Iklan Responsif

Buah Mengkudu Yang Kaya Manfaat

Buah Mengkudu

Hallo teman-teman ilmiahku, disini kita akan membahas tentang buah mengkudu. Pasti kita semua mengenal dengan buah yang memiliki ciri khas dengan bau tajam yang menusuk dan tidak sedap ini. Meskipun memiliki bau yang tidak enak, namun mengkudu memiliki banyak manfaat lo teman. 
Buah Mengkudu Yang Kaya Manfaat

Sebagian masyarakat meyakini bahwa buah mengkudu memiliki banyak manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit, seperti pilek, kolesterol, rematik dan sebagainya. Lalu, apa saja kandungan dan hal yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi buah mengkudu? Mari, simak penjelasannya. 

Pengertian buah mengkudu

Buah mengkudu merupakan buah berwarna hijau yang banyak ditemukan di daerah asia tenggara termasuk Indonesia. Mengkudu mengandung zat-zat yang banyak sekali, salah satunya adalah kalium yaitu mineral yang membantu untuk mempertahankan daya tahan tubuh. Selain itu, buah mengkudu juga banyak digunakan sebagai bahan obat-obatan, bahkan daun, bunga, batang, buah hingga akarnya pun bisa dimanfaatkan.

Kandungan Buah Mengkudu

1. Nutrisi. 
Buah mengkudu merupakan buah yang memiliki nutrisi lengkap yaitu mengandung vitamin, protein dan berbagai mineral seperti selenium dan senyawa-senyawa lainnya.

2. Terpenoid
Terpenoid merupakan zat yang berperan sebagai sintesi organic serta zat pemulih sel-sel tubuh. 

3. Scolopetin
Scolopetin merupakan senyawa obat anti alergi dan zat anti peradangan yang ampuh.

4. Zat antibakteri 
Zat antibakteri dapat membunuh beberapa bakteri yang dapat mengakibatkan infeksi ke tubuh.

5. Zat anti kanker
Berperan untuk melawan sel-sel abnormal penyebab kanker.

6. Zat Asetil
Zat asetil berperan untuk membunuh kuman yang ada di dalam tubuh.

7. Zat Moridon. 
Mengonsumsi mengkudu dapat membantu kita untuk melancarkan buang air besar (BAB).

8. Zat terpenes
Zat terpenes memiliki peran penting yaitu untuk meremajakan berbagai sel yang ada dalam tubuh. 

Manfaat Buah Mengkudu

1. Meningkatkan stamina
2. Mengobati Demam. Sifat antivirus yang terdapat pada buah mengkudu dapat membantu mengatasi batuk, demam dan nyeri. 
3. Tekanan darah tinggi dapat berkurang jika anda meminum empat ons jus mengkudu setiap harinya selama satu bulan.
4. Melembapkan Kulit. Buah mengkudu mengandung antioksidan sehingga dapat digunakan sebagai pelembab dengan cara mengoleskan buah mengkudu pada kulit. 
5. Mencegah kanker. Buah mengkudu memiliki senyawa yang dapat melawan kanker dan memiliki sifat yang merangsang kekebalan tubuh dan melawan tumor.
6. Mengobati Arthritis. Rasa sakit dan kerusakan sendi yang terlibat dalam arthritis dapat diatasi dengan mengonsumsi buah mengkudu.
7. Mengobati iritasi pada kulit kepala. Buah mengkudu memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang dapat membantu mengobati iritasi pada kulit kepala.
8. Mencegah penuaan. Kandungan Vitamin C pada buah mengkudu dapat membantu mencegah penuaan, melawan radikal bebas dan menjaga elastisitas kulit.

Cara Mengolah Buah Mengkudu

Buah mengkudu memang memiliki banyak manfaat. Tetapi, aroma buah mengkudu yang tidak sedap dan sangat menyengat membuat seseorang enggan untuk mengonsumsinya. Maka, kita harus mengetahui beberapa cara agar mengkudu lebih enak untuk dikonsumsi.


Jus Mengkudu

1. Siapkan 2-3 buah mengkudu yang berwarna kekuningan tetapi belum matang, karena buah mengkudu yang terlalu matang akan mengeluarkan bau yang sangat menyengat. Pilih buah mengkudu kemudian cuci dengan air bersih
2. Agar mudah untuk di blender, maka buang semua biji buah mengkudu
3. Masukkan kedalam blender dengan sedikit tambahan air matang
4. Tambahkan sirup atau madu agar jus lebih nikmat untuk dikonsumsi. Kemudian blender kembali hingga buah mengkudu benar-benar cair.
5. Saring jus yang sudah diblender kemudian tambahkan es batu secukupnya (jika suka) 
6. Jus buah mengkudu siap untuk diminum.

Cara Sederhana Tanpa Menggunakan Blender

Siapkan 2 buah mengkudu, potong menjadi empat bagian kemudian peras hingga semua air pada mengkudu benar-benar keluar. Tambahkan satu sendok makan madu atau sirup agar terasa lebih nikmat apabila dikonsumsi. Sari mengkudu ini sangat berkhasiat untuk mengobati penyakit darah tinggi.

Bahaya Mengonsumsi Buah Mengkudu

Mengkudu relative aman untuk dikonsumsi. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi buah ini. Berikut adalah bahaya mengonsumsi mengkudu:
1. Ibu hamil dan menyusui
Memakan buah mengkudu harus dihindari oleh ibu hamil dan menyusui karena dipercaya bisa berdampak buruk untuk kesehatan janin.

2. Menyebabkan kelelahan, mual, gangguan pada ginjal dan jantung.
Mengonsumsi mengkudu dapat meningkatkan kadar kalium yang tinggi dalam tubuh dan dapat menyebabkan tubuh menjadi lelah, mual, sulit bernapas, gangguan ginjal dan jantung.

3. Penyakit ginjal
Seseorang yang memiliki penyakit ginjal harus menjauhi untuk mengonsumsi buah mengkudu karena kandungan kalium yang ada didalamnya dapat memperparah kondisi seseorang yang memiliki gangguan pada ginjal.

4. Menyebabkan gangguan pada organ hati
Mengonsumsi buah mengkudu secara berlebihan dapat membuat seseorang terkena gangguan pada organ hati.

Penulis: NOVI UMROTUS SA’ADAH

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel