Iklan Responsif

Sikat Gigi Saat Puasa

Apakah sikat gigi di bulan puasa menambah rasa haus?


Sikat Gigi Saat Puasa

Sikat Gigi di bulan puasa

Halo sobat ilmiah kembali lagi bersama saya di artikel ilmiah ini. Karena pada waktu saya membuat artikel ini saya sedang melaksanakan ibadah puasa ramadhan saya akan membahas apakah sikat gigi di bulan puasa menambah rasa haus.

Mungkin berberapa kalian ketika puasa pasti ada yang pernah berpikir apakah efektif saat kita bulan puasa ini kita menyikat gigi kita.Apakah ketika puasa kita menyikat gigi kita akan semakin membuat kita haus? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan saya jawab di Artikel yang saya buat kali ini

Sikat Gigi Saat Puasa

Hukumnya Sikat Gigi saat Puasa

Yang pertama kita bahas dalam artikel ini adalah bagaimana Sih hukumnya sikat gigi saat puasa? Menurut berbagai dalil dan keputusan ulama di dunia sikat gigi hukumnya adalah makruh.Di mana saat bulan puasa kita diperbolehkan untuk sikat gigi tetapi jika kita tidak melaksanakannya kita mendapatkan pahala. 

Tetapi dari berberapa saran dari ulama sebaiknya kita sikat gigi saat kita sahur atau setelah buka karena setelah berpuasa mulut kita akan berbau tidak sedap dan akan mengganggu orang sekitar kita.

Dari yang kita telah pahami kita disarankan untuk menyikat gigi saat sahur atau berbuka saat puasa lalu bagaimana dengan orang yang tidak puya waktu untuk sikat gigi saat berbuka atau sahur dan hanya bisa sikat gigi ketika waktu berpuasa? Apakah dia akan semakin haus ? 

Apakah dengan rasa haus itu dia akan Mokel  saat berpuasa? Jawabannya adalah tergantung dari seberapa kuat iman dari orang yang sikat gigi tersebut saat dia puasa. Jika iman dari orang itu kuat saat berpuasa seberapa haus apapun dia, dia tidak akan mokel karena dia akan selalu merasa di awasi oleh Allah SWT dan takut melakukan hal dosa seperti mokel.

Sikat Gigi Saat Puasa


Menggunakan Pasta Gigi  saat Puasa

Lalu bagaimana pengaruh pasta gigi terhadap rasa haus kita saat puasa? Pasta gigi merupakan sebuah bahan yang di gunakan manusia untuk membersihkan mulutnya.Pasta gigi digunakan dengan cara dioleskan di atas sikat gigi dan digosokkan pasta tersebut ke gigi kita.

Di mana di dalam pasta gigi terdapat agen abrasif berfungsi untuk membantu mengusir sisa makanan, bakteri, dan beberapa noda di gigi, humektan yang  digunakan dalam pasta gigi untuk mencegah hilangnya air dalam pasta gigi sehingga pasta gigi tidak menjadi keras ketika terkena udara saat dibuka. 

Zat pengikat yang merupakan koloid hidrofilik yang mengikat air dan digunakan untuk menstabilkan formulasi pasta gigi dengan mencegah pemisahan fase padat dan fase cair, pewarna makanan untuk mewarnai pasta, dan perasa berupa pemanis buatan, termasuk sakarin yang sering ditambahkan pada pasta gigi untuk membuat rasanya lebih baik.

Dari bahan-bahan yang terdapat pada pasta gigi yang paling berpengaruh untuk menambah rasa haus adalah perasa yang berupa pemanis buatan di mana perasa tersebut dapat menambah nafsu kita yang sedang berpuasa karena perasa yang biasa di gunakan dalam pasta gigi lebih sering berasal dari makanan atau minuman yang aromanya menyengat dan menambah rasa haus kita saat puasa.

Sikat Gigi Saat Puasa

Pasta Gigi Rasa buah-buahan

Dari penjelasan di atas kita telah mengetahui bahwa yang menyebabkan rasa haus adalah zat perasa dalam pasta gigi seperti pada pasta gigi berasa buah-buahan, dari penjelasan itu lah saya kumpulkan berbagai rasa pasta gigi yang disarankan untuk tidak di pakai sikat gigi saat puasa.

Rasa-rasa tersebut diantaranya adalah:

  • Pasta gigi rasa stroberi, alasannya karena dengan aroma stoberi rasa haus kita menambah karena aroma manisnya dapat membuat orang yang imannya kurang kuat tergiur.
  • Pasta gigi rasa nanas,  sama alasannya dengan pasta gigi rasa stroberi di mana aroma manisnya dapat membuat orang yang imannya kurang kuat tergiur.
  • Pasta gigi mint coklat dan rasa-rasa makanan lainya, alasannya sama dengan rasa-rasa sebelumnya di tambah dengan rasa pasta gigi ini kita juga menambah rasa lapar jadi tidak di sarankan sekali menggunakan pasta gigi ini.


Sikat Gigi Saat Puasa

Pasta Gigi Terbaik

Nah, untuk mengurangi menambah rasa haus dan lapar ternyata perusahaan pasta gigi juga dapat membuat pasta gigi yang mempunyai perasa yang tidak menambah rasa haus kita saat puasa, perasa-perasa tersebut di antaranya adalah :

  • Pasta gigi rasa Daun Sirih, Alasannya karena aroma daun sirih dapat mengurangi rasa haus saat beraktivitas
  • Pasta gigi rasa mint murni, Alasannya karena mint memberikan rasa segar di mulut sehingga mengurangi rasa haus.
  • Pasta gigi Ever fresh, karena pasta gigi akan memberi kesegaran nafas sama seperti halnya dengan pasta rasa mint murni.
  • Pasta gigi cool jell, karena pasta gigi ini cenderung tidak berasa sehingga tidak menambah rasa haus saat kita puasa.


Waktu Sikat Gigi yang Benar

Setelah kita membahas bagaimana rasa pasta gigi mempengaruhi rasa haus kita saat berpuasa dan macam-macam rasa yang menambah dan tidak menambah rasa haus saat puasa kita akan membahas waktu sikat gigi yang tepat saat bulan puasa.

Waktu yang palin tepat untuk sikat gigi saat bulan puasa adalah saat berbuka dan saat sahur karena pada saat berpuasa hokum menyikat gigi menjadi makruh dan sebaiknya tidak di kerjakan. Alasannya karena saat berbuka atau sahur lebih optimal untuk menyikat gigi karena pada waktu tersebut kita tidak harus khawatir air masuk ke dalam tenggorokan dan membatalkan puasa kita.

Itu saja yang bisa kita bahas pada artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi saya penulis dan anda semua yang membaca artikel saya. Jika ada salah mohon dimaafkan.
Terima Kasih

Penulis : Muhammad Nuh Fathsyah Siregar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel