Iklan Responsif

Galaksi Milky Way

Apa Yang Disebut Dengan Milky Way?

Galaksi Milky Way

Penjelasan Dari Galaksi

Sebelum kita membahas tentang Milky Way, mari kita bahas tentang galaksi terlebih dahulu. 

Galaksi adalah kumpulan bintang-bintang yang membentuk sebuah sistem, yang terdapat sebuah benda berukuran besar dan dikelilingi oleh benda-benda angkasa yang lain. 

Galaksi menjadi salah satu komponen penting pada tatanan alam semesta. 

Macam-Macam Galaksi

Galaksi memiliki bentuk, ukuran, dan warna yang bermacam-macam. Galaksi memanglah indah sehingga muncul nama-nama galaksi yang unik. 

Berikut macam-macam dari galaksi:
1. Galaksi Bimasakti (Milky Way)
2. Galaksi Magellan
3. Galaksi Ursa Mayor
4. Galaksi Black Eye
5. Galaksi Andromeda
6. Galaksi Pusaran Air
7. Galaksi Roda Biru
8. Galaksi Sombrero
9. Galaksi Dolar Perak
10. Galaksi Centaurus

Definition Milky Way

Milky Way (Bimasakti) adalah galaksi yang memiliki diameter 100.000 sampai 180.000 cahaya. Karena jika dilihat dari bumi galaksi ini memiliki jalur seperti susu dan seolah dapat membelah langit, maka dari itu disebut dengan Milky Way. 

Galaksi ini terdiri dari jutaan atau miliaran bintang yang terikat pada gaya gravitasi dan yang menjadi pusatnya adalah galaksi Black Hole. 

Galaksi memiliki beberapa bentuk yaitu, spiral, elips, dan tak beraturan. Bentuk galaksi adalah kumpulan bintang-bintang yang berpusat dan membentuk suatu kumpulan cahaya berpola.

Sejarah Milky Way dalam Islam 

Menurut legenda islam pada zaman nabi Adam a.s diusir oleh Allah swt dari surga. Nabi Adam merasa sedih karena beliau tidak bisa lagi mengikuti ibadah para malaikat secara spiritual. Ibadah para malaikat yaitu mengelilingi atau mengitari 'Arasy (singgasana Allah). 

Menurut legenda yang ditulis pada beberapa kitab, bahwa Nabi Adam dihibur oleh Allah swt dengan memperbolehkan Adam untuk membuat ka'bah sebagai tiruan 'Arasy Allah. 

Lalu, Adam diperintah oleh Allah swt untuk mengitari ka'bah(tawaf). Dan pada akhirnya sebagian mahkluk ataupun benda yang ada di jagat raya ini ikut melakukan tawaf. 

Seperti, bulan tawaf mengelilingi matahari, dan matahari serta planet-planet yang lain ikut mengelilingi(tawaf) pusat galaksi. 

Peristiwa tersebut dinamakan Milky Way oleh para astronom Internasional, dalam Bahasa Indonesia yang artinya Galaksi Bimasakti. 

Galaksi ini menjadi indah saat malam hari, karena bentuknya menyerupai kabut yang membentang dari utara sampai selatan. Galaksi ini sangat besar karena tidak bisa dihitung dengan ukuran biasa melainkan dengan perjalanan tahun cahaya. 

Menurut para astronom untuk menempuh perjalanan dari tepi ke tepi galaksi ini membutuhkan waktu sekitar 400 tahun. 

Di dalam "Ayat Kursi" menggambarkan bahwa kursi atau singgasana Allah swt meliputi seluruh langit dan bumi. Jadi, Ayat Kursi ini menjelaskan tentang kemahabesaran Allah swt yang sangat luar biasa.
Lalu, kemahabesaran itu semakin terbukti dengan adanya pengetahuan manusia tentang antariksa. Tawaf yang dilakukan seluruh makhluk atau benda yang ada di alam ini menunjukkan bahwa semua makhluk tunduk atau patuh terhadap Allah swt.  


Milky Way Fact

Fakta-Fakta Dari Galaxy Milky Way

Galaksi Milky Way juga memeiliki beberapa fakta yang unik, antara lain:

1. Terdapat Lubang Hitam Di Tengahnya

Hampir semua galaksi memiliki ubang hitam supermasif yang berada pada pusatnya. Pada galaksi Milky Way lubang hitamnya memiliki massa 4 juta kali massa matahari, dan bisa memanjang pada jarak 14.000 mil. 

2. Bentuk Galaksi Milky Way

Galaksi ini memiliki diameter 100.000 tahun cahaya dan tonjolan pusat-pusatnya 12.000 tahun cahaya. Bentuk galaksi Milky Way ini melengkung. 

Karena galaksi yang ada disebelah (Magellan) menarik materi gelap dari Milky Way yang seperti permainan perang atraksi.

3. Galaksi Milky Way Terdapat Banyak Gas dan Debu

Terdapat 10-15% gas dan debu sebagai bahan pembentuk galaksi dan sisanya bintang. Ketebalan debu dapat mengalihkan tampak cahaya. 

Namun dengan Spitzer (teleskop inframerah) dapat menembus ketebalan debu tersebut agar pandangan menjadi jelas dan dapat melihat kejadian apa saja yang ada di galaksi ini.

4. Galaksi Milky Way Dapat Bergerak

Galaksi ini dapat bergerak dengan kecepatan 600km per detik di ruang angkasa.

5. Terdapat Ratusan Planet

Para ilmuwan sudah meneliti bahwa terdapat sekitar 230 planet yang ada di galaksi ini.

Demikan penjelasan tentang milky way, semoga artikel ini bermanfaat dan selamat membaca. Terima kasih.


Penulis: Lailatul Hidayati 



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel