Iklan Responsif

Kerja Sistem Imun Dalam Tubuh

Bagaimana Kerja Sistem Imun Dalam Tubuh?

Kerja Sistem Imun Dalam Tubuh


Hai sobat literasi !
Diartikel kali ini aku akan membahas tentang bagaimana kerja sistem imun di dalam tubuh, yuk simak pembahasan artikelnya!

Pernahkah kamu merasakan tubuhmu kurang fit karena kamu terserang penyakit? Apakah penyakit ringan seperti batuk dan pilek ataukah penyakit berat seperti tifus, demam berdarah hingga kanker? Semua penyakit tersebut menyerang tubuhmu karena sistem imun dalam tubuh sedang melemah atau karena virus yang menyerang tubuhmu terlalu ganas sehingga sistem imun tidak dapat mengatasinya. Lalu apa itu sistem imun?

Sistem imun

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh merupakan suatu kelompok sel, protein, jaringan dan sistem organ perlindungan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang menyerang tubuh individu sehingga dengan adanya sistem ini tubuh akan terhindar dari penyakit. Apabila sistem imun bekerja dengan baik, maka tubuh individu akan terhindar dari serangan bbakteri virus hingga serangan kanker. 

Namun,sebaliknya jika sistem imun tidak berkerja dengan baik atau sedang melemah maka tunuh akan dengan mudah terserah berbagai penyakit. PenyaKt yang dapat menyerang sangat beragam mulai dari penyakit yang ringan hingga berat. Yang sanagt dikhawatirkan afalah penyakit berat seperti kanker dan lupus dapat masuk kedalam tubuh, sehinga seseorang menjalani pengobatan yang sangat panjang untuk membunuh virus dan memulihkan imun tubuhnya.

Kerja Sistem Imun Dalam Tubuh

Fungsi sistem imun

Sistem imun banyak sekali fungsinya, fungsi-fungsi untuk menjaga tubuh dibagi dalam 3 bagian yaitu: 

Sistem pertahanan
Sistem ini berfungsi sebagai sistem pertahanan tubuh untuk menangkal mikroorganisme atau zat asing dalam tubuh agar terhindar dari penyakit yang berbahaya.

Keseimbangan komponen tubuh (homeostatis)
Homeostatis adalah keseimbangan yang terdapat dalam tubuh yang berfungsi sebagai penghubung semua sistem yang ada dalam tubuh. Sehingga adanya keseimbangan homeostatis ini untuk menjaga seluruh sel bekerja dengan baik.

Perbaikan jaringan
Jarigan didalam tubuh yang rusak seperti penyembuhan lluka, meregenerasi sel (memperbarui sel dengan mengganti sel yang lama menjadi baru).

Kerja Sistem Imun Dalam Tubuh

Letak sistem imun tubuh

Sistem imun terletak menyebar dalam tubuh. Organ yang menghasilkan sistem imun adalah limpa, limpa ini menghasilkan sel darah putih. Lalu sel darah putih disimpan dalam 3 tempat yaitu timus, limpa dan sumsum tukang belakang.

Sel darah putih mempunyai dua tipe, dimana tipe ini bekerja sama dalam mencari dan membunuh mikrooganismeyang masuk kedalam tubuh, yaitu:

Limfosit
Sel-sel yang membantu tubuh mengingat dan mengenali benda asing yang masuk. Limfosit ini terbagi menjadi limfosit B (sel B) dan limfosit T (sel T). Limfosit B pembentukannya berada di sumsum tulang sedangkan limfosit T terjadi di kelenjar timus.

Fagosit
Sel sel yang menghancurkan benda asing

Kerja sistem imun 

Saat terjadi masuknya mikroorganisme atau benda asing (read: antigen), secara otomatis antigen akan terdeteksi oleh serangkaian sel imun untuk melindungi tubuh agar tidak terinfeksi. Pada proses ini, beberapa macam sel bekerja sama untuk memberikan proteksi dan merangsang sel B dan sel T. 

Sel B berfungsi sebagai penghasil antibodi, yang mana antibodi adalah protein yang akan menempel pada antigen. Sedangkan sel T berfungsi untuk menghancurkan antigen yang telah ditumpangi oleh protein tersebut dan juga memberi sinyal kepada fagosit untuk melakukan tugasnya.

Setelah antibodi terbentuk, antibodi juga mengenali antigen tersebut, sehingga dalam beberapa waktu antibodi tersebut menemukan antigen yang sama datang kembali, secara otomatis akan terprotect dan akan menghancurkannya. 

Selain untuk menghancurkan antigen, antibodi juga dapat menetralkan racun yang dibawa atau dihasilkan oleh antigen dengan cara mengaktifkan sel komplemen. Sel ini adalah bagian dari sistem imun yang membantu membunuh virus, bakteri, dan sel-sel yang terinfeksi.

Nah sobat, seperti itulah fungsi dan cara kerja sistem imun yang berada di dalam tubuh, perlindungan dari sel imun menjaga kesehatan kita dari penyakit. Selain perlindungan dari dalam kita juga harus melakukan perlindungan dari luar, seperti menjaga kesehatan tubuh dan rajin berolah raga.

Sekian artikel yang aku buat ini. Semoga bermanfaat bagi kalian.

Penulis : Nuril Fitri Amaliyah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel