Iklan Responsif

Lebah Si Hewan di Al Quran


Lebah

Jika mendengar kata lebah, pasti kalian akan berfikir tentang hewan kecil yang memiliki sengat. Yups, betul. Lebah memang hewan yang memiliki sengat, bertubuh kecil dan mengumpulkan Sari bunga sebagai makanan. Tapi, apa sih yang kalian ketahui tentang si lebah yang menjadi kebanggan al quran. Mari kita simak infonya.

Lebah Si Hewan di Al Quran

Definisi lebah

Lebah itu salah satu hewan yang punya kedudukan istimewa dalam islam. Lebah juga disebut beberapa kali di alquran dan hadis. Karena lebah adalah hewan yang memiliki beberapa sifat yang bisa menjadi contoh untuk pribadi mukmin. Seperti salah satu ayat al quran dalam surat an nahl, ayat 69 "kemudian makanlah dari masing-masing (buah)  buah-buahan dan tempuhlah jalan tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu), dari perut lebah itu keluar minuman (madu)  yang berisi macam-macam warnanya, dimana tersedia obat yang disediakan untuk manusia benar-benar ada tanda benar (kebesaran tuhan) untuk orang-orang yang membersihan".

Sifat-sifat istimewa lebah

Menurut kalian, apa aja sifat lebah yang menjadikannya istimewa di dalam al quran??  Pasti kalian penasaran.. Langsung simak infonya..
 A.  Menyukai tempat yang bersih
Lebah merupakan hewan yang suka dengan tempat bersih, seperti bunga-bunga untuk mendapatkan bahan baku madu. Bahkan di tempat kotor sekalipun lalat akan tetap mencari makan disana. Maka dari itu, seorang mukmin di ibaratkan seekor lebah.
B. menghasilkan yang bersih
Lebah yang notabenya menghasilkan madu untuk kesehatan juga digunakan sebagai makanannya. Madu mengandung khasiat yang besar untuk kesehatan akan tetapi menguntungkan atau tidak bagi manusia itu sangatlah menguntungkan bagi lebah itu sendiri dan selebihnya untuk manusia dan makhluk hidup lainnya.
C. Lebah tidak pernah rusak
setiap kali hinggap, lebah tidak pernah merusak tempat yang dia hinggapi. Ia hanya mengambil yang di butuhkan dan membantu penyerbukan bunga tersebut agar semakin banyak bunga-bunga baru yang tumbuh.
D. Tidak pernah pernah melukai kecuali diganggu
Lebah akan sangat marah jika ada yang mengganggunya. Kalian tau gak guys.. Setelah lebah menggunakan sengatnya ia akan mati dalam waktu 3-4 jam setelahnya. Karena itu adalah senjata perlindungan dirinya terhadap makhluk hidup lain yang mencoba mengganggunya. Kasian kan lebah nya.

Manfaat madu yang dihasilkan lebah

Manfaat madu untuk lebah selain digunakan cadangan makanan juga di pakai untuk sterilisasi sarang lebah dari serangan bakteri, jamur, dan penyakit. Propolis atau madu ini berfungsi untuk melindungi seluruh sarang dan tempat Ratu lebah menyimpan telurny dari hama. Untuk manusia madu berfungsi untuk bahan anti-inflamasi, hepatoprotektor, antitumor, antimikroba, antivirus, antifungi, antiprotozoa, anestesi, dan regenerasi jaringan. Tak hanya itu, jika kita mengkonsumsi madu secara otomatis sistem imun kita akan terjaga. Maka kita akan terhindar dari mikroorganisme patogen dan madu sangat efektif untuk melawan strain bakteri yang resisten terhadap antibotik.

Keajaiban yang dimiliki lebah menurut nabi harun dan nabi Yahya

A.  Dari keberagaman spesies dan habitatnya
Contohnya seperti : lebah hutan (apis dorsata)  yang penyebarannya sekitar wilayah subtropis dan tropis asia seperti Indonesia. Lebah ini biasanya di jumpai di pegunungan himalaya.

B. Dari sifat polimorfofisme yang bhineka
Setiap anggota koloni memiliki keunikan anatomis, fisiologis dan biologis yang sangat berbeda. Ada lebah betina yang akan jadi ratu, lebah jantan menjadi drone, da nada pula lebah pekerja yang berasal dari lebah betina tetapi yang organ reproduksinya tidak berkembang. Mereka semua bekerja sama untuk menjaga ratu dan telur-telurnya, sementara itu lebah pekerja bertugas mencari makanan.

C. Dari sisi tatanan kehidupan
Pembagian tugas dan organisasinya sangat teratur, tertib dan disiplin atas kesadaran diri untuk mencapai prestasi seoptimal mungkin. Disamping ada tugas individu ada juga tugas yang dilakukan secara bersama, yaitu menjaga sarang dari serangan musuh.

D. Mengkonsumsi makanan yang baik dan menghasilkan yang kalah baiknyahampir semua tanaman berbunga merupakan tempat lebah untuk mencari makanan. Mereka akan menyerap sari tanaman dan menyimpanya menjadi cadangan makanan, yang disebut madu. Selain itu ada juga royal jelley, bee pollen, lem, propolis, lilin lebah serta racun lebah.

E. Pekerja keras
Lebah yang paling senior disebut lebah pekerja. Mereka dapat terbang dengan kecepatan 65 km/jam dan bisa menempuh jarak 46 km nonstop. Bila sedang membawa nectar, kecepatannya berkurang hanya sampai 30 km/jam. Untuk mengumpulkan 1 KG madu lebah pekerja harus melakukan perjalanan sejauh 90.000-180.000 kali dan mengunjungi berbagai bunga.

F. Cara komunikasi yang khas
Selain berkomunikasi melakui feromon mereka juga mengunakan tarian. Seperti ketika lebah pemandu mendapat sari bunga, ia akan melakukan gerakan dalam tarian seperti mengibaskan perut ditengah kerumunan lainnya, itu berarti isyarat untuk lebah yang lain mencari tempat untuk mengambil makanan.

G. Arsitek cermat
Lebah dapat membangun sarangnya dalam bentuk sel hexagon. Mengapa melilih bentuk ini? Karena bentuk ini merupakan yang paling efektif untuk menyimpan madu dan oksigen serta unsur yang lain. Pembangunan sarang dimulai dari sudut-sudut yang berbeda dan hinga akhirnya bertemu secara tepat disudut lainnya.

H. Tidak mengganggu kecuali diganggu
Lebah betina dibekali dengan senjata yang berupa sengat berduri dan racun didalamnya. Setiap sengatan dapat menyebabkan reaksi serius. Lebah tidak akan menggunakan sengatnya jika ia tidak merasa terancam. Sengat itu akan digunakan jika dirinya merasa dalam bahaya dan terancam.

Surat dalam al quran yang menjelaskan keistimewaan lebah

Surat An Nahl memiliki arti lebah. Dalam ayat ke 68-69 yang berbunyi, Allah SWT berfirman:
 وَاَوْحٰى رَبُّكَ اِلَى النَّحْلِ اَنِ اتَّخِذِيْ مِنَ الْجِبَا لِ بُيُوْتًا وَّمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُوْنَ ۙ 
 "Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah, Buatlah sarang di gunung-gunung, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia,"
(QS. An-Nahl 16: Ayat 68)

Allah SWT berfirman:
 ثُمَّ كُلِيْ مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ فَاسْلُكِيْ سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۗ يَخْرُجُ مِنْۢ بُطُوْنِهَا شَرَا بٌ مُّخْتَلِفٌ اَلْوَا نُهٗ فِيْهِ شِفَآءٌ لِّلنَّاسِ ۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيَةً لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

"kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan, lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir." (QS. An-Nahl 16: Ayat 69)

Dan dari Abdullah bin Amru bin Ash yang mendengar rosullullah bersabda, sesungguhnya perumpamaan sebagai mukmin adalah sebagai lebah.

Author: Novia Ayu Rua Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel