Iklan Responsif

Mandi Malam: Bahaya atau Manfaat?

Mandi Malam

Mandi Malam: Bahaya atau Manfaat?

Hai guys! Biasanya setelah kita beraktivitas seharian pasti tubuh akan terasa capek dan letih. Maka untuk menyegarkan tubuh kembali biasanya seseorang memilih untuk membersihkan diri dengan cara mandi. 

Jadi siapa sih yang nggak tahu mandi? Atau siapa sih yang tidak pernah mandi? 

Pasti semua orang pernah atau tahu tentang mandi. Mandi adalah suatu kegiatan membersihkan badan dengan air dan sabun dengan cara menyiramkan, merendamkan diri. 

Pasti semua orang berfikir mandi itu sangat menyegarkan dan terutama menyehatkan karena itu kegiatan membersihkan badan, tetapi apa jadinya jika kebiasaan menyehatkan menyehatkan tersebut dilakukan pada malam hari? 

Apalagi jika dilakukan secara terus menerus. Yuk! Kita cari tahu bahaya atau tidak

Manfaat dan bahaya mandi pada malam hari

1. Memberi efek lebih segar

Mandi pada malam hari ternyata bisa membuat badan kita menjadi kembali segar karena setelah anda melakukan aktivitas seharian penuh semisal pulang kerja ataupun kegiatan yang lainnya yang dapat membuat tubuh menjadi terasa penat, lelah dan pegal-pegal. 

Ini tentu akan membuat tubuh menjadi lebih segar karena di malam hari udara lebih dingin dibandingkan di pagi atau sore hari jadi, lebih terasa lebih menyegarkan tubuh kita.

2. Dapat menurunkan tekanan darah

Mandi pada malam hari ternyata juga baik bagi peredaran darah, terlebih jika anda mandi menggunakan air hangat. 

Selain itu mandi pada malam hari juga baik untuk mencegah stress yang diakibatkan oleh aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan terlalu sering karena tidak dianjurkan untuk mandi malam hari.

3. Membuat badan lebih bersih

Mandi di malam hari dapat membersihkan lebih bersih daripada di sore atau pagi hari. 

Karena di malam hari kotoran yang telah menumpuk di seluruh tubuh akan dibersihkan secara total karena anda akan mempunyai waktu lebih lama atau waktu luang lebih banyak. 

Maka dari itu kamu bisa sekedar memanjakan tubuh seperti luluran atau sekedar maskeran. Hasilnya tubuh lebih anda lebih bersih di malam hari, itu juga karena setelah anda membersihkan badan, anda langsung istirahat dan tidak dibuat untuk beraktivitas.

4. Meregangkan otot 

Aktivitas kita sehari-hari dapat membuat kita menjadi kaku dan penat. Mandi dpada malam hari juga dapat meregangkan otot atau mengendorkan otot-otot yang tegang. Kita dapat merelaksasikan tubuh kita setelah aktivitas seharian.

Bahaya mandi pada malam hari

1. Menyebabkan penuaan dini

Mandi pada malam hari juga berbahaya bagi tubuh apalagi ketika mandi pada malam hari menggunakan air dingin. 

Itu dapat menyebabkan terganggunya metabolisme tubuh dan bahaya yang lain adalah dapat menyebabkan pengaruh yang sangat nyata ke kulit dan mengakibatkan kulit menjadi keriput.

2. Menyebabkan paru-paru basah

Bahaya yang paling sering di katakan oleh banyak masyarakat luas adalah mandi pada malam hari bisa menyebabkan paru-paru basah. 

Ternyata hal ini memang fakta adanya, dengan suhu yang dingin dan juga air yang dingin adalah penyebabnya. 

Gejala penderita paru-paru basah yaitu biasanya akan susah bernafas, batuk berdahak dan juga badan yang menggigil.

3. Menyebabkan asam urat

Mandi pada malam hari menggunakan air dingin lagi-lagi menyebabkan pengaruh yang jelek, apalagi jika dilakukan secara terus-menerus itu ber-efek tidak baik bagi tubuh kita. 

Ini akan mengakibatkan asam urat karena air dingin dapat membuat sendi kita nyeri. Memang menyegarkan tapi itu berakibat buruk bagi tubuh kita.

4. Membuat kita demam

Pada saat malam hari panas tubuh akan otomatis meningkat, hal itu membuat pori-pori tubuh akan terbuka dan ditambahkan apalagi jika ditambah mandi pada malam hari menggunakan air dingin itu akan sangat membahayakan bagi tubuh.

Ini disebabkan karena panas tubuh meningkat karena menyesuaikan suhu tubuh yang rendah dan pori-pori akan terbuka dan dapat menyerap air dingin. Tentu suhu tubuh akan meningkat secara drastis itulah yang disebut demam.

Itulah manfaat dan bahaya mandi pada malam hari, kan sekarang sudah tahu sebaiknya boleh mandi pada malam hari tetapi jangan dilakukan secara terus-menerus itu akan berbahaya bagi tubuh.

Mandi Besar

Salah satu jenis mandi malam yang bermanfaat adalah mandi besar. Mandi besar atau mandi wajib adalah mandi atau menuangkan air ke seluruh badan dengan tata cara tertentu untuk menghilangkan hadats besar. 

Biasanya hal itu adalah pengertian dalam syariat Islam. Arti al-gusl secara etimologi adalah menuangkan air pada sesuatu. 

Niatnya Gini ya Guys jangan lupa !!!

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى
“Nawaitul Ghusla Lifrafil Hadatsil Akbari Fardhan Lillahi Ta’aala.”
Arti bacaan doa mandi junub:

“Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadast besar fardhu karena Allah ta’aala.”
Itu Saja Terima Kasih


Penulis: Fairuz Nafis Robbani


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel