Iklan Responsif

Pentingnya Menjaga Keseimbangan Alam

KESEIMBANGAN ALAM


Alam memberikan pembelajaran banyak pada manusia. Alam mengajarkan untuk menjaga dan berpikir tentang pentingnya menjaga lingkungan. 

Hal itulah yang disebut dengan kesimbangan alam. Dengan adanya keseimbangan ini alam ini terjaga dari bencana misalnya banjir, tanah longsor, dll.

Keseimbangan Alam 

Keseimbangan alam merupakan suatu keadaan terjadinya interaksi antara organisme dengan lingkungannya yang dilakukan secara seimbang sehingga terjadinya keharmonisan antara makhluk hidup dengan alam.

Pentingnya Menjaga Keseimbangan Alam

Keseimbangan alam dapat terganggu oleh

Keseimbangan alam ini dapat terganggu apabila terjadi perubahan yang berupa fungsi pengurangan fungsi dari komponen atau hilangnya sebagian komponen yang dapat menyebabkan terganggunya rantai makanan ekosistem. Keberadaan ini sangat berpengaruh pada aktivitas manusia da keadaan alam. 

Adanya ketidakseimbangan alam ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu

a. Faktor alam

Perubahan keseimbangan lingkungan ini secara alami karena disebabkan oleh bencana alam. 

Bencana alam yang terjadi seperti banjir dan tanah longsor yang disebabkan oleh penebangan hutan secara terus menerus yang tidak memperhatikan daya resap air kedalam tanah, kebakaran hutan dimusim kemarau yang menyebabkan matinya organisme dalam hutan, dan letusan gunung merapi yang meyebabkan daerah disekitar itu rusak.

b. Faktor manusia

Aktivitas manusia ini juga dapat mempengaruhi keseimbangan alam. Karena untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia mengolah alam. 

Namun, manusia juga terkadang enggan untuk menjaga lingkungan dan tidak memikirkan dampak terhadap keseimbangan alam dimasa yang akan datang. 

Contoh aktivitas manusia yang merusak keseimbangan alam: penebangan dan pemburuan secara liar yang digunakan untuk industri dan lahan pertanian, kegiatan pembangunan jalan raya kampung dengan cara betonisasi yang mengakibatkan air sulit meresap dalam tanah, dan pembuangan limbah dan sampah sembarang yang menyebabkan pencemaran air dan udara.

Menjaga keseimbangan alam

Menjaga keseimbangan alam sekitar itu penting. Karena apabila alam ini tidak dijaga akan menyebabkan kerusakan pada alam. Kepentingan manusia untuk  menjaga keseimbangan alam, yaitu  :

  • Udara akan kembali bersih, itu akan berdampak baik manusia karena bisa bernafas dengan udara yang sehat.
  • Tidak ada lagi krisis air karena kondisi sungai yang bersih dan sehat.
  • Binatang binatang akan terlindungi.
  • Suhu dan iklim tidak lagi mengalami perubahan yang ekstrim, karena lapisan udara sudah kembali bersih. Penyebab dari udara di bumi menjadi kotor kareana adanya global warning sehingga memantulkan kembali pane ke bumi. Dengan menjaga keseimbangan alam maka itu akan mengurangi efek rumah kaca yang menyebabkan global warning di bumi.
  • Dengan menjaga keseimbangan alam maka kita akan memberikan warisan bumi kepada anak cucu kita. Dengan udara yang bersih saat ini maka digenerasi selanjutnya maka merasakan hidup yang jauh lebih sehat.



Keseimbangan Alam Semesta

Dengan menjaga keseimbangan alam ini akan berdampak baik untuk kita dan anak cucu kita. Menjaga keseimbangan alam  ini dilakukan semua orang dengan hanya membutuhkan komitmen dari diri kita sendiri. 

Berikanlah yang terbaik untuk alam maka alam juga akan memberikan yang terbaik untuk kita. Mari kita jaga bersama bumi kita ini sahabat ilmiah.ku. terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

Oleh : Hisnu Muhammad Junaidi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel