Iklan Responsif

Kenali Atmosfer, Si Pelindung Bumi

Earth's Atmosphere (Atmosfer Bumi)

Hai sobat literasi! Kalian sadar tidak kalau di dalam tata surya kita ini terdapat banyak sekali benda-benda langit, tapi mengapa bumi tempat kita tinggal ini tetap terlindungi dari benturan benda langit dan juga gas ataupun sinar yang membahayakan? 

Kenali Atmosfer, Si Pelindung Bumi

Padahal dengan adanya gaya gravitasi bumi, benda-benda langit akan tertarik masuk dan dapat membentur ke Bumi. 

Nah, tentu saja bumi kita tetap terlindungi, karena bumi kita ini memiliki lapisan yang bernama atmosfer. 

Lalu, apa itu lapisan atmosfer? Yuk, kita mendalami atmosfer melalui penjelasan artikel ini. Simak terus yaa sobat literasi!

Pengertian Atmosfer Bumi

Atmosfer adalah lapisan atau susunan yang berupa gas yang melingkupi atau melindungi sebuah planet (termasuk Bumi) dari permukaan planet tersebut sampai jauh di luar angkasa. 

Di Bumi, atmosfer terdapat dari ketinggian 0 KM di atas permukaan tanah sampai dengan sekitar 800 KM dari atas permukaan Bumi. 

Atmosfer tersusun dengan beberapa lapisan yang berbeda-beda. Ada 5 lapisan gas yang melindungi planet. 

Komponen penyusun atmosfer Bumi terdiri atas nitrogen, oksigen, argon, karbon dioksida, uap air, dan gas-gas lainnya. 

Atmosfer melindungi kehidupan dengan menyerap radiasi sinar ultraviolet yang dihasilkan Matahari dan mengurangi suhu ekstrem pada siang dan malam hari.

Fungsi Atmosfer



  • Melindungi Bumi dari paparan sinar ultraviolet yang berbahaya dengan lapisan ozon. Sinar ultraviolet harus di cegah masuk kedalam bumi karena berbahaya bagi kehidupan makhluk di bumi. Sinar ultraviolet dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan dan sel kulit makhluk hidup

  • Melindungi bumi dari benturan benda-benda luar angkasa yang jatuh akibat gaya gravitasi bumi. 
  • Atmosfer juga menjadi sebagai media cuaca yang dapat memengaruhi cuaca seperti hujan, badai, topan, salju, awan, angin dan lain sebagainya.
  • Atmosfer memiliki komposisi penyusun berbagai macam gas yang dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk bernafas dan kebutuhan lainnya seperti oksigen, nitrogen, dan karbon dioksida.
  • Sebagai pendistribusi air dalam permukaan bumi, yang biasa dikenal sebagai siklus hidrologi. Di sini atmosfer memiliki peranan sebagai penampung uap air sehingga air di permukaan bumi tidak hanya akan terkumpul pada tempat yang paling rendah saja.



Lapisan-Lapisan Pada Atmosfer

1. Lapisan Troposfer

Merupakan sebuah lapisan dimana manusia dapat  melakukan pernafasan secara bebas. 

Karena pada lapisan troposfer ini banyak uap air dan karbon dioksida serta fenomena-fenomena cuaca dan iklim. 

Susunan troposfer ini terdiri dari:


  • Lapisan planetair 0 – 1 km
  • Lapisan konveksi 1 – 8 km
  • Lapisan tropopause 8 -12 km



2. Lapisan Stratosfer

Merupakan sebuah lapisan gas yang dingin, didalamnya terdapat lapisan ozon. 

Fungsi utama lapisan stratosfer adalah sebagai pelindung dari paparan radiasi ultraviolet yang berasal dari sinar  matahari yang berbahaya bagi kehidupan makhluk hidup yang ada di muka Bumi. 

Lapisan stratosfer terdiri dari lapisan: lapisan isotherm, lapisan panas dan lapisan campuran atas.

3. Lapisan Mesosfer

Merupakan sebuah lapisan yang letaknya tepat diatas lapisan stratosfer pada ketinggian 50-80 kilometer. 

Lapisan mesosofer mengalami penurunan suhu sekitar 0,4 derajad celcius setiap bertambah ketinggian 100 meter. 

Ciri-ciri lapisan mesosfer:

  • Ketinggian lapisan mesosfer kira-kira antara 50 – 80 km diatas permukaan laut.
  • Dalam lapisan mesosfer, suhu udaranya tidak stabil. 


Bagian lapisan bawah suhu udaranya tinggi dan apabila jangkauan semakin keatas suhu menjadi semakin turun keminimumannya hingga -140 derajat celcius, setelah mendekati lapisan mesopause (batasan antara lapisan mesosfer dan lapisan termosfer yang mempunyai suhu mencapai sekitar  kurang lebih -100 derajat celcius)

4. Lapisan Termosfer (Ionosfer)

Disebut juga dengan lapisan ionosfer, karena pada lapisan ini terjadi proses ionisasi dari partikel-partikel penyusunnya yang dapat memberikan efek perambatan atau refleksi gelombang radio. Ketinggian lapisan ini diperkirakan antara 80-375 kilometer.

5. Lapisan Eksosfer

Merupakan sebuah lapisan terjadinya gerakan atom yang tidak beraturan. Lapisan eksosfer ini juga merupakan lapisan paling panas dan molekul udara dapat menguap meninggalkan atmosfer sampai dengan ketinggian kurang lebih 3.000 km dari permukaan bumi. 

Pada lapisan ini disebut lapisan yang berbahaya, karena lapisan ini tempat terjadi kehancuran meteor atau benda asing dari luar angkasa.

Ciri-ciri lapisan eksosfer:


  • Diperkirakan berada pada ketinggian antara 500 – 1000 km.
  • Suhunya dapat mencapai 2.200 derajat celcius.
  • Lapisan paling luar dari atmosfer Bumi.



Cara Menjaga Atmosfer:


  • Melestarikan Hutan, hutan merupakan paru-paru bumi. karena tumbuhanlah zat gas berbahaya seperti karbon dioksida dan nitrogen dapat terserap, dan digantikan oleh oksigen.
  • Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor dan beralih ke transportasi umum. Tindakan ini dilakukan untuk mengurangi gas karbondioksida dan karbonmonoksida.
  • Mengurangi pemakaian alat yg menghasilkan CFC atau Freon, alat-alat yang dimaksudkan adalah AC, kulkas, dan lain sebagainya.



Jadi seperti itu sobat penjelasan mengenai atmosfer Bumi, aku harap pembaca semua bisa faham dengan artikel kali ini. Semoga bermanfaat. Salam literasi!

Penulis : Nuril Fitri Amaliyah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel