Iklan Responsif

Jagalah Ginjalmu! Yuk, Diet Soda!


Jagalah Ginjalmu! Yuk, Diet Soda!

Assalamu’alaikum, berjumpa dengan saya yang membawa informasi mengenai minuman bersoda. Apakah diantara kalian ada yang tidak suka minuman bersoda? Tentunya kalian suka karena rasanya yang manis dan bisa melepas dahaga. Namun, apa kalian telah mengetahui apa saja kandungan dalam minuman bersoda serta efeknya bagi tubuh? Berikut penjelasannya.

Jagalah Ginjalmu!  Diet Soda!

 Minuman Bersoda

Minuman yang didalamnya tidak mengandung alkohol dan telah melalui proses karbonasi. Karbonasi merupakan hasil proses dimana CO2 terlarut dalam air. Hasil proses karbonasi menghasilkan efek pada air seperti adanya gelembung-gelembung kecil seperti buih, kemudian muncul efek suara letupan dan bunyi “jezz”. Jika diminum maka akan timbul rasa seperti kesemutan, krenyes, dan mulut terasa penuh.Minuman ini pertama kali dikenal dan dibuat oleh seseorang berkebangsaan Inggris pada sekitar abad ke-18 yang bernama Joseph Priestly.

Komposisi Minuman Soda 

Jika kita ingin mengonsumsi sesuatu, maka kita harus mengetahui kandungan yang terdapat pada makanan atau minuman yang ingin kita konsumsi. Begitu pula dengan minuman bersoda, kita harus mengetahui kandungannya. Berbagai kandungan dalam minuman bersoda, yakni berikut.
1.      Air
2.      Karbondioksida (CO2)
3.      Pewarna
4.      Pemanis buatan
5.      Asam Fosfat
6.      Kafein
7.      Natrium Benzoate
8.      Dan bahan penambah lainnya.

Manfaat Minuman Bersoda

Para kalangan baik anak muda maupun orang dewasa menyukai minuman bersoda. Terdapat manfaat dalam minuman bersoda, sebagai berikut.
1.      Sebagai pelepas dahaga, minuman bersoda selain rasanya yang manis juga merupakan pelepas dahaga yang sangat ampuh, karena sensasi kesegaran dan buih-buihnya membuat ketagihan.
2.      Menghilangkan rasa enek pada makanan, ketika kita makan makanan yang terasa enek maka mengonsumsi minuman bersoda adalah solusinya karena terdapat sensasi buih-buihnya yang menyegarkan.
3.      Membuat bersendawa, mengonsumsi minuman bersoda menjadikan gas yang ada di lambung akan keluar. Sehingga perut akan terasa lega dan tidak berasa penuh.
4.      Membantu memudahkan dalam mencerna makanan yang tinggi karbohidrat, asam yang terkandung dalam soda dapat menghancurkan karbohidrat pada makanan sehingga makanan mudah dicerna.

 Efek Minuman Bersoda

Minuman bersoda memiliki berbagai manfaat, namun kita harus mengetahui bahwa minuman bersoda apabila dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan berbagai efek negatif pada tubuh karena terdapat zat kimia yang terkandung di dalamnya. Beberapa pengaruh negatif mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan yakni, sebagai berikut.
1.      Resiko terjadinya kerusakan ginjal tinggi
2.      Meningkatkan tekanan darah
3.      Pengikisan gigi
4.      Menipiskan lapisan lambung
5.      Resiko penyakit obesitas tinggi
6.      Dan lain sebagainya.

Efek Samping Minuman Bersoda

Ginjal yang memiliki fungsi baik, akan menyaring sekitar 200 liter darah per hari dan dari hasil penyaringan tersebut, dikeluarkan sekitar 2 liter urine. Ginjal juga berfungsi untuk mengatur tekanan darah serta menghasilkan hormon yang mengatur produksi sel darah merah. Filter yang dinamakan nefron, bertugas memisahkan limbah-limbah dalam darah, kemudian mengembalikan elektrolit seperti natrium, kalium, dan fosfor ke darah dalam jumlah yang benar.
Berdasarkan penelitian oleh Amerika Serikat, orang yang mengonsumsi minuman bersoda paling sedikit 2 kali sehari, 30% mengalami peningkatan kerusakan ginjal, dan 87% mengalami resiko kanker pankreas tinggi. Kandungan kafein, natrium, dan mineral dapat meningkatkan kerja nefron. Terlalu banyak kafein juga dapat merusak kapiler pada nefron ginjal. Kalsium yang berlebih dapat mempercepat terbentuknya batu ginjal. Kandungan fosfor berlebih  juga dapat menyebabkan masalah seperti aritmia jantung.
Oleh karena itu, meminum minuman bersoda secara berlebihan dapat meningkatkan terjadinya resiko penyakit ginjal karena kerja nefron yang meningkat akibat zat-zat kimia yang terkandung. Mengurangi minuman bersoda tidak dapat mencegah kerusakan ginjal, jika tidak diimbangi dengan minum air putih yang cukup setiap harinya.
Sekarang kita telah mengetahui manfaat dan pengaruh yang dapat ditimbulkan dalam minuman bersoda. Dengan mengetahui informasi mengenai minuman bersoda, maka kita dapat mempertimbangkan jika ingin mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan. Sampai berjumpa pada informasi yang bermanfaat lainnya.

Author: ANISHA TYAS WILUJENG

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel