Iklan Responsif

Contoh Makalah Lingkungan Hidup Program Lingkungan Hidup Di Masyarakat

 Tugas IndividuProgram Lingkungan Hidup Di Masyarakat

Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah :
Studi Lingkungan Hidup

Disusun Oleh :
Ifadhatul Jazilah (D08215077)

Contoh Makalah Lingkungan Hidup Program Lingkungan Hidup Di Masyarakat



PRODI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA
2017






A.  Latar Belakang    
Pada dasarnya yang berkepentingan dalam pengelolaan lingkungan hidup ialah  pemerintah, masyarakat dan pelaku usaha lainnya. Sesuai dengan pasal 63 UU Nomor 32 Tahun 2009, menunjuk adanya tugas pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah yakni diantaranya menetapkan kebijakan nasional tentang lingkungan hidup, dan bahwa kebijakan ini harus dilakukan secara terpadu.[1]
Pasal 10 No.23 tahun 1997 tentang pengelolaan lingkungan hidup berbunyi sebagai berikut: pemerintah berkewajiban menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran masyarakat akan tanggung jawabnya dalam pengelolaan lingkungan hidup melalui, penyuluhan, bimbingan, pendidikan dan penelitian tentang lingkungan hidup. Adapun penjelasan dari pasal tersebut ialah “Pendidikan untuk menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran masyarakat yang dilaksanakan melalui jalur pendidikan formal mulai dari taman kanak-kanak, sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi, maupun melalui jalur non formal”.[2]
Lingkungan disekitar adalah lingkungan yang hampir setiap hari ada dalam kehidupan bermasyarakat. Lingkungan yang sehat dan bersih tidak hanya terdapat dalam rumah tetapi juga terdapat di luar rumah  juga harus diperhatikan kebersihannya.
Program lingkungan hidup di masyarakat  sendiri memiliki tujuan untuk memiliki lingkungan yang asri, melaksanakan program pengembangan yang berwawasan lingkungan dan memperindah pemandangan.
Untuk mewujudkan hal tersebut seharusnya di lingkungan masayarakat mengadakan program untuk meningkatkan kualiatas persampahan. Namun kenyataan yang terdapat di lingkungan sekitar sungai brantas yang ada di jl. Pulo tegal sari kec. Wonokromo kel. Wonokromo yang berada dekat dengan sungai brantas ini warga tampaknya tidak mau tahu dengan kesehatan lingkungan di sekitar rumah mereka. 
Mereka membuang sampah tidak pada tempatnya tetapi membuang sampah di tepi sungai. Bagaimana kesehatan mereka dapat terjaga kalau mereka selalu membuang sampah tidak pada tempatnya, malahan dari ulah mereka sendirilah sehingga mereka selalu di serang penyakit.

Beberapa program lingkungan hidup yang  bisa diterapkan  dengan  keadaan lingkungan di masyarakat  diatas akan dibahas dalam proposal program lingkungan hidup kali ini.

B. Fokus Masalah
Berdasarkan dari  observasi yang kami lakukan di jl. Pulo tegal sari kec. Wonokromo kel. Wonokromo terdapat masalah:
 Terjadinya penumpukan sampah yang begitu banyak ini karena tidak adanya kesadaran dari masyarakat setempat karena hal ini terjadi bukan dari masyarakat yang berada di tempat ini saja, tapi dari masyarakat yang berada pada daerah lain. Sebab sampah-sampah ini juga dari aliran got selokan yang ada di depan rumah warga.

C. Pembahasan
Sampah memang sampai sekarang belum teratasi secara baik masih banyak sampah sampah-sampah yang berserakan dimana saja. Menurut saya berdasarkan  pengamatan yang telah saya lakukan terhadap jl. Pulo tegal sari kec. Wonokromo kel. Wonokromo program yang akan dilakuakan bahwa sampah teratasi dengan adanya beberapa hal yang harus dilakukan oleh manusia dalam masyarakat.

  • Mengadakan kegiatan/penyuluhan tentang sampah
  • Menyediakan bak sampah disetiap sudut tempat dan di sepanjang perjalanan
  • Mengambil petugas kebersiahan
  • Melakukan pembersihan/pengangutan sampah yang ada di sekitar sungai brantas setiap minggu
  • Menghimbau setiap warga untuk membuat bak sampah
  • Mengadakan penyuluhan tetntang tatacara yang benar membuang sampah
  • Mengadakan perlombaan kebersihan
  • Upaya keseriusan dalam menangani sampah
  • Membiasakan hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari                                               
Contoh Makalah Lingkungan Hidup Program Lingkungan Hidup Di Masyarakat
 

     Gambar 1

D. Penutup
Berdasarkan semua pengamatan yang saya lakukan, sampah semakin merusak keindahan lingkungan di sekitar sungai brantas yang ada di jl. Pulo tegal sari kec. Wonokromo kel. wonokromo, untuk itu warga sekitar harus segera mengambil langkah untuk mengatasi dampak buruknya sampah.
Telah kita rasakan bersama dampak buruk sampah, apakah kita betah dalam kehidupan yang selalu diancam oleh dampak sampah. Membuang sampah pada tempatnya dan menggugah kesadaran diri akan mengahasilkan sesuatu perubahan besar bagi masyarakat terutama dalam bidang kebersihan. Jadilah Contoh bagi orang lain yang baik, bagi masyarakat lain, bagi Negara lain dan jadikanlah lingkungan di sekitar ini menjadi lingkungan yang asri dan bersih.


 DAFTAR PUSTAKA
Bahri, Syaiful. 2012. Tanggung Jawab Hukum Pemerintah Daerah Dalam Pengelolaan Dan Pelestrin Fungsi Lingkungn Hidup. Bandug: PT Alumni.
Erwin, Muhamad. 2008. Hukum Lingkungan Dalam Sistem Kebijaksanaan Pembanguna Lingkungan Hidup. Bandung: Refika Aditama.



[1] Syaiful bahri” Tanggung Jawab Hukum Pemerintah Daerah Dalam Pengelolaan Dan Pelestrin Fungsi Lingkungn Hidup”. Bandug: PT Alumni. 2012 hal 109
[2] Moh. Erwin. “Hukum Lingkungan Dalam Sistem kebijaksanaan pembanguna lingkungan hidup”. Bandung: Refika Aditama. 2008 hal 58

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel