa yang terjadi pada bumi kita? Untuk lebih jelasnya simak artikel di bawah ini yaa sahabat.

Fungsi bulan bagi bumi

Fungsi bulan terhadap bumi sangatlah besar.  diantaranya yaitu sebagai alat menghitung kalender. 

Dan yang paling penting adalah gravitasi bulan yang sangat berpengaruh terhadap air yang berada di dalam bumi kita, karena adanya gravitasi inilah yang menyebabkan terjadinya pasang surut air laut.  

Selain itu, secara tidak langsung bulan juga berperan untuk melindungi bumi kita dari tabrakan benda  langit seperti komet dan asteroid. 

Bulan

Bulan yang merupakan satelit alami bumi juga memiliki fungsi untuk mengontrol  kecepatan rotasi bumi, hal tersebut terjadi karena efek  gravitational tidal wave. Tapi efek ini tidak  begitu memberikan dampak yang menguntungkan. 

Sejarah Bumi

Dalam sejarah bumi, efek ini hanya sedikit memberikan  dampak yang menguntungkan bagi bumi, karena dalam  simulasi dan perhitungan fisika, bulan diperkirakan melambatkan kecepatan rotasi bumi sejak  terbentuknya bulan jutaan tahun yang lalu. 

Dimana bumi berotasi sangat cepat, namun selain bulan memperlambat kecepatan rotasi bumi ternyata bumi juga melambatkan kecepatan  rotasi bulan.

Oleh sebab itu setiap hari kecepatan rotasi pada bumi akan semakin lambat, dan kecepatan rotasi bulan telah berhenti menjadi sama  dengan periode revolusinya. 

Tidak ada bulan

Bila bumi  kita tidak mempunyai  bulan maka kita akan  merasakan efek dari ultraviolet matahari  secara langsung serta mungkin bumi akan semakin sering dihantam meteor. 

Tanpa adanya bulan, kehidupan akan  dipenuhi dengan migrasi, dan sikulis siang-malam  akan menjadi  lebih pendek. 

Juga akan muncul  pasang besar. Selain itu, gelombang  besar tersebut juga akan membantu  “membangkitkan sup primordial,” hal tersebut dikemukakan oleh profesor fisika Neil Comins di university of  Maine.

Gravitasi Bulan

Gravitasi bulan yang biasanya membantu  memperlambat rotasi bumi dari sehari  enam jam lebih awal, berubah menjadi 24 jam. 

Tidak  hanya itu, bulan yang memiliki fungsi membantu menstabilkan  kemiringan sumbu bumi serta  menenangkan musim. 

Tidak adanya bulan akan berakibat  pada bentuk-bentuk kehidupan yang ada di bumi. tanpa bulan pola aktivitas akan menjadi berbeda karena siang dan  malam yang pendek. 

Selain itu bila bulan tidak ada makhluk-makhluk yang tinggal di Bumi  harus lebih sering bermigrasi untuk dapat mengatasi  perubahan iklim yang ekstrem.  

Selain itu seorang astronom bernama karen Master pernah mengatakan bahwa, apabila bumi tidak memiliki bulan, maka tidak akan ada peristiwa pasang surut air laut, karena hal tersebut terjadi karena adanya gravitasi bulan. 

Meskipun sebenarnya bumi masih akan mengalami pasang surut yang disebabkan oleh matahari,tetapi pasang surut tersebut hanya sepertiga dari pasang surut yang terjadi akibat gravitasi bulan.

Dan yang terakhir tanpa adanya bulan juga menyebabkan tidak adanya gerhana, baik gerhana bulan maupun gerhana matahari.

Nah itulah penjelasan tentang dampak yang ditimbulkan apabila bumi tidak memiliki bulan sebagai satelit alaminya. Apakah kalian sudah paham sahabat? 

Pastinya paham dong, dan ilmu kalian semakin bertambah bayak. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua, salam literasi!!!

Penulis: Moh. Rizky Perdana Ardiansyah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel