Iklan Responsif

Dampak Full Day School Untuk Psikologi Anak

Full Day School

Full day School Definition

Full Day School dalam bahasa Indonesia berasal dari 3 kata bahasa Inggris yakni Full yang artinya Penuh, Day artinya hari, dan School yang artinya sekolah. Jadi full day school adalah sekolah dimana sistem pembelajaran yang dilakukan di dalamnya dilaksanakan selama sehari full.

Dampak Full Day School Untuk Psikologi Anak


Dari pagi pukul 07.00 hingga sore sekitar jam 16.00 dengan dua kali istirahat, istirahat pertama biasanya sekitar jam 9.30-10.00 dan istirahat kedua di waktu sholat dhuhur dan makan siang.

Dengan waktu pembelajaran yang sangat panjang, full day school memberikan pembelajaran yang tidak monoton, yakni maksutnya selam sehari penuh tidak penuh dengan pembelajaran yang formal, kaku, dan membosankan.

Dengan penerapan kurikulum 13 yang saat ini digunakan, hal tersebut sebagai penunjang dalam pembelajaran di dalam full day school, dimana anak peserta didik lebih dominan dalam penguasaan sebuah materi dibanding gurunya.

The Purpose of  Full  Day School

Karena banyaknya masalah pendidikan di Indonesia, full day school merupakan alternatif yang bagus untuk mengatasi berbagai masalah tersebut, baik dalam prestasi anak peserta didik maupun perilaku akhlak dan moral anak. Dimana orang tua yang sibuk akan pekerjaannya akan merasa lebih aman dan tenang ketika anaknya berada di lingkungan sekolah dengan jangka waktu yang panjang dan waktu tersebut sesuai dengan jam pulang kerja seorang orang tua.

Diadakannya full day school tentunya memiliki tujuan yang lebih spesifik selain hal di atas. Dalam dunia pendidikan full day school bertujuan sebagai pengembangan mutu pendidikan yang paling utama di Indonesia.

Selain itu full day school juga bertujuan sebagai pengembang dan salah satu upaya pembinaan akhlak dan moral seorang anak agar tidak terjerumus ke dalam hal yang negatif ketika mereka selesai sekolah dengan cepat, karena hal tersebut mengakibatkan banyaknya waktu bermain mereka dibanding dengan waktu belajar mereka.

Dan full day school memberikan suatu dasar yang kuat dalam pembelajran pada segala aspek yang seharusnya memiliki peran penting bagi anak yakni perkembangan intelektual, fisik, sosial, dan emosional. Karena pada sistem full day school memiliki waktu belajar yang lebih panjang dibanding dengan waktu belajar sekolah pada umumnya.

Advantages of Full Day School


  1. Sebagai pembentukan nilai karakter anak seperti disiplin, jujur, cinta tanah air dan toleransi karena pada sistem full day tidak hanya mengutamakan KBM namun setelah KBM anak diharuskan mengikuti ekstrakurikuler, hal tersebut sebagai wadah agar anak dapat mengembangkan bakat dan minatnya dalam suatu hal yang disukainya.
  2. Membantu beban orang tua ketika mereka harus bekerja dan anak diluar pengawasan mereka, sistem full day school menjadi cara alternatif agar anak dapat senantiasa dalam lingkungan dan akhlak serta moral yang positif
  3. Memberikan kesempatan seorang anak persta didik untuk berkumpul dengan teman sebayanya dengan lebih baik, karena diberikannya waktu yang lebih panjang untuk berinteraksi sosial baik antara anak dengan peserta didik yang lain ataupun anak dengan gurunya.
  4. Mendidik kepribadian anak sehingga tidak mudah goyah dalam menyikapi arus globalisasi di masa sekarang dan yang akan datang.

Disadvantages of Full Day School

Selain memiliki dampak positif, full day school juga memiliki dampak negatif terutama dalam hal psikologis anak, yaitu diantaranya :

  1. Anak akan merasa jenuh dan bosan berada di sekolah karena belajar dengan kurun waktu yang panjang dan sangat lama karena melebihi batas belajar pada umumnya bagi seorang anak. Hal tersebut dapat menyebabkan anak akan mengalami stress jika terus menerus begitu.
  2. Minimnya interaksi sosial anak dengan teman sebayanya yang berada di luar sekolah. Serta minimnya interaksi sosial mereka dengan masyakarakat di luar sekolah yakni masyarakat di sekitar lingkungan hidupnya. Hal tersebut mengakibatkan anak bisa jadi menjadi introvert (pendiam dan kurang kepercayaan diri dalam mengeksplor diri) terutama di lingkungan hidupnya.
  3. Anak kan mudah lelah dan bisa jadi sering mengantuk karena kurangnya istirahat.

Full Day School on The Parents Vantage

Di mata orang tua full day school memiliki tanggapan pro dan kontra tentang full day school dimana :

  1. Orang tua yang pro menganggap full day school sebagai cara alternatif anak agar senantiasa berada dalam lingkungan yang baik di luar pengawasan mereka ketika orang tua harus full bekerja.
  2. Orang tua yang kontra menganggap full day school memiliki dampak negatif bagi psikologis anak seperti yang sudah saya sampaikan di atas. Dan bagi orang tua yang memiliki penghasilan yang pas-pasan atau cenderung rendah merasa keberatan karena akibat dilaksanakannya sistem full day school berdampak pada peningkatan biaya sekolah yang harus ditanggung.  


Penulis : Yeni Arifah Khofshoh


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel