Iklan Responsif

Seberapa Bahayakah Sinar UV Bagi Manusia?

Apakah Sinar UV Berbahaya?

Sinar UV Dapat Menyebabkan Kanker?

Mitos atau fakta bahwa sinar UV dapat menyebabkan kanker? Tentunya, kita sering mendengar desas-desus yang mengatakan bahwa sinar UV dapat menyebabkan kanker. 

Seberapa Bahayakah Sinar UV Bagi Manusia?


Dan benar adanya Sehari-harinya, kulit kita terkena sinar matahari. Tanpa sadar, pada sinar matahari tersebut juga terdapat radiasi dari sinar ultraviolet (UV). 

Radiasi matahari pada kulit sangatlah berbahaya, bahkan mampu meningkatkan risiko kalian terkena kanker kulit.

Sebenarnya, sinar matahari dibutuhkan dalam pembentukan dan kesehatan tulang karena sinar matahari dapat membantu produksi vitamin D oleh tubuh. 

Namun, terlalu banyak paparan sinar matahari pada kulit juga dapat membawa dampak negatif. 

Jika kulit Anda tidak kuat dengan paparan sinar matahari langsung dalam waktu lama, mungkin kulit Anda akan terbakar.

Sinar UV Untuk Penyembuhan Kanker

Sinar UV tak hanya memiliki dampak negatif, namun juga dampak positif. Sinar UV banyak digunakan di bidang kesehatan, contohnya untuk terapi kanker. 

Sinar UV bekerja dengan cara merusak DNA yang mengatur pembelahan diri sel kanker, sehingga sel tidak lagi bisa berkembang dan bahkan mati. 

Sel-sel yang normal juga dapat terpengaruh terhadap radioterapi, tetapi efek samping yang ditimbulkan akan hilang jika sudah tidak melakukan terapi. 

Tidak seperti kemoterapi yang mempengaruhi seluruh bagian tubuh karena menggunakan aliran darah sebagai perantaranya, radioterapi adalah pengobatan lokal yang bertujuan untuk menurunkan jumlah sel kanker tanpa harus merusak sel-sel serta jaringan yang ada di sekitar sel kanker.

Ukur Tingkat Radiasi Sinar UV dengan Index UV 

Bagaimana caranya mengukur tingkat radiasi sinar UV? Gampang! Kita hanya pelu alat pengukur sinar UV-340 B. 

Dengan alat itu kita dapat mengetahui kadar keganasan sinar UV. Selain itu, alat ini berfungsi sebagai alat monitoring untuk memantau atau untuk mengetahui kadar sinar ultraviolet yang ada pada lingkungan kita. 

Pengukuran kadar sinar UV ini bertujuan untuk mengetahui apakah kadar sinar Ultra Violet yang ada di lingkungan kita masih aman atau tidak.

Kandungan sinar ultraviolet yang berlebih dapat menimbulkan radiasi dan dapat merugikan kesehatan baik untuk manusia maupun hewan dan mahluk hidup lainya. 

Cara Efektif Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

1. Gunakan tabir surya

Tabir surya merupakan alat paling ampuh untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari dan bahaya sinar ultraviolet. 

Tabir surya sebaiknya di aplikasikan pada permukaan kulit antara pukul 10.00-16.00. 

Bahkan ketika cuaca terlihat mendung, ahli kesehatan tetap mewajibkan kita untuk menggunakan tabir surya karena sebenarnya, awan hanya bisa mengurangi intensitas sinar ultraviolet dan bukan membloknya sama sekali. 

Bagi kamu yang malas menggunakan tabir surya secara khusus, kamu bisa memanfaatkan beberapa produk kecantikan yang dilengkapi dengan tabir surya (SPF) seperti day cream atau yang lainnya. 

Tidak hanya bagi wanita, tabir surya juga dianjurkan untuk digunakan oleh laki-laki dan siapapun yang berkulit gelap. 

Menurut penelitian, semakin putih warna kulit kita, maka akan semakin rentan terkena bahaya sinar ultraviolet. 

Walau demikian, tidak berarti orang yang berkulit gelap juga tidak bisa terkena kanker kulit atau berbagai bahaya sinar matahari lainnya. 

Jadi, apapun warna kulitmu, kamu perlu perlindungan.

2. Gunakan produk-produk yang dilengkapi dengan tabir surya

Kita sering merasa bahwa kulit yang perlu dilindungi hanyalah bagian tengkuk dan lengan. Padahal, wajah, mata, dan bibir juga sebenarnya perlu perlindungan. 

Bagi kamu yang cewek, menggunakan lipstik atau lip balm yang dilengkapi dengan SPF minimal 30 bisa adalah cara ampuh melindungi kulit dari sinar ultra violet (UVA dan UVB) dari matahari. 

Selain itu, kalau kamu sering keluar di siang hari, kamu wajib punya dan memakai sun glasses, tidak hanya untuk gaya-gayaan, melainkan untuk melindungi matamu dari radiasi matahari. 

Hindari menggunakan kacamata yang bisa memantulkan sinar matahari, seperti kacamata yang bekerja seperti cermin, karena pantulan sinar matahari yang jatuh di kacamatamu bisa saja menyebar di sekitar kulit wajah.

Jadi, Lebih Baik Menghindari Atau …. 

Jadi, sinar UV mempunyai dampak positif dan negatif! Dampak positifnya dapat menyembuhkan kanker dan sebagai alat penyembuhan oleh dunia medis. 

Sedangkan dampak negatifnya adalah dapat menimbulkan kanker di siang hari. Jadi, hati-hati, ya! Sekian, artikel ini. Sampai bertemu di lain tema! 

Penulis : Putri Tasyana Wihar Fairuz

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel