Iklan Responsif

Radiasi Gelombang Elektromagnetik pada Laptop

Gelombang Elektromagnetik

Halo sobat sains kembali lagi bersama saya di artikel ilmiah kali ini. Karena pada masa-masa ini banyak orang yang telah memakai laptop dan peralatan elektronik lainnya dalam kehidupan sehari-hari atau untuk mengerjakan tugas akademik ataupun pekerjaan pada artikel ilmiah kali ini saya akan membahas bagaimana sistem radiasi gelombang elektromagnetik pada laptop. 


Bahaya Radiasi Gelombang Elektromagnetik pada Laptop

Bagaimana dampak positif dan negatif radiasi gelombang elektromagnetik terhadap tubuh dan bagaimana menganggulangi efek buruk elektromagnetik pada laptop. Tanpa basa-basi lagi Langsung saja Check It Out!!

Pertama-tama sebelum membahas bagaimana sistm kerja radiasi gelombang elektromagnetik pada laptop kita harus memahami apa definisi dari laptop dan gelombang elektromagnetik itu karena sebelum mengetahui lebih dalam tentang sistem kita harus mengetahui pengertian dari dua istilah tersebut.

Definisi Laptop

Yang pertama kita bahas adalah definisi dari laptop. Laptop adalah Alat elektonik berupa Personal Computer yang bersifat portable yang berfungsi untuk membantu kita dalam mengakses internet, progam dan alat untuk mempermudah kita untuk mengakses sebuah informasi. 

Berbeda dengan Personal Computer Laptop menggunakan baterai untuk menyimpan daya listrik untuk dapat bekerja dan tidak perlu terkoneksi dengan listrik terus menerus seperti Personal Computer biasa.

Definisi Gelombang Elektromagnetik

Setelah mengetahui apa itu laptop kita juga harus mengerti apakah itu gelombang elektromagnetik. 

Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang berisikan medan listrik dan magnet yang berisolasi merambatkan energi dari suatu tempat ke tempat lainnya. 

Semua peralatan elektronik akan meradiasikan gelombang elektromagnetik karena terdapat medan listrik di dalamnya. 

Salah satunya adalah laptop karena laptop merupakan peralatan elektronik yang dapat mengeluarkan radiasi gelombang elektromagnetik saat dia bekerja.

Cara Kerja Gelombang Elektromagnetik 

Setelah kita telah memahami bagaimana pengertian laptop dan gelombang elektromagnetik kita akan memabahas bagaimana sitem kerja gelombang elektromagnetik pada laptop.

Laptop menggunakan gelombang elektromagnetik untuk dapat menyalurkan medan listrik untuk dapat menyalakan LCD, Motherboard, Touchpad, Keyboard dan progam untuk dapat berjalan dengan baik. 

Seiring dengan aliran listrik mengalir pada tembaga dalam saluran listrik laptop untuk menyalakan bagian-bagian dan progamnya aliran tersebut memacarkan radiasi gelombang elektromagnetik yang bolak-balik setiap detiknya.

Jadi selama salah satu saja laptop tersebut menyala muatan listrik di dalamnya akan tetap memcancarkan radiasi gelombang elektromagnetik karena selama ada bagian yang menyala masih ada arus listrik yang berjalan bolak-balik yang memacarkan gelombang tersebut.

Lalu apakah gelombang elektromagnetik yang di pancarkan berdampak baik, atau berdampak buruk bagi kita? 

Jawabannya adalah iya gelombang elektromagnetik mengakibatkan dampak baik, dan buruk bagi kita sama seperti benda yang ada di dunia ini ada baik, dan buruknya.Untuk dampak baik,dan buruknya akan saya jelaskan di bawah ini.

Dampak Positif Gelombang Elektromagnetik 

Yang pertama kita bahas adalah dampak baik atau bahasa kerennya  dampak positif dari gelombang elektromagnetik. 

Dampak positif dari gelombang elektromagnetik terhadap tubuh kita di antaranya adalah :

  • Gelombang elektromagnetik dapat menjadi terapi fisik di mana gelombang tersebut dapat menyembukan nyeri otot seperti encok
  • Gelombang elektromagnetik dapat menstimulasi penglihatan kita.
  • Gelombang elektromagnetik dapat menstimulasi pembentukan vitamin D pada tubuh manusia.
  • Gelombang elektromagnetik juga dapat membunuh berberapa kuman dan penyakit yang hidup di dekat tubuh kita.


Dampak Negatif Gelombang Elektromagnetik 

Selain danmpak positif gelombang elektromagnetik juga memiliki dampak negative terhadap tubuh kita.

Dampak negatif tersebut di antaranya adalah :

  • Gelombang elektromagnetik dapat menyebabkan sel-sel dalam tubuh menjadi lambat dalam pertumbuhannya dan dapat menyebabkan seseorang akan menjadi lebih keanak-kanakan dari pada orang lain.
  • Gelombang elektromagnetik dapat menimbulkan efek stres pada syaraf otak .
  • Gelombang elektromagnetik dapat mengacaukan gelombang otak, menyebabkan sakit kepala, kelelahan, dan hilang memori, lama kelamaan dapat menyebabkan kanker otak
  • Gelombang elektromagnetik dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh


Tips Menangulangi Efek Negatif Radiasi GEM

Wow!! Bahaya sekali ya efek negatif dari radiasi gelombang elektromagnetik. Tapi jangan salah jaman sekarang efek negatif radiasi gelombang elektromagnetik sudah ada penanggulangan dan solusinya loh!! 

Berikut ini solusi yang dapat saya berikan sesuai dengan perkembangan teknologi yang dunia telah ciptakan:


  • Memasang Electromagnetical Fiter Chip pada Motherboard laptop anda.
  • Memakai kacamata anti radiasi ketika menggunakan laptop.
  • Tidak mendengarkan music dalam laptop dengan volume yang besar
  • Meredupkan nyala LCD layar laptop anda.
  • Tidak menaruh laptop yang sedang mengisi daya di dekat anda ketika anda tidur.
  • Jaga jarak mata dengan LCD saat menggunakan laptop.


Itu saja tips untuk mengatasi efek negative radiasi gelombang elektromagnetik menurut saya. 

Dan semoga tips dan informasi tentang radiasi gelombang elektromagnetik pada laptop dari artikel yang saya buat ini bermanfaat bagi saya dan anda semua. Jika ada kesalahan tolong dimaafkan. Terima Kasih.

Penulis : Muhammad Nuh Fathsyah Siregar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel