Iklan Responsif

Cara Menjaga Agar Kutil Tidak Tumbuh Kembali

Bagaimana Kutil Bisa Tumbuh?

Bagaimana Kutil Bisa Tumbuh?

Wart (Kutil)

Hallo teman-temanku, kali ini artikelku akan membahas tentang tumbuhnya kutil. Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan kutil. Namun, kalian belum mnegetahui apa penyebabnya kutil bisa tumbuh? Yuk, cari tahu tentang kutil.

Kutil adalah suatu kelainan pada dasar permukan kulit yang biasanya ditandai dengan benjolan berupa daging tumbuh, benjolan ini mempunyai tekstur kasar dan memiliki warna pucat sedikit coklat, kutil kadang terasa gatal dan sakit bila tersentuh. 

Pada gangguan kutil berbeda dengan tahi lalat. Jika tahi lalat lebih besar dan berwarna hitam, namun kutil berwarna coklat dan cenderung lebih kecil dan terasa kasar.  

Penyebab kutil bisa tumbuh

Kutil disebabkan karena virus yang bernama Human Papilloma Virus (HPV), virus ini merupakan virus yang menyebabkan penyakit kanker. 

Tetapi kutil bukanlah kanker. Virus Human Papilloma Virus ini akan hanya akan menyebabkan lapisan protein keras pada lapisan luar (epidermis kulit) menjadi tumbuh lebih cepat.

Kutil ini bisa menular antara satu orang dengan orang lainnya. Namun tergantung orangnya, karena sistem kekebalan tubuh setiap orang berbeda beda. 

Ada orang yang yang hanya bersentuhan saja langsung tertular kutil, namun ada juga yang walaupun bersentuhan tetapi tidak terkena gejala adanya kutil.

Gejala-gejala kutil

Kutil biasanya timbul pada permukaan kulit. Gejala-gejala tumbuhnya kutil ditandai dengan adanya:

  • Benjolan yang berwarna coklat di permukaan kulit.
  • Tekstur kutil terasa kasar.
  • Bagian yang ditumbuhi kutil akan terasa gatal.
  • Terkadang sebagian jenis kutil akan tumbuh dengan rasa sakit bila tersentuh.



Jenis-jenis kutil

Ada berbagai macam kutil tergantung tempat yang ditumbuhi. Berikut ini akan dijelaskan mengenai macam-macam kutil:


  • Verruca Vulgaris, jenis kutil ini disebut dengan kutil biasa. Kutil ini biasanya tumbuh di bagian lutut, siku, dan di sela jari-jari. Tekstur kutil ini memiliki tekstur kasar disertai dengan bintik-bintik gelap. Bintik-bintik tersebut berasal dari pembekuan darah.
  • Verruca Plana, jenis kutil ini disebut dengan kutil pipih. Kutil pipih biasanya tumbuh pada sekitar tangan, kaki maupun wajah. Kutil pipih memiliki bentuk yang datar dan pipih serta memiliki warna kecoklatan dan agak kekuningan. Sering kali yang mengidap kutil pipih ialah anak-anak.
  • Kutil Periungual, jenis kutil ini umumnya tumbuh pada kuku tangan dan kaki. Kutil ini memiliki tekstur yang kasar. Biasanya kutil periungual akan mempengaruhi bentuk kuku penderita. Jika kutil ini tidak segera diobati maka akan mengakibatkan kerusakan pada kuku dan penderitanya akan merasakan sakit di sekitar jari.
  • Kutil Filiformis, jenis kutil ini biasanya tumbuh pada bagian sekitar wajah, leher dan juga pada ketiak. Jika kutil filiformis tumbuh di sekitar wajah, namun jenis kutil ini hanya tumbuh di kelopak mata. Tentu saja hal tersebut mengganggu penampilan.
  • Kutil Plantar, kutil ini biasanya sering ditemui di area bawah kaki dan telapak tangan, kutil ini sering disebut dengan mata ikan. Dengan bnetuk bulat dan menonjol ke permukaan kulit dengan titik hitam yang berada di tengan dan disekitarnya memiliki warna putih.



Cara menjaga agar kutil tidak tumbuh kembali

Untuk menjaga agar kutil tidak tumbuh kembali atau agar tidak tertular kutil. Maka harus memperhatikan hal-hal berikut ini:


  • Jangan pernah menyentuh kutil secara langsung atau tanpa sarung tangan 
  • Jika tidak sengaja menyentuk kutil, maka harus mencucuikan dapat terjadi penyebaran di area tubuh yang lain. tangan dengan benar dan bersih.
  • Jangan pernah mencoba-coba untuk menghilangkan kutil secara paksa karena dikhawatir
  • Jangan pernah bergantian handuk dengan penderita kutil.



Penulis : Silvia Melinda Paramitha

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel