Iklan Responsif

Biduran, Apa Itu?

BIDURAN

Hallo kawan!
Kali ini aku akan membahas mengenai biduran, kalian semua tahu tidak apa itu biduran? Nah kalau belum mari baca artikel kali ini supaya kalian semua tahu tentang biduran. Selamat membaca artikel ini!

Biduran, Apa Itu?

Pengertian Biduran

Apa itu biduran? Biduran atau juga bisa disebut dengan Urtikaria adalah suatu kondisi kulit saat kulit terasa gatal dengan bersamaan muncul bentol-bentol berwarna kemerahan. 

Biduran dapat muncul secara tiba-tiba di seluruh bagian tubuh, semisal pada bagian lengan, wajah, kaki, atau badan. 

Biduran dapat terjadi pada perempuan maupun laki-laki tetapi yang sering terkena biduran adalah perempuan dibandingkan laki-laki. 

Jenis Biduran

biduran memiliki beberapa jenis, berdasarkan renggang waktu terjadi, biduran dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Biduran akut, kondisi ini muncul secara tiba-tiba, tetapi akan sembuh dan reda dalam waktu yang cukup cepat. Biasanya akan hilang dalam jangka hitungan hari.
  • Biduran kronis, kondisi ini akan lebih lama sembuh dan reda dibandingkan dengan jenis biduran akut.



Jadi, jangan sampai salah mengenali jenis biduran.

Penyebab Biduran

setiap permasalahan pasti ada penyebabnya, seperti halnya biduran kondisi ini memiliki beberapa penyebab, diantaranya ialah:

1. Alergi

Biduran dapat disebabkan karena alergi, bisa alergi makanan dan minuman. Alergi makanan dan minuman misal telur, kacang, dan makanan atau minuman yang mengandung pengawet. 

Ketika anda sudah memiliki alergi seperti ini sebaiknya lebih berhati- hati dan menghindari untuk tidak mengkonsumsi makanan atau minuman tersebut.

2. Udara atau suhu

Biduran bisa muncul ketika kondisi tubuh kita tidak bisa menyesuaikan dengan kodisi udara luar atau suhu luar. Biasanya bisa terjadi karena paparan sinar matahari, suhu dingin, atau angina yang kencang. Kondisi ini sering terjadi kepada orang yang memiliki kulit senditif.

3. Berkeringat 

Pada saat tubuh kita melakukan aktifitas yang berat pastiakan mengeluarkan keringat, dengan mungculnya keringat dapat memicu biduran. 

Hal ini dikarenakan saat tubuh berkeringat, tubuh akan memproduksi asetilkolin, yaitu suatu zat yang menghambat pemecahan sel. 

Saat tubuh sudah menghasilkan asetilkolin maka dapat menggangu perkembangan sel kulit jadinya kulit akan iritasi dan memicu gatal atau ruam.

4. Stres

Saat kita mengalami stress, dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun  sehingga tubuh sangat rentan terkena penyakit. Jadi masalah kulit atau biduran akan mudah menyerang tubuh kita.

Sudah tahu kan apa penyebab dari biduran jadi kalu bisa tetap jaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bisa terhindar dari segala penyakit.

Efek Biduran 

Biduran akan menimbulkan beberapa reaksi pada tubuh, misalnya:

  • Ruam atau benjolan pada kulit
  • Rasa gatal 
  • Kemerahan pada kulit
  • Rasa panas pada setiap benjolan.



Nah itulah efek biduran, tapi terkadang kalau hal tersebut semakin parah sebaiknya langsung ke rumah sakit dan segera ditangani dokter.  

Cara Mengatasi Biduran

Ada beberapa cara untuk mengatasi biduran, yakni sebagai berikut:
  • Mengkonsumsi obat resep dokter semisal antihistamin, obat ini akan memberi efek mencegah efek gatal-gatal seta memblokir pelepasan histamin oleh tubuh yang menjadi pemicu kemunculan gejala biduran. Ada juga obat Chlorpheniramine (CTM), obat ini akan memberi efek kantuk sehingga dapat meredakan rasa gatal.
  • Menghindari produk yang bisa mengiritasi kulit
  • Memakai baju longgar dapat membuat kulit yang terkena biduran dapat bernapas dan menjaga suhu tubuh tetap sejukdan normal.
  • Menghindari menggaruk kulit yang terkena biduran karena semakin kita menggaruk maka akan semakin banyak muncul ruam atau benjolan dan rasa gatal yang bertambah.

Ya itulah contoh beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi biduran.

Nah kalian semua sudah pada tahu  ana pa itu biduran, penyebab, dan cara mengatasinya. Terima kasih sudah menyempatkan untuk membaca artikel ini semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian semua. 


Penulis : Rela Amalyaningsih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel