Iklan Responsif

Cara Merawat Rambut


Merawat Rambut

 Pengertian rambut

Hallo kembali lagi dengan kita sahabat literasi, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana caranya merawat rambut agar rambut kita sehat berkilau tetapi tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Yuk baca artikel ini jika ingin tahu bagaimana caranya!

Cara Merawat Rambut

Sebelumnya apakah kalian pernah berfikir, rambut itu hidup atau mati? Kenapa rambut mampu mengalami pertumbuhan secara terus menerus,buktinya saat setelah dipotong rambut bisa kembali panjang. Rambut adalah salah satu bagian dari tubuh manusia yang mengalami pertumbuhan terus menerus. Rambut memiliki keunikan yakni mampu bertumbuh lebih cepat dibandingkan dengan jaringan tubuh manusia lainnya. Padahal dalam tiap helai rambut tidak terdapat jaringan atau sistem saraf, namun mengapa rambut setelah dipotong masih bisa tetap bertumbuh?, dan saat dipotong tidak merasa sakit, serta tidak mengeluarkan darah. Jadi rambut termasuk bagian organ manusia yang mati. Namun bagaimana cara rambut tetap tumbuh.? Sebenarnya bukan rambut yang hidup, namun akar rambut yang terdapat pada kulit kepala manusia merupakan salah satu bagian yang hidup dari organ ini.

Macam-macam rambut

            Perlu kita ketahui bahwa banyak sekali macam-macam rambut, diantaranya adalah:

Rambut lurus
Yakni tipe rambut yang banyak dimilik oleh orang indonesia, tipe rambut ini sangat membosankan namun sangat mudah dirubah bentuknya. Tipe rambut ini sering kali berminyak dengan mudah.

Rambut bergelombang
Tipe rambut yang memiliki komposisi yang pas dan enak untuk dilihat, karena perpaduan antara keriting dan lurus yang terkesan tidak membosankan. Namun tipe rambut ini merupakan tipe rambut yang kurang baik.

Rambut keriting
Tipe rambut ini merupakan tipe rambut yang sulit untuk diatur, namun jika ingin membuat rambut tipe ini lebih mudah diatur kita harus menggunakan produk perawatan rambut pada rambut yang basah. Untuk menghindari kekusutan pada rambut jenis ini maka harus rajin-rajin menggunakan conditioner.

Penyebab rambut rusak


            Setelah mengetahui macam-macam rambut, sekarang kita membahas tentang apa sajakah yang dapat menyebabkan rambut kita rusak. Namun kita akan membahas 2 macam kerusakan pada rambut yang mungkin paling sering dialami, yakni rambut rontok dan rambut kering.
1.      Rambut rontok: rambut rontok sendiri banyak sekali sebabnya, seperti:
a.   Penggunaan bahan kimia, penggunaan bahan kimia pada rambut yang berlebihan dapat menyebabkan rambut rontok, terutama jika bahan kimia tersebut memiliki dosis yang tinggi.
b.  Penggunaan alat penata rambut seperti hair dryer dan catok, alat ini biasa digunakan untuk mengeringkan rambut dan meluruskan rambut, dan memiliki pengaruh panas untuk rambut yang mengakibatkan akar dari rambut tersebut patah
c.   Efek samping dari obat juga dapat menyebabkan kerontokan pada rambut, namun tidak semua obat dapat mengakibatkan kerontokan, hanya obat depresi, pengencer darah, kemoterapi, dan kontraseps saja.
d.  Karena penyakit tertentu, beberapa penyakit dapat menyebabkan kerontokan pada rambut, seperti diabets, lupus, syndrome down, dan hopertiroidisme.
e.   Sinar matahari dan polusi udara juga dapat menyebabkan rambut rontok, karena sinar matahari dan polusi dapat menyebabkan berkurangnya keratin pada rambut, dan fungsi keratin sendiri yakni menjaga kesehatan rambut agar tetap berkilau. Dan masih banyak lagi penyebab dari rambut rontok.

2.      Rambut kering:
a.  Selain dapat menyebabkan kerontokan, sinar matahari juga mampu menyebabkan rambut kering.
b. Penggunaan shampo yang kurang cocok untuk rambut kita juga dapat menyebabkan kerontokan pada rambut.
c.  Terlalu sering mewarnai rambut juga dapat menyebabkan kerontokan yang disebabkan oleh zat kimia pada cat rambut. Dan masih banyak lagi tentunya.

Alami

            Setelah mengetahui masalah-masalah pada rambut kita akan memberikan solusi bagaimana mengatasi kerusakan-kerusakan tersebut dengan bahan-bahan alami disekitar kita yang tentunya tidak menguras kantong dan tidak terdapat bahan kimia yang mungkin akan malah menambah kerusakan, yuk simak bahan alami apa saja yang dapat membantu kita merawat rambut.
Yang pertama yakni minyak zaitun, minyak zaitun memiliki vitamin kompleks yang mampu mengkilapkan rambut dan mampu mengatasi rambut rontok. Kemudian lidah buaya atau aloe vera, vitamin A, vitamin C, kalsium, thiamin, protein, niasin, dan zat besi yang ada pada aloe vera dan menjadikan para ahli meyakini bahwa aloe vera bagus untuk kesehatan rambut. Dan yang ketiga yaitu madu dan jeruk lemon, madu mampu menjadi perwatan rambut kering dan kusam paling efektif, dan jeruk lemon mampu membersihkanrambut dari minyak dan ketombe. Yang keempat adalah daun seledri, jus daun seledri sangat baik untuk kesehatan rambut, vitamin A, protein, dan zinc pada daun seledri mampu menyuburkan, mengusir ketombe dan membuat rambut menjadi lebih lurus. Tentunya masih banyak lagi bahan-bahan almi disekitar kita yang baik untuk kesehatan rambut.

Tips merawat rambut

Selain bahan-bahan alami yang dapat membantu merawat rambut, kita juga memiliki tips merawat rambut agar sehat berkilau dan mudah panjang, berikut adalah tips-tipsnya:
1.      Menggunakan minyak rambut yang cocok untuk rambut secara rutin
2.      Mencuci rambut dengan benar
3.      Gunting rambut secara berkala
4.      Jangan menggunakan hair dryer dan catok terlalu sering
5.      Banyak-banyak mengkonsumsi protein
6.      Menyisir rambut dengan benar. Dan masih banyak lagi
Berikut adalah jenis-jenis rambut, masalah pada rambut, bahan-bahan alami yang mampu menyehatkan rambut, serta tips untuk merawat rambut, terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat.

Author: AFIFA INDAH AMALIA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel