Iklan Responsif

Bahaya Polusi Udara Bagi Kesehatan

POLUSI UDARA JANGAN DIBIARKAN!

Bahaya Polusi Udara Bagi Kesehatan

Hai semuanya!
Pembahasan kali ini mengenai polusi udara yang sudah merajalela dimuka bumi ini, dan kita sebagai penghuni bumi ini sebaiknya mengetahui masalah ini. Yuk baca artikel ini dan pahami secara seksama ya agar kita bisa sama-sam mejaga bumi ini. 

Pengertian Polusi 

Polusi adalah perubahan lingkungan dan tercampurnya berbagai zat yang tidak seharusnya ada pada lingkungan yang dapat mengakibatkan lingkungan tidak berfungsi sesuai, kondisi ini disebabkan secara alamiah dan juga bisa karena ulah manusia.

Pengertian polusi udara

Polusi memiliki beebrapa jenis tetapi dipembahasan kali ini akan membahas mengenai polusi udara. Polusi udara sendiri memiliki arti yaitu kondisi diman ada campuran bahan berbahya di udara yang akan menimbulkan efek yang kurang baik untuk lingkungan maupun penghuninya. Udara merupakan aspek yang penting untuk kehidupan makhluk hidup. Saat terjadi polusi udara dan dibiarkan secar terus menerus akan berdampak buruk.

Jenis polusi udara

Polusi udara memiliki beberapa jenis gas, gas ini lah yang mengakibatkan polusi udara:
1. Gas H2S
Gas ini merupakan salah satu gas yang bersifat racun dengan adanya gas ini akan sangatlah berbahaya bagi lingkungan maupun penghuninya karena gas ini bersifat racun. Gas ini diakibatkan dari letusan gunung berapi.

2. Gas CO 
Gas ini juga mengandung racun yang berbahaya karena itu gas ini bisa menimbulkan polusi udara. Gas CO ini berasal dari pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna.

3. Gas CO2
Gas CO2 ini sebenarnya masih normal jika dalam kadar yang masih sedikit, tetapi jika gas ini terlalu berlebihan juga akan menimbulkan polusi udara

4. Partikel SO2
Sulfur dioksida ini sangat berbahaya karena bau yang sangat menyengat, dan pemicu turunnya hujan asam yang berbahaya untuk kelangsungan makhluk hidup.

Nah itu lah beberapa jenis gas yang memicu terjadinya polusi udara.

Bahaya Polusi Udara Bagi Kesehatan

Faktor polusi udara

Ada beberapa faktor atau penyebab terjadinya polusi udara, yakni sebagai berikut:

Faktor polusi udara secara alami
1. Asap, abu vulkanik, dan gas yang dikeluarkan oleh letusan gunung berapi.
2. Kebakaran hutan secara alamiah.
3. Gas dan debu yang berterbangan diudara akibat dari tiupan angina kencang.
4. Proses pembusukan sampah yang menimbulkan bau tak sedap di udara.

Faktor polusi udara karena ulah manusia 

  • Asap pabrik, proses pembakaran yang dilakukan oleh prabrik menimbulkan asap beracun yang dilepaskan di udara.
  • Asap kendaraan bermotor, pengunaan motor yang berlebih ini sangat merugikan dan salah satu pemicu polusi udara dikarenakan hasil emisi kendaraan bermotor.
  • Bahan radioaktif, percobaan bom atom atau nuklir yang akan menghasilkan partikel debu yang memicu polusi udara.
  • Pembangkit listrik, hal ini memicu polusi udara karena pembangkit listrik menggunakan bahan bakar batu bara yang menghasilkan SO2 dan NO2 yang sangat berbahaya untuk semua makhluk hidup
Itulah beberapa faktor yang memicu adanya polusi udara dan sebaiknya kita mencegah itu semua dengan melakukan beberapa cara atau mengurangi penggunaan bahan atau alat yang dapat menimbulkan polusi udara.

Bahaya Polusi Udara Bagi Kesehatan

Efek polusi udara bagi kesehatan 

Polusi udara sangat berbahaya apalagi untuk kesehatan manusia, berikut beberapa efek yang terjadi bagi kesehatan manusia akibat dari polusi udara:
  • Menimbulkan berbagai penyakit termasuk penyakit system pernapasan, seperti asma, batuk, flu dan masih banyak lainnya karena udara yang dihirup memiliki kandungan zat berbahaya.
  • Timbul permasalahan kulit misal kulit kusam, flek hitam, keriput, bahkan yang paling bahaya bisa sampai terkena kanker kulit.
  • Polusi udara berupa asap akan menggangu pandangan apalagi saat berkendara dapat memicu kecelakaan.
  • Polusi udara juga mengakibatkan manusia gampang stres dan emosi.

Nah jadi begitulah penjelasan mengenai polusi udar sebagai makhluk hidup yang cinta akan alam sebaiknya kita mampu menjaga bukan untuk merusak. Semoga artikel ini bisa membuat kita semua sadar akan pentingnya merawat bumi ini. Terima kasih!

Penulis : Rela Amalyaningsih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel