Iklan Responsif

Pendampingan Instalasi Antena Parabola, Pelacakan Posisi Signal Satelit, Pelacakan Program TV, dan Edukasi Pemilahan Informasi Digital Kepada Masyarakat di Desa Balongmasin Kabupaten Mojokerto



Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan judul “Pendampingan Instalasi Antena Parabola, Pelacakan Posisi Signal Satelit, Pelacakan Program TV, dan Edukasi Pemilahan Informasi Digital Kepada Masyarakat di Kabupaten Mojokerto”, oleh empat dosen dari Jurusan Fisika FMIPA Unesa, yaitu: Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd., Dr. Z.A. Imam Supardi, M.Si., Dr. Munasir, S.Si., M.Si., dan Dr. Binar Kurnia Prahani, M.Pd.

Selaku ketua PKM, Bapak Z.A. Imam Supardi, Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan bahwa dari kegiatan PKM ini diharapkan para pemuda karang taruna Desa Balongmasin Kabupaten Mojokerto memiliki keterampilan yang diperlukan untuk bersaing di era revolusi industri 4.0, antara lain literasi digital, (baca ada 6 jenis literasi dasar, yaitu: literasi baca-tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi finansial, literasi digital, dan literasi budaya dan kewargaan).
Pendampingan Instalasi Antena Parabola, Pelacakan Posisi Signal Satelit, Pelacakan Program TV, dan Edukasi Pemilahan Informasi Digital Kepada Masyarakat Jurusan Fisika Unesa

Bapak Dr. Munasir, S.Si., M.Si. juga menambahkan, dengan kegiatan PKM ini, kedepan diharapkan ada kelompok pemuda dari karang taruna ada yang menekuni bidang usaha Instalasi Antena Parabola, Pelacakan Posisi Signal Satelit, dan Pelacakan Program TV yang didukung oleh BUMDes Desa Balongmasin Kabupaten Mojokerto. Hal ini juga menjadi solusi penciptaan lapangan pekerjaan bagi pemuda desa, sekaligus untuk pengembangan ekonomi masyarakat Desa melalui BUMDes.

Diawali sambutan yang disampaikan oleh Bapak Kepala Desa Balongmasin, Bpk Drs. Ulis Sumardi yang sangat berterima kasih atas kesediaan Tim PKM Jurusan Fisika Unesa melakukan pembinaan Karang Taruna melalui kegiatan PKM ini yang dirasa sangat bermanfaat. Besar harapan kegiatan ini akan berlanjut dan dapat membuka lapangan kerja baru di desa Balongmasin, khususnya di bidang teknologi yang akan dapat menjadi icon usaha kreatif pemuda karang taruna desa Balongmasin. Selanjutnya acara pendampingan dimulai sekitar pukul 09.00 di Balai Kantor Desa, yang luas dan suasana yang sejuk semilir angin spoi-spoi, diikuti 15 pemuda Karang Taruna sebagai peserta dan 5 kaur desa juga juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan PKM ini.

 PKM Jurusan Fisika Unesa

Kegiatan PKM ini diawali penyampaian materi (teori) Instalasi Antena Parabola. Tim PKM memberikan penyajian teori dan modul Instalasi Antena Parabola dibagikan kepada peserta, yang telah dibagi menjadi lima kelompok. Setelah penyajian materi dan penjelasan tahapan instalasi dalam Modul, para peserta diberi waktu untuk mencermati ulang isi modul dan diberi waktu untuk sesi Tanya jawabselanjutnya Tim PKM bersama peserta menyiapkan set instalasi antena parabola. Tim PKM memberikan contoh cara Instalasi Antena Parabola kepada para peserta yang sangat antusias mengikuti PKM ini. Setelah merasa paham, kemudian para peserta diberi kesempatan untuk mengulangi apa yang telah dicontohkan oleh tim PKM. Inovasi yang diberikan pada PKM saat penentuan lokasi satellite (azimuth dan elevasi) pada saat  Instalasi Antena Parabola, menggunakan aplikasi Satellite Finder Pro 2019 (aplikasi ini free tidak berbayar) dan dapat diinstal di HP sekaligus diterapkan. Pada saat Instalasi Antena Parabola, azimuth menjadi point penting dalam penentuan lokasi dari satelit yang diinginkan. Inovasi lainnya, ada dua satelit yang ingin digabung dalam 1 antena parabola (double LNB, yaitu: Measat 3 dan Chinasat 11), dan fasilitas lain, 1 LNB bisa digunakan 8 resever berbeda, artinya satu Antena Parabola bisa melayani 8 rumah yang masing-masing memiliki 1 TV.

Setelah azimuth dari satelit yang diinginkan sudah fix, kegiatan kedua dari PKM ini adalah Pelacakan Posisi Signal Satelit. Aktivitas Pelacakan Posisi Signal Satelit Measat 3 dan satelit Chinasat 11 juga menggunakan Satellite Finder Pro 2019. Posisi elevation menjadi point penting dalam kegiatan Pelacakan Posisi Signal Satelit Measat 3 dan Satelit Chinasat 11. Setelah mendapatkan elevation yang “perfect.” Peserta diberi kesempatan untuk mengulangi sampai bisa melakukan Pelacakan Posisi Signal Satelit Measat 3 dan Satelit Chinasat 11 dengan akurat. Semua peserta terlihat menikmati aktivitas Pelacakan Posisi Signal Satelit Measat 3 dan Satelit Chinasat 11.

Kegiatan selanjutnya adalah Pelacakan Program TV. Tahap ini termasuk paling ringan menurut para peserta karena tidak perlu mencari azimuth dan elevation dari Satelit Measat 3 dan satelit Chinasat 11 dengan akurat. Para peserta mencoba untuk melakukan Pelacakan Program TV. Hasilnya diluar dugaan, didapatkan hampir 100 program TV gratis yang berhasil dilacak oleh peserta. 

Sebelum melanjutkan kegiatan yang terakhir berupa “Edukasi Pemilahan Informasi Digital”, para peserta PKM dan tim PKM melakukan ibadah sholat (bagi yang muslim) dan makan siang. Setelah Ishoma dilanjutkan kegiatan Edukasi Pemilahan Informasi Digital dan tanya-jawab melalui diskusi interaktif. Tidak hanya para peserta PKM dari karang taruna, ternyata para KAUR Desa Balongmasin juga sangat antusias bertanya dan diskusi tentang Antena Parabola, Pelacakan Posisi Signal Satelit, Pelacakan Program TV, dan Edukasi Pemilahan Informasi Digital. Termasuk biaya total dari Instalasi Antena Parabola yang dirasa sangat terjangkau. Contoh hitungan bisnis: untuk satu paket set instalasi Parabola dibutuhkan biaya bahan sekitar 450.000 rupiah (kualitas standar, sudah bagus), jika dijual plus pemasangannya saat ini biasanya dipatok harga 750.000-900.000 rupiah, artinya ini  memberikan peluang bisnis atau pekerjaan yang bagus.

Di saat Ishoma, para peserta diberikan Angket Respon dari PKM ini. Secara umum hasil rekapitulasi angket repson peserta PKM (Karang Taruna Desa Balongmasin Kabupaten Mojokerto) sebagai berikut.
1. 100% peserta menyatakan tidak pernah menerima pendampingan Instalasi Antena Parabola, Pelacakan Posisi Signal Satelit, Pelacakan Program TV, dan Edukasi Pemilahan Informasi Digital.
2. 100% peserta menyatakan bahwa pendampingan Instalasi Antena Parabola, Pelacakan Posisi Signal Satelit, Pelacakan Program TV, dan Edukasi Pemilahan Informasi Digital yang dilakukan Tim PKM Jurusan Fisika Unesa memberi informasi baru dan dirasa sangat bermanfaat.

Di akhir kegiatan PKM ini, ada beberapa ekspetasi yang diharapkan oleh Karang Taruna dan Unsur Penjabat Desa Balongmasin antara lain sebagai berikut.
1. Permintaan pembinaan Karang Taruna Desa Balongmasin Kabupaten Mojokerto dari pihak Jurusan Fisika Unesa secara berkelanjutan.
2. Adanya kegiatan wirausaha terkait Instalasi Antena Parabola, Pelacakan Posisi Signal Satelit, dan Pelacakan Program TV yang modal awalnya disediakan oleh pihak BUMDes Desa Balongmasin. Dari modal awal yang berikan kepada Karang Taruna, dapat berkembang dan menjadi bidang usaha yang dikelola dan menjadi unggulan  Desa Balongmasin.
3. Ada bagi hasil (Usaha Antena Parabola, Pelacakan Posisi Signal Satelit, dan Pelacakan Program TV) antara Karang Taruna dan pihak BUMDes Desa Balongmasin.

Tim PKM menyerahkan seluruh aset yang digunakan untuk pendampingan kepada Pemuda Karang Taruna dan Unsur Penjabat Desa Balongmasin Kabupaten Mojokerto. Serah terima oleh Ketua Tim PKM Bapak ZA Imam Supardi dan Ibu Carik Sri Astutik. Set pendampingan yang diserahkan berupa (2 set antena parabola, 1 LNB single, 1 LNB double, 2 set decoder, 3 set kabel connector, dll), harapannya ini akan bermanfaat,  dapat digunakan sebagai produk latihan intensif agar para Pemuda Karang Taruna mahir dalam Instalasi Antena Parabola dan memotivasi memulai berwirausaha. Kegiatan PKM diakhir sekitar pukul 14.00 WIB dengan sesi foto bersama Tim PKM, Pemuda Karang Taruna, dan Unsur Penjabat Desa Balongmasin Kabupaten Mojokerto. Terimakasih disampaikan kepada Tim PKM dan Mitra Perangkat Desa Balongmasin, Pungging-Mojokerto (Ibu Tatik Kusindarti dkk). 

(Tim PKM Jurusan Fisika Unesa)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel