Iklan Responsif

Apa Yang Menjadi Penyebab Kemandulan?

PENYEBAB KEMANDULAN


Penyebab Kemandulan

Apakah anda mengetahui tentang kemandulan?

Hallo, artikel kali ini akan membahas tentang kemandulan yang banyak dialami oleh wanita maupun pria. Banyak diantara pasangan yang tidak memiliki keturunan karena mandul. Namun, apa saja yang menjadi penyebab kemnadulan? Yuk, cari tahu.

Kemandulan adalah suatu kondisi ketika tidak dapat memiliki keturunan. Kemandulan bisa terjadi pada laki-laki maupun perempuan. 

Kemandulan pada laki-laki biasanya disebabkakn karena seorang laki-laki yang tidak dapat menghasilkan sel sperma atau sel sperma yang dihasilkan tidak baik atau tidak dapat membuahi sel telur pada wanita. 

Namun, kemandulan yang dialami oleh seorang perempuan biasanya disebabkan karena sel telur yang terdapat pada indung telur tidak dapat lepas. 

Atau bisa jadi karena sel telur yang ada pada seorang wanita telah rusak sehingga tidak bisa dibuahi. Seorang perempuan yang mengalami kemandulan tidak akan memiliki seorang anak atau tidak bisa hamil. 

Perbedaan Dengan Tidak Subur

Banyak sekali yang mengatakan bahwa kemandulan disamakan dengan tidak subur. Faktanya, kemandulan berbeda dengan tidak subur. 

Jika seseorang itu mengalami kemandulan maka tidak akan mempunyai keturunan selamanya. 

Sedangkan seseorang yang dikatakan tidak subur akan memiliki keturunan walaupun tidak dalam waktu yang singkat. 

Tidak subur yaitu jika seorang pasangan sudah pernah memiliki keturunan namun ketika ingin mempunyai keturunan lagi merasa sulit. 

Ketika seorang wanita telah dibuahi atau mengalami hamil tetapi tidak dapat mempertahankan kehamilannya itu juga dapat dikatakan tidak subur. 

Kemandulan dan ketidaksuburan untuk dapat memiliki keturunan bisa juga sebabkan karena faktor luar yaitu terkena virus. 

Salah satu virus yang menyebabkan kemandulan yaitu virus Toxoplasmosis yang dibawa oleh tubuh kucing. 

Sehingga wanita yang sedang hamil tidak boleh beradaptasi dengan kucing karena virus tersebut akan membahayakan janin yang dikandung. Bahkan janin akan lahir dalam keadaan cacat.

Apa yang menyebabkan kemandulan?

Kemandulan disebabkan karena ketidaksuburan organ reproduksi. Ketidaksuburan pada organ reproduksi bisa terjadi pada wanita maupun pria. 

Kemandulan akan menyebabkan seorang pasangan tidak dapat menghasilkan keturunan. Ada berbagai penyebab yang menyebabkan kemandulan. 

Diantaranya adalah: 

  • Saluran sperma tersumbat, hal ini terjadi pada pria. Yang menyebabkan sperma tidak bisa sampai ke sel telur
  • Gangguan ejakulasi, gangguan seperti ni biasanya terjadi pada sebagian pria
  • Kelainan enzim sperma, kelainan seperti ini disebabkan karena sperma sulit berenang menuju ke sel telur.
  • Gangguan lendir serviks, gangguan seperti ini terjadi pada seorang wanita. Sehingga sel telur bisa menerima sel sperma. 
  • Gangguan ovulasi, gangguan ini terjadi pada wanita. Sel telur tidak bisa melepaskan diri dari endometium sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk bisa hamil.  


Bagaimana jenis-jenis pada kemandulan?

Infertilitas primer, yaitu kondisi masalah ketidaksuburan pada wanita, biasanya kondisi ini terjadi pada wanita yang belum pernah hamil. 

Infertilitas sekunder, yaitu kondisi masalah ketidaksuburan yang terjadi pada wanita yang sudah pernha hamil dan sudah pernah menlahirkan namun sulit untuk mendapatkan keturunan lagi setelahnya.

Apa yang menyebabkan kemandulan pada pria

Banyak sekali yang beranggapan bahwa kemandulan berasal dari seorang wanita, karena tidak dapat memberikan keturunan. 

Faktanya kemandulan tidak hanya terjadi pada wanita saja. Namun, kemandulan juga terjadi  pada pria. 

Hal tersebut disebabkan karena terdapat kelainan pada organ pria. Kalainan tersebut antara lain:

  • Terseumbatnya saluran sperma sehingga menyebabkan sperma tidak bisa membuahi.
  • Varicocles, yaitu penyakit pembesaran pembuluh darah (varises) yang terdapat pada skrotum dan sangat mengganggu sirkulasi darah.
  • Kemandulan bisa juga disebabkan karena kualitas sperma yang tidak sempurna. Yang menyebabkan sperma tidak bisa berenang menuju sel  telur.



Penulis: Silvia Melinda





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel